Yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Stunting

Sed ut perspiciatis unde
2 Desember

Yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Stunting

Ciri paling gampang dilihat dari anak stunting adalah tubuhnya yang pendek. Hanya saja, tidak semua anak bertubuh pendek berarti dia terkena stunting. Boleh jadi, memang ia memiliki keturunan pendek.


Bisa juga karena ia mengalami gangguan hormon atau genetika yang langka sehingga tubuhnya terlihat cebol. Kondisi pendek seperti ini tak perlu dirisaukan.


Stuntinglah yang harus diwaspadai. Sebab, stunting bukan sekadar pendek, melainkan berbagai kondisi yang membuat kemampuan anak terhambat, bahkan kecerdasannya tak optimal.


Semua itu karena asupan gizi yang kurang dalam waktu yang lama atau disertai penyakit kronis dalam waktu panjang. Akibatnya, tidak hanya pertumbuhannya yang terhambat sehingga menjadi pendek, tapi kecerdasannya pun berkurang, prestasinya tak optimal, sakit-sakitan, bahkan kelak ia mendapatkan pekerjaan dengan upah kurang layak saat dewasa.


Kabar baiknya, stunting bisa dicegah, kok. Salah satunya, dengan memenuhi kebutuhan zat besi pada bayi dan menghindari kekurangan gizi selama kehamilan.

 

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top