5 Cara Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Era New Normal

Sed ut perspiciatis unde
21 Juni

5 Cara Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Era New Normal

Sebentar lagi kita mungkin akan memasuki fase era new normal, GenBest. Kalau GenBest masih belum nyaman dengan era ini karena mengkhawatirkan pandemi COVID-19 yang masih belum dapat dikendalikan, GenBest dan keluarga tentu tetap bisa memilih untuk di rumah saja dan hanya keluar bila memang sangat perlu. 

 

Namun, bila memang sudah harus kembali bekerja atau berkegiatan di luar rumah, cara terbaik untuk menghadapi new normal adalah dengan membangun daya tahan tubuh  kita agar lebih kuat. Berikut ini beberapa cara yang bisa GenBest lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak tertular virus COVID-19. 

 

Mengonsumsi makanan bergizi

Badan Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) menyerukan pentingnya menjaga pola makan sehat selama pandemi COVID-19. Kita disarankan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Tubuh yang terserang radikal bebas, sistem kerja imunnya akan terganggu, sehingga mudah terkena penyakit, termasuk infeksi COVID-19. 

 

Untuk anak, mengonsumsi makanan bergizi juga dapat mendukung tumbuh kembang optimal dan mencegah si kecil dari risiko stunting. Pada periode emas pertumbuhan anakia membutuhkan asupan makanan bergizi untuk memacu pertumbuhan fisik. Selain itu makanan kaya nutrisi juga dapat memaksimalkan kinerja otak anak.

 

Mencuci tangan dengan sabun

Sampai bosan ya dengan saran ini terus. Tapi mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir memang efektif mengurangi risiko penularan virus dan bakteri, termasuk virus COVID-19.  Saat menjalani new normalnanti, mencuci tangan menggunakan sabun harus dilakukan lebih rutin karena tangan kita selalu dipenuhi berbagai macam bakteri dan virus, apalagi kalau berada di tempat umum.

 

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, seperti cuci tangan ini, harus diperkenalkan juga pada si kecil.  Karena cuci tangan, bukan hanya berfungsi untuk melindungi anak dari serangan virus di Era New Normal, namun juga untuk mendukung kesehatan si kecil secara keseluruhan, termasuk untuk mencegah stunting. Cara mencuci tangan yang benar pakai sabun dapat dilihat di sini.

 

Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh karena antibodi dan sel-sel yang berguna untuk melawan infeksi berkurang kalau kita tidak cukup tidur. Berapa banyak tidur yang kita butuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Jumlah tidur optimal untuk kebanyakan orang dewasa adalah 7-8 jam tidur. Remaja membutuhkan 9-10 jam tidur, sementara anak-anak usia sekolah perlu 10 jam atau lebih tidur.

 

Rutin berolahraga

Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, latihan fisik dengan intensitas sedang dapat menaikkan imunitas tubuh. Latihan fisik tak perlu berlebihan, dan harus disesuaikan dengan kemampuan diri. Ada beberapa latihan yang dapat dilakukan di rumah, misalnya senam aerobik, jalan cepat keliling rumah, atau naik turun tangga. 

 

Selain meningkatkan daya tahan tubuh serta menghindarkan tubuh dari COVID-19, rutin berolahraga juga dapat menjaga kelenturan otot agar tidak mudah capek. Bagi GenBest yang sudah mulai menjalani new normal, sebaiknya olahraga rutin ini dilakukan di pagi hari sebelum berangkat ke sekolah atau kantor, bisa juga dengan melakukan workout ringan sebelum tidur.

 

Mengonsumsi vitamin daya tahan tubuh

Agar tidak tertular virus COVID-19, GenBest juga bisa mengonsumsi suplemen yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Dengan memerhatikan beberapa kandungan di dalam suplemen tersebut, seperti vitamin C, vitamin B3, vitamin B5 vitamin B6, vitamin E, Zinc picolinate dan sodium selenite. 

 

Baca Juga: Tips Pesan Makanan Online Sehat Saat New Normal

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top