3 Jul

Apakah si kecil mengalami alergi makanan, Genbest? Misalnya, dia mengalami gatal-gatal setelah makan kacang, susu, atau seafood?  

 

Dalam situs Mayo Clinic dijelaskan alergi makanan adalah reaksi sistem kekebalan tubuh yang terjadi segera setelah seseorang makan makanan tertentu. Tidak perlu dalam jumlah besar, sedikit makan makanan penyebab alergi saja sudah dapat memicu reaksi, seperti sakit perut, gatal-gatal, atau sesak napas. Bahkan, pada beberapa orang, alergi makanan dapat menyebabkan gejala parah yang mengancam jiwa yang dikenal sebagai anafilaksis.

 

Ada beberapa makanan yang kerap memicu alergi pada anak antara lain: telur, ikan, makanan laut, kacang, dan susu. Untuk memastikan bahan makanan apa saja yang menjadi faktor pemicu timbulnya alergi, ada beberapa tes yang dapat dilakukan. Genbest sebaiknya berkonsultasi ke dokter anak untuk mendapatkan pemeriksaan yang tepat.

 

Baca Juga: 7 Jenis Alergi pada Bayi dan Cara Mengatasinya

 

Lantas, bagaimana cara mengatasi alergi pada anak? Apakah benar kita tetap bisa memberi makanan pemicu alerginya supaya lama-lama tubuh si kecil kebal? Contohnya, saat si kecil alergi telur, maka kita harus memberikan telur setiap hari agar alergi anak tidak muncul lagi? 

 

Tidak sedikit orang tua yang percaya hal tersebut, dan mempraktikkannya sebagai salah upaya mengatasi alergi pada anak. Faktanya, sampai hari ini belum ada penelitian khusus yang membenarkan efek tersebut. 

 

Si kecil mungkin saja lama-lama menjadi kebal akibat sering mendapatkan makanan pemicu alergi, tapi tidak ada jaminan jika metode ini akan membuat si kecil sembuh dari alergi. Salah-salah malah si kecil bisa mengalami alergi yang semakin parah.

 

Konsultan alergi imunologi, Prof. Dr. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K), menjelaskan bahwa memberikan paparan alergen dari makanan untuk penderita alergi secara terus-menerus dengan tujuan menimbulkan kekebalan dalam istilah kedokteran disebut imunoterapi. Namun metode ini membutuhkan dosis yang tepat untuk dilakukan. Terlebih lagi untuk mengatasi alergi pada anak. Jadi Genbest, sebaiknya tidak menerapkan metode di atas.

 

Baca Juga: Jangan Berikan Madu pada Bayi Belum Setahun

 

Dilansir dari situs Kids Health, cara terbaik untuk mengatasi alergi makanan adalah dengan menghindari alergennya. Ini berarti Genbest perlu selalu membaca label kemasan sebelum membelikan si kecil makanan, karena dikhawatirkan ada bahan-bahan yang dapat memicu alerginya.

 

Genbest juga harus mendidik anak sejak dini tentang makanan yang harus dihindari yang bisa memicu alerginya.  Kondisi si kecil ini juga harus diketahui orang-orang terdekat, seperti si mbak yang ada di rumah, guru di sekolah, dan lainnya sehingga bisa membantu menjaga kesehatan si kecil. 

 

Baca Juga: Kapan Anak Boleh Mulai Makan MPASI Ikan?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top