23 Jul

Genbest ingin si kecil tumbuh tinggi, bukan? Memang, sekitar 60%-80% tinggi badan anak dipengaruhi oleh faktor genetik, namun faktor lingkungan juga berperan. Nutrisi, olahraga, dan kondisi kesehatan anak pada masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) merupakan beberapa faktor yang dapat mendorong si kecil untuk mencapai tinggi optimalnya.

 

Lantas, bagaimana cara membuat anak tumbuh tinggi? Berikut 6 kebiasaan baik yang dapat diterapkan agar anak tumbuh tinggi:

 

1. Berikan makanan bergizi seimbang

Makanan bergizi seimbang memiliki peran penting dalam mengoptimalkan tinggi badan anak. Alasannya jelas, karena kekurangan gizi dapat menyebabkan pertumbuhan anak terhambat, sekaligus berisiko menyebabkan stunting.

 

Untuk itu, selalu penuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil setiap hari. Pastikan makanannya bervariasi dan bergizi. Makanan kaya protein, seperti daging ayam dan telur, misalnya memainkan peran kunci untuk anak mencapai tinggi yang sehat. Pastikan juga si kecil mengonsumsi makanan yang kaya kalsium, vitamin D, magnesium, dan fosfor, seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau untuk kesehatan tulangnya di masa pertumbuhan. 

 

Baca Juga: Cara Mudah Prediksi Tinggi Badan Anak

 

2. Minum susu

Kebiasaan minum susu juga bisa membuat anak tumbuh lebih tinggi, dibandingkan dengan anak lain yang tidak minum susu sama sekali. Mengapa?

 

Susu mengandung protein dan kalsium yang berfungsi mengoptimalkan pertumbuhan si kecil agar tumbuh tinggi. Susu juga mengandung vitamin A, B, C, D, E, K, magnesium, fosfor, serta berbagai mineral penting lainnya yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

 

3. Olahraga

Selain dari asupan nutrisi, kebiasaan olahraga rutin juga dapat membuat anak tumbuh tinggi. Tak hanya membuat ototnya kuat, olahraga juga dapat meningkatkan produksi human growth hormone (HGH) yang dapat memengaruhi tinggi badan anak.

 

Menurut ahli dari KidsHealth, balita disarankan bermain aktif selama 60 menit/hari. Sementara itu, untuk usia prasekolah sekitar 120 menit/hari.

 

Untuk anak sekolah, kita bisa membiasakan olahraga ringan agar tinggi badannya maksimal. Seperti berenang, bermain basket, atau lompat tali yang efektif menambah tinggi badan anak.

 

Baca Juga: Bukannya Sehat, Olahraga Berlebihan Buruk Bagi Kesehatan Remaja Putri https://genbest.id/articles/bukannya-sehat-olahraga-berlebihan-buruk-bagi-kesehatan-remaja-putri

 

4. Sering gelantungan 

Kebiasaan lainnya yang dapat membuat anak tinggi adalah gelantungan! Benar banget, karena sering gelantungan bisa memperpanjang tulang punggung anak, dan membuatnya tumbuh tinggi. Hanya saja, pastikan kita selalu mengawasi si kecil saat bergelantungan, ya! Jangan lupa untuk cari taman bermain yang memang aman untuk anak-anak, Genbest!

 

5. Peregangan

Kebiasaan peregangan bisa memperpanjang tulang belakang, sekaligus memperbaiki postur tubuh si kecil.

 

Kita bisa mengenalkan gerakan peregangan sederhana. Misalnya mengajak anak duduk di lantai, dan rentangkan kaki ke depan. Biarkan si kecil meraih ujung jempol kaki dengan jarinya selama 10-20 detik.

 

6. Tidur cukup dan berkualitas

Ternyata tidur nyenyak dapat merangsang pelepasan hormon pertumbuhan anak yang bisa membuatnya cepat tinggi. Untuk itu, pastikan selalu membiasakan si kecil memenuhi jam tidur harian sesuai dengan tahapan usianya, ya!

 

Baca Juga: Tidur Nyenyak dan Rutin Olahraga Bantu Anak Tumbuh Lebih Tinggi

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top