20 Nov

“Disuntik” bisa jadi kata paling menyeramkan di telinga sebagian besar anak-anak. Tidak heran, jika mereka bisa menangis keras saat akan divaksinasi. Perasaan GenBest pun akan campur aduk mendengar tangisan anak. Bisa-bisa, GenBest malah membatalkan jadwal vaksinasi karena tidak tega.

 

Tapi bagaimana pun kerasnya bayi menangis atau si balita merengek, tetapkan hati untuk menjalankan vaksinasi si kecil sesuai jadwal ya, GenBest. Vaksinasi akan memberi perlindungan anak-anak dari berbagai macam penyakit berbahaya dan merupakan salah satu cara untuk anak sehat, tumbuh kembangnya optimal, dan jauh dari ancaman stunting.

 

Agar si kecil tidak takut lagi dengan jarum suntik saat diimunisasi, lakukan trik ini, GenBest.

 

1. Hindari berbohong

Daripada harus berbohong mengatakan disuntik tidak sakit, lebih baik katakan “Disuntik memang sakit, tapi sedikit,  seperti digigit semut. Nanti kalau habis disuntik adik jadi lebih kuat dan nggak gampang sakit”.

 

Baca Juga: Anak Lebih Sehat dengan Imunisasi Dasar

 

2. Beri mainan alat kedokteran

Banyak mainan, seperti stetoskop dan jarum suntik. Ajak anak bermain peran, misalnya si kecil menjadi dokter dan GenBest jadi pasien yang akan disuntik.  Permainan ini setidaknya bisa membuat si kecil akrab dengan peralatan kedokteran dan diharapkan bisa mengurangi ketakutannya saat disuntik

 

Baca Juga: Pentingnya Memberikan Vaksin Flu Untuk Anak

 

3. Jangan menakut-nakuti

Terkadang kata “disuntik” digunakan untuk menakuti-nakuti si kecil efektif membuat anak mengikuti keinginan orang tua.  “Hayo adik makan, kalau nggak, nanti disuntik dokter, lho”. Tentu tidak ada maksud buruk dari kita, hanya perlu dipahami kalimat seperti ini bisa membuat mereka takut ke dokter, apalagi disuntik.

 

Baca Juga: Anak Terlambat Imunisasi Dasar, Harus Bagaimana, Dong?

 

4. Buat suasana menyenangkan

Saat hari anak akan disuntik, siapkan sesuatu yang  dapat mengalihkan perhatiannya, seperti mainan atau buku cerita favoritnya. Peluk si kecil saat proses penyuntikan agar anak lebih tenang saat divaksinasi.

 

5. Apresiasi keberanian si kecil

Ketika anak sudah berhasil menjalani proses penyuntikan, jangan lupa untuk mengapresiasi anak. Misalnya “Hebat, adik. Disuntik tidak menangis”. Pujian seperti ini memang sederhana, namun bisa memunculkan kepercayaan diri anak, lho.

 

Baca Juga: Bolehkah Anak Hanya Diimunisasi yang Diwajibkan Pemerintah?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top