9 Nov

Genbest yang sedang hamil, pasti sudah tidak sabar, ya, menunggu jadwal untuk USG? USG atau ultrasonografi memang memungkinkan kita “bertemu” dengan si kecil. Melihat si kecil yang masih sebesar titik kecil saja, sudah membuat kita bahagia, apalagi saat melihat dia tumbuh besar  dengan berbagai posisi dalam kandungan. Sungguh menyenangkan! 

 

Namun Genbest, tujuan utama USG sebenarnya bukan untuk menghibur orang tua, tetapi untuk membantu memantau perkembangan janin dan menyaring setiap potensi masalah kesehatan yang mungkin terjadi. Dengan begitu berbagai risiko kesehatan si kecil bisa dideteksi sejak dini, sehingga jika memungkinkan, dihindari.

 

USG biasanya dilakukan minimal dua kali pada ibu hamil yang sehat. Yang pertama pada trimester pertama untuk mendapat kisaran usia kehamilan dan gambaran HPL (hari perkiraan lahir). Yang kedua, pada usia kehamilan 18-20 minggu untuk memastikan apakah anatomi janin normal dan jenis kelaminnya.

 

Baca Juga: Ini Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Sebelum USG Pertama Kali

 

Prosedur USG

Untuk yang baru akan mendapat USG dalam waktu dekat, biasanya akan ada prosedur sebelum melakukan pemeriksaan ini. Misalnya, kamu akan diminta untuk minum dua sampai tiga gelas air supaya kandung kemih kamu penuh agar memudahkan dokter mendapatkan gambaran yang jelas tentang janin dan organ reproduksi kamu. 

 

Selama USG, kamu akan diminta berbaring di meja pemeriksaan. Dokter akan mengoleskan gel khusus ke perut dan area panggul dan menempatkan tongkat kecil, yang disebut transduser, ke perut kamu. Transduser itu akan digerak-gerakan untuk menangkap gambar ke layar ultrasound. Kamu juga mungkin diminta untuk berubah posisi atau menahan napas saat dokter mengambil gambar. 

 

Jika gambar yang dihasilkan tidak cukup jelas, maka akan dilakukan metode USG lain, yakni USG transvaginal (pemeriksaan USG dengan memasukan transduser ke dalam vagina). Biasanya USG jenis ini dilakukan pada saat awal kehamilan, untuk memastikan apakah janin berkembang dengan baik atau tidak.

 

Prosedur ini berlangsung hanya beberapa menit saja, bergantung posisi janin. Setelah usai melakukan USG, Genbest bisa mencetak dan membawa pulang hasil gambar 3D si kecil dalam kandungan.

 

Baca Juga: Intip Kehidupan Janin Lewat USG

 

Manfaat USG bagi Ibu dan Janin

Dilansir dari website Better Health, USG memiliki banyak manfaat, termasuk di antaranya:

 

1. Trimester pertama 

Pada trimester pertama kehamilan, USG digunakan untuk memeriksa beberapa hal, seperti apakah embrio berkembang di dalam rahim (bukan di dalam tuba fallopi, misalnya), mengonfirmasi jumlah embrio (kembar atau tidak, misalnya), menghitung usia kehamilan, serta mengetahui hari perkiraan lahir.

 

2. Trimester kedua 

Pada trimester dua, USG biasanya dilakukan antara minggu ke-18 dan 20 kehamilan untuk memeriksa perkembangan struktur janin, seperti tulang belakang, anggota badan, otak dan organ internal. Ukuran dan lokasi plasenta juga diperiksa. Jenis kelamin bayi dapat ditentukan pada saat ini, jika orang tua ingin mengetahuinya.

 

Trimester ketiga 

USG pada trimester ketiga dilakukan setelah usia kehamilan 30 minggu. Umumnya USG digunakan untuk melihat apakah bayi terus tumbuh pada tingkat yang normal.  Lokasi plasenta juga diperiksa untuk memastikan tidak menghalangi serviks, dan sebagainya. 

 

Nah, itulah prosedur dan manfaat melakukan USG bagi ibu dan janin. Genbest tak perlu khawatir untuk melakukan USG, ya. Sebab USG terbukti aman, kok. Namun, pastikan Genbest menjalani pemeriksaan USG dengan ahlinya, ya!

 

Baca Juga: Cara Membaca Hasil USG Mudah dan Anti Bingung!

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top