2 Sep

Bagi bumil yang kangen menyantap sop kambing atau sate kambing favorit, ada kabar baik, nih!  Selama ini mungkin kamu dilarang menikmati daging kambing karena dianggap berbahaya untuk ibu hamil, kan? 

 

Ternyata, anggapan itu tidak sepenuhnya benar, Genbest. Sebab, dilihat dari nutrisinya, daging kambing ternyata bermanfaat untuk bumil karena memiliki kandungan protein, lemak, omega-3, kalsium, fosfor, kalium, zinc, folat, selenium, vitamin B, dan zat besi.

 

Zat besi, folat, vitamin B12 pada daging kambing, misalnya, bisa bermanfaat untuk mencegah anemia pada bumil. Seperti kamu juga ketahui, anemia bisa berbahaya untuk kehamilan karena bisa menyebabkan kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah sehingga memperbesar risiko stunting. 

 

Baca Juga: Gejala Anemia Saat Hamil

 

Jadi boleh, dong, makan daging kambing? Boleh saja, selama mengikuti aturannya. Contoh, karena daging kambing mengandung kolesterol, lemak jenuh, dan berkalori  tinggi, konsumsilah dalam jumlah sedang dan tidak terlalu sering untuk menghindari gangguan kesehatan. 

 

Pastikan juga Genbest tidak alergi daging kambing. Bagi bumil yang memiliki hipertensi, perlu berkonsultasi pada dokter sebelum menikmati daging kambing karena kandungan natrium pada daging ini bisa meningkatkan tekanan darah. 

 

Namun terlepas dari itu, daging kambing bisa bermanfaat bagi ibu hamil, seperti untuk mencegah anemia, seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Masih ada beberapa manfaat daging kambing lainnya untuk ibu hamil, yaitu:

 

1. Meningkatkan Berat Badan Ibu dan Janin

Bagi bumil yang kekurangan berat badan, konsumsi daging kambing bisa jadi pilihan. Kandungan kalori, protein, dan lemak yang cukup tinggi pada daging kambing bisa menambah berat badan ibu sekaligus membantu meningkatkan berat badan janin dalam kandungan.

 

Baca Juga: Tandanya Jika Berat Badan Janin Sehat dan Normal

 

2. Menambah Asupan Energi

Daging kambing tidak hanya kaya nutrisi, tapi juga padat kalori. Dalam 100 gram daging kambing terdapat sekitar 280 kalori. Jumlah kalori yang tinggi pada daging kambing menjadi sumber energi bagi ibu hamil untuk membantu mencegah kelelahan dan lebih kuat menopang berat badan.

 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan zinc yang tinggi dalam daging kambing dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu memastikan janin dalam kandungan dapat tumbuh dengan optimal.

 

4. Meningkatkan Massa Otot

Daging kambing memiliki kandungan protein berkualitas tinggi yang baik untuk pembentukan massa otot dan menjaga kekuatan otot bumil. Dengan memiliki otot dan jaringan tubuh kuat, ibu hamil dapat lebih siap menghadapi persalinan. Sementara untuk janin, protein dan asam amino dalam daging kambing berperan dalam membentuk jaringan dan organ tubuh janin. 

 

5. Mencukupi kebutuhan nutrisi harian

Daging kambing merupakan salah satu sumber protein, lemak, dan zat besi yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Ibu hamil yang tercukupi kebutuhan gizinya akan memperoleh peningkatan berat badan yang sehat guna menunjang pertumbuhan janin.

 

Nikmati daging kambing dengan banyak sayuran dan buah kaya kalsium untuk meningkatkan nutrisi bagi janin. Genbest juga harus memastikan daging kambing yang diolah sudah benar-benar matang, ya! Nah, siap menyantap daging kambing?

 

Baca Juga: 8 Buah Tinggi Zat Besi yang Cocok untuk Ibu Hamil

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top