Jangan Lewatkan Pemberian Vitamin A untuk Si Kecil dan Ibu Nifas!

Sed ut perspiciatis unde
23 Agustus

Jangan Lewatkan Pemberian Vitamin A untuk Si Kecil dan Ibu Nifas!

Selamat datang bulan Agustus! Bulan spesial karena Agustus adalah Bulan Vitamin A. Ya, Selain Februari, Agustus merupakan bulan pemberian suplementasi vitamin A. Menurut informasi Kementerian Kesehatan pada 2016 disebutkan, pemberian vitamin A ini diperuntukkan untuk anak dengan rentang umur bayi 6 bulan sampai usia 59 bulan. Usaha ini dilakukan pemerintah untuk memenuhi kecukupan asupan vitamin A.

 

Sebenarnya, program pemberian vitamin A pada Balita sudah lama dilakukan, tepatnya sejak 1978 dengan tujuan awal mencegah anak dari kebutaan atau rabun senja. Sekarang ini, pemberian suplementasi vitamin A pada balita diperlukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak. Asal kamu tahu, cakupan pemberian vitamin A secara nasional belum mencapai 80 persen.

 

Vitamin A sendiri terdiri dari dua kapsul, yakni kapsul biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan kapsul merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Kapsul merah juga dibuat untuk ibu yang sedang nifas, atau masa menyusui setelah melahirkan. Frekuensi pemberian vitamin A kapsul biru cukup dilakukan sekali pada bulan Februari atau Agustus, sedangkan kapsul warna merah dua kali yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Yang menggembirakan, kapsul vitamin A ini diberikan secara gratis, asyik kan?

 

Vitamin A sendiri sangat populer dengan vitamin mata karena manfaatnya untuk kesehatan indra penglihatan kita. Hal itu karena vitamin A membantu retina mata berfungsi secara optimal. Jika kekurangan vitamin A, mata tidak dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan cahaya. Hasilnya, GenBest mungkin akan mengalami kesulitan melihat di saat senja, alias rabun senja.

 

Lebih dari sekadar vitamin untuk mata, banyak manfaat lainnya dari vitamin A yang GenBest boleh jadi belum tahu. Salah satunya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini terjadi karena vitamin A dapat mempertahankan sel-sel di dalam tubuh lebih kuat. Tidak usah heran, kurangnya vitamin ini dapat menyebabkan tubuh rentan terhadap infeksi bakteri dan virus, alias tubuh jadi gampang terserang penyakit. Bisa penyakit saluran pernapasan atas, campak, atau diare.

 

Vitamin A juga terlibat dalam pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh. Manfaat lain vitamin A adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang dan jaringan tubuh. Ini karena vitamin A bisa berfungsi memperbaiki proses pembuatan tulang.

 

Asupan sumber vitamin A pada anak perlu ditambah dan dicukupi, karena asupan vitamin A dari sumber sayuran dan buah-buahan sehari-hari belum memadai.  Ibu dalam masa nifas atau sedang menyusui pun butuh asupan vitamin A. Sebab, bila ibu kekurangan vitamin A, maka bayi yang disusuinya pun akan mengalami hal yang sama.

 

Kapsul vitamin A ini bisa didapatkan di posyandu terdekat. Selain posyandu, GenBest juga dapat mendapatkan kapsul vitamin A di sarana fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, dan praktik bidan. Bisa juga didapatkan di sekolah Taman Kanak-kanak, pos PAUD, tempat penitipan anak, dan lain-lain.

 

Pastikan bulan ini si kecil dan ibu nifas mendapatkan kapsul vitamin A untuk Indonesia lebih sehat, ya!

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top