18 Oct

Sudahkah Genbest memenuhi setiap jadwal imunisasi si kecil? Pastikan tidak ada jadwal imunisasi dasar wajib anak yang terlewat, ya. Sebab, imunisasi memiliki peran penting dalam menentukan kesehatan anak di masa depan. Termasuk salah satunya mencegah stunting, agar tumbuh kembang anak di masa 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) optimal. 

 

Sebelumnya, ada 11 vaksin rutin yang harus dipenuhi oleh anak, yaitu:

 

  1. Imunisasi dasar lengkap bayi usia 0-11 bulan:
  • Usia 1 bulan: BCG Polio. 
  • Usia 2 bulan: DPT-HB-Hib 1 dan Polio 2. 
  • Usia 3 bulan: DPT-HB-Hib 2 dan Polio 3.
  • Usia 4 bulan: DPT-HB-Hib 3 dan Polio 4.
  • Usia 9 bulan: Campak

 

  1. Imunisasi lanjutan bayi usia 18-24 bulan:
  • Imunisasi DPT-HB-Hib 1 dosis.
  • Imunisasi campak rubella 1 dosis.

 

  1. Imunisasi lanjutan anak SD pada program tahunan BIAN (Bulan Imunisasi Nasional):
  • Imunisasi campak rubella dan DT pada anak kelas 1.
  • Imunisasi tetanus diphtheria (Td) pada anak kelas 2 dan kelas 5.

 

Baca Juga: Imunisasi Bisa Cegah Stunting, Begini Penjelasannya

 

Nah, di tahun ini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menambah 3 vaksin wajib ke dalam program imunisasi rutin lengkap. Vaksin baru tersebut adalah vaksin PCV (Pneumococcal conjugate vaccine), vaksin Rotavirus, dan vaksin HPV (Human papillomavirus). Sehingga, total ada 14 jenis vaksin rutin yang harus dipenuhi oleh setiap anak di Indonesia.

Ada 2 alasan dasar penambahan jumlah vaksinasi rutin lengkap ini. Pertama, karena tingginya angka kematian ibu yang disebabkan kanker serviks dan kanker payudara. Kedua, masih tingginya kasus kematian anak yang disebabkan diare dan pneumonia. 

 

Manfaat Vaksin Baru bagi Tumbuh Kembang Anak 

Setiap jenis vaksinasi yang diberikan memiliki manfaat masing-masing. Vaksin PCV bertujuan untuk mencegah penyakit radang paru, radang selaput otak, serta radang telinga yang disebabkan bakteri Pneumokokus. 

 

Kemudian, pemberian vaksin Rotavirus berfungsi untuk mencegah diare berat dan berbagai macam komplikasinya. Mengingat, diare berkepanjangan dapat meningkatkan risiko stunting pada anak. Terakhir, pemberian vaksin HPV berfungsi untuk mencegah kanker leher rahim (kanker serviks) pada perempuan.

 

Baca Juga: Jadwal Imunisasi Anak Umur 0-18 Bulan https://www.genbest.id/articles/41

 

Jadwal Pemberian 3 Vaksinasi Rutin Terbaru

Untuk saat ini program pemberian vaksin sudah mulai dilakukan secara bertahap. Pemberian vaksin PCV sudah mulai diberikan secara nasional per tahun 2022 ini. Begitu juga vaksin Rotavirus sudah dimulai diberikan dari tahun 2022 ini di 21 kabupaten/kota yang mewakili tiap pulau dan akan diberikan secara nasional pada 2024. 

 

Sementara itu, vaksin HPV per 2022 sudah diberikan secara 131 kabupaten/kota di 8 provinsi: 4 provinsi di pulau Jawa dan 4 provinsi di luar pulau Jawa (Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Bali). Nantinya, pemberian vaksin akan diberikan secara serentak pada 2023.

 

Kabar baiknya, Genbest tidak perlu repot mengeluarkan biaya untuk mendapatkan seluruh jenis vaksinasi rutin tersebut. Karena seluruh vaksin akan diberikan secara gratis oleh pemerintah. 

Jadi, jangan sampai melewatkan jadwal vaksinasi si kecil, ya, Genbest!

 

Sumber: www.kemkes.go.id

 

Baca Juga: Bolehkah Anak Hanya Diimunisasi yang Diwajibkan Pemerintah?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top