1 Aug

Tips Mengatasi Bayi Kesulitan Menelan MPASI

by : Admin

Momen mengenalkan MPASI pada si kecil bisa menjadi sebuah babak baru bagi orang tua yang membutuhkan ekstra-kesabaran. Terkadang ada saja masalah yang muncul, mulai dari si kecil yang melepeh makanannya, menyembur, menutup mulut, bahkan kesulitan menelan MPASI. 

 

Nah, yang disebut terakhir ini yang mungkin paling bikin khawatir karena lama kelamaan, masalah kesulitan menelan MPASI ini bisa memengaruhi asupan nutrisi si kecil dan membuat tumbuh kembangnya tidak optimal dan meningkatkan ancaman stunting.

 

Baca Juga: Bayi Menolak MPASI, Kenapa, Ya?

 

Jadi harus bagaimana? Perlu dipahami Genbest, meski kesannya gampang bagi kita, proses makan sebenarnya membutuhkan banyak koordinasi otot, mulai dari membuka mulut, menarik makanan dari sendok, menutup mulut, dan menelan secara efektif. 

 

Nah, keterampilan motorik oral si kecil yang baru berusia 6 bulan bisa saja belum terlatih sehingga mengalami kesulitan menelan saat disuapi MPASI. Meski begitu, Genbest tetap perlu mencari solusinya. 

 

Berikut ini adalah tips mengatasi bayi yang kesulitan menelan MPASI:

1. Kenali tanda bayi lapar

Cobalah menyuapi si kecil pada saat dia lapar karena bayi yang lapar akan makan dengan lebih mudah. Beberapa tanda bayi lapar adalah memasukkan tangan ke mulut, memutar kepala ke arah makanan, menjilati bibir, dan sebagainya.

 

2. Suapi bayi pelan-pelan

Jangan terburu-buru saat menyuapi karena bayi butuh proses untuk mempelajari cara mengunyah dan menelan MPASI. Dia harus belajar menggerakkan lidahnya, membawa makanan masuk ke mulutnya, dan menelannya. Jadi harap bersabar saat menyuapinya, ya, Genbest!

 

3. Perhatikan posisi anak

Posisi tegak dapat membantu mengoptimalkan sistem pencernaan si kecil sehingga makanan bisa dicerna dengan baik. Posisi tegak ini juga bertujuan agar makanan yang sudah masuk ke dalam mulut tidak terdorong keluar.

 

Baca Juga: Langkah Pengenalan MPASI Untuk Bayi Kurus

 

4. Perhatikan tekstur MPASI

Makanan padat adalah sesuatu yang sangat asing bagi bayi dan perlu beberapa saat bagi si kecil untuk terbiasa dengan tekstur baru ini. Untuk itu, Genbest perlu memastikan tekstur MPASI pertama si kecil adalah semi-cair karena bila terlalu kasar kemungkinan bayi belum dapat menelannya. 

 

Baca Juga: 5 Nutrisi Wajib dalam MPASI Anak

 

Nah, itulah beberapa tips untuk membantu mengatasi si kecil yang kesulitan menelan MPASI. Selamat mencoba, namun bila kondisi ini terus berlanjut tanpa ada perbaikan, Genbest sebaiknya mengonsultasikannya pada dokter.

 

Baca Juga: Hindari Stunting, Ini Caranya agar Anak Tidak Jadi Picky Eater

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top