Pijat bayi sering dipercaya merupakan salah satu cara menambah berat badan si kecil. Benarkah hal ini? Apa hanya mitos saja? Ini dia faktanya..

Penelitian membuktikan balita yang mendapat ASI akan lebih sehat saat mereka besar nanti. Nah, GenBest tertarik untuk terus menyusui si kecil hingga. 2 tahun? Berikut tips suksesnya..

Anak dengan keterampilan oromotor yang lemah akan sering melepeh makanan, mengalami kesulitan mengunyah, lebih suka mengemut, dan biasanya hanya senang makanan yang lembut-lembut. Karena itulah keterampilan oromotor si kecil perlu distimulasi sejak dini..

Meski gizi buruk dan stunting berbeda, namun cara terbaik untuk mencegah keduanya pada anak ternyata sama, GenBest..

Stimulasi memang penting bagi tumbuh kembang anak, tapi bagaimana kalau jadinya overstimulasi? Apakah hal ini bisa berdampak buruk pada anak?.

Si kecil sudah mulai memasuki tahap finger food, nih. Kira-kira makanan apa yang bisa dijadikan finger food untuk si kecil, ya?.

Agar pemberian ASI eksklusif lancar, GenBest perlu tahu tahapan menyusui dan manfaatnya bagi bayi. Memang, ada berapa sih tahapannya?.

Salah satu fase dalam dalam tumbuh kembang anak ialah lulus ASI eksklusif, lalu lanjut mengonsumsi MPASI. Masalahnya kita suka tidak ada waktu membuatnya. .

Salah satu faktor yang memengaruhi kualitas ASI adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi saat menyusui. Berikut 10 makanan dan minuman yang harus dihindari busui..

Sering cemas melihat pola BAK dan BAB bayi baru lahir? Jangan khawatir. Berikut beberapa fakta tentang hal tersebut yang harus dipahami ibu baru..

Selain perrtumbuhan si kecil, GenBest juga perlu selalu memantau perkembangannya. Ini yang terkadang dilupakan..

Sebagai ibu baru yang siap memasuki masa MPASI untuk anak, wajib banget tahu beberapa singkatan penting seputar MPASI. Apa saja itu?.

Bayi baru masuk tahap MPASI tapi sudah pilih-pilih makanan. Hmm, ada berbagai faktor yang menyebabkan hal ini. Berikut penjelasannya..

Berat badan si kecil yang tidak bertambah memang bisa bikin deg-degan. Bukankah berat badan menjadi salah satu indikator pertumbuhan anak? Kalau si kecil juga mengalaminya, berikut tips menambah berat badan pada 12 bulan pertama..

Tidak perlu bingung menentukan menu MPASI si kecil. GenBest bisa memulai dari bahan yang paling mudah didapat dan kaya manfaat, yaitu ubi ungu..

Sepertinya, sebutan ASI sebagai air ajaib memang tidak salah. Karena bukan hanya penting untuk memacu memenuhi kebutuhan gizi si kecil, ASI juga bisa mencegah ibu dan bayi dari penyakit, lho. .

Setiap bulan Agustus dan September ada agenda imunisasi measles rubella di seluruh wilayah Indonesia. Pemberian vaksin ini penting sekali untuk anak-anak. Mengapa?.

Perkembangan pada bayi prematur umumnya lebih lama dibandingkan anak yang cukup bulan. Guna mengoptimalkan dan menurunkan risiko stunting, GenBest perlu memberi stimulasi khusus..

Bayi yang sering muntah setelah menyusu tentu bikin kita khawatir sendiri, kan? ini beberapa faktor penyebab bayi sering muntah setelah menyusu..

Mengetahui jumlah kosakata si kecil yang sesuai usianya sangat penting untuk mendeteksi risiko speech delay. .

Memberikan MPASI sebaiknya pada usia berapa, sih? Hal-hal apa yang harus diperhatikan saat akan memberikan MPASI pada anak? Temukan jawabannya pada artikel berikut..

Anak mulai susah makan? Apakah artinya harus segera diberikan suplemen? Sebelum memberikan suplemen pada anak, ada baiknya cek dulu artikel ini..

Dulunya ASI pertama ini dianggap kurang berkualitas, karena warnanya yang tidak seputih ASI. Namun anggapan ini salah. Kolostrum memiliki berbagai kandungan penting bagi anak salah satunya mencegah stunting..

Meletakkan tangan pada dahi atau leher adalah metode pengukuran suhu yang banyak digunakan orang. Padahal cara ini kurang akurat, lho. Ini cara mengukur suhu yang akurat..

Bayi menggigit puting saat menyusu adalah hal yang wajar. Apalagi kalau ia mulai tumbuh gigi. Jangan sampai hal ini membuat kita kapok memberikan ASI. Ada cara mengatasi masalah ini, kok..

Tidak selamanya hal-hal yang GenBest ketahui tentang ASI dan menyusui itu benar, lho. Berikut mitos yang GenBest perlu ketahui seputar ASI..

Pandemi COVID-19 pasti membuat was-was, namun jangan berhenti menyusui karena khawatir si kecil tertular ya, GenBest. ASI penting untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Agar menyusui berjalan aman, gunakan protokol kesehatan ini..

Peringatan Pekan Menyusui Sedunia adalah bentuk dukungan untuk para ibu agar lebih bersemangat memberikan ASI pada si kecil. Apa saja agenda besarnya? .

Memantau tumbuh kembang anak sekarang sudah sangat mudah dengan menggunakan aplikasi “Anak Sehat” dari GenBest. Ada banyak fitur menarik di dalamnya, lho!.

Karena ASI juga bisa menghindarkan anak dari kurang gizi kronis, yang mengakibatkan stunting..

Cari tahu makanan apa saja yang perlu GenBest konsumsi dalam memenuhi nutrisi mikro selama masa menyusui ini.

Si kecil sudah masuk usia MPASI? Jangan lupa memberikan menu MPASI 4 bintang, ya. Agar ia bisa terbebas dari risiko stunting. Seperti apa sih, MPASI 4 bintang?.

Jika saat ditimbang berat badan anak tidak kunjung naik, apakah menandakan ia gagal tumbuh?.

Yuk, simak di mana saja dan berapa lama ASI perah aman disimpan dalam infografis ini!.

Saat orang dewasa mengalami kekurangan zat besi kita dapat dengan mudah menyarankan pemberian suplemen zat besi. Tapi apa jadinya jika masalah ini terjadi pada bayi? .

Demam pasca-imunisasi merupakan hal yang wajar. Maka jika buah hati GenBest mengalami demam pasca imunisasi, tetap tenang dan lakukan langkah berikut ini, ya..

Ikan adalah salah satu jenis protein hewani yang harus ada pada MPASI untuk mencegah stunting. Namun, sudah pernah dengar manfaat dari ikan teri untuk MPASI belum?.

Yang sudah pernah memerah ASI, mungkin pernah mengalami satu hari ASI keluar banyak, namun keesokan hari sedikit. Kok, bisa begitu? Faktor apa saja yang memengaruhi banyak-sedikitnya ASI?.

Stunting tidak hanya berpengaruh pada tinggi badan. IQ seorang anak juga dipengaruhi oleh gangguan pertumbuhan yang satu ini. Lantas, apa yang membuat anak stunting memiliki IQ rendah?.

Imunisasi dasar wajib diberikan sesuai jadwal karena menyangkut efektivitas vaksin yang terkandung di dalamnya. Namun, bagaimana jika sudah terlanjur terlambat?.

Anemia bisa menyerang siapa saja, bayi, anak-anak, remaja putri, hingga ibu hamil. Salah satu cara mengatasinya dengan mengonsumsi makanan dan minuman tinggi zat besi. Apakah susu salah satunya?.

Pemantauan tumbuh kembang untuk bayi 0-12 bulan dianjurkan tiap bulan, anak usia 12 sampai 24 bulan dianjurkan tiap 3 bulan, dan anak usia 24 bulan sampai 72 bulan dianjurkan tiap 6 bulan. Lalu apa manfaatnya?.

Stunting tidak hanya terjadi karena faktor eksternal, tetapi juga faktor genetik. Memang, tinggi badan ibu bukanlah penyebab utama stunting, tetapi ternyata juga berpengaruh, lho..

Meskipun sangat penting bagi kesehatan, namun asupan zat besi berlebihan juga tidak baik. Penumpukan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit..

Agar tahan lebih lama, ASI perah perlu dimasukkan ke freezer. Lalu bagaimana cara tepat mencairkan ASI perah? Apa perlu dihangatkan kembali? .

Selain karena chubby, anak gemuk dianggap sebagai cukup gizi. Padahal anak gemuk masih berisiko terkena stunting, lho. .

Idealnya MPASI diberikan saat bayi berusia 6 bulan. Namun, ada beberapa kasus MPASI perlu dikenalkan lebih dini di usia 4 atau 5 bulan..

Masalah stunting tidak hanya berhenti pada terhambatnya tumbuh kembang saja. Namun juga menyebabkan anak rentan terserang penyakit degeneratif..

Menghadapi new normal diperlukan proteksi lebih untuk melindungi bayi dari risiko virus Covid-19. Lantas apa ada imunisasi yang perlu ditambah selama new normal? .

Yuk, cari tahu lebih lanjut berbagai hal seputar Anemia Defisiensi Besi lewat infografis ini..

Masih ada anggapan bahwa bayi akan terus lapar jika hanya diberi ASI saja, dan tidak diberikan makanan padat. Padahal, si kecil masih di bawah 6 bulan. Apakah MPASI terlalu cepat bisa bikin anak berisiko alami stunting?.

Meningkatkan kemampuan kognitif anak ternyata bisa kita lakukan dengan kegiatan yang menyenangkan seperti beberapa kegiatan seru berikut ini GenBest..

Kalau berat badan si kecil yang menyusu ASI tidak naik secara konsisten, mungkin ada masalah menyusui yang GenBest tidak sadari. Yuk, cari di sini apa masalahnya dan segera diatasi. .

Hari Pertama Kehidupan (HPK) adalah periode yang tidak boleh dilewatkan. Kenapa 1.000 hari pertama kehidupan penting bagi tumbuh kembang anak?.

Gizi buruk dan stunting dua masalah kesehatan pada anak yang berbeda. Jangan sampai salah, ini perbedaannya..

Hemoglobin (Hb) punya peran penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ketika bayi lahir dengan kadar Hb rendah, sel-sel tubuh tidak dapat menerima cukup oksigen sehingga bisa memengaruhi tumbuh kembang anak. Apa penyebab bayi lahir dengan Hb rendah?.

Si kecil yang sudah masuk usia 6 bulan harus kita kenalkan pada Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Nah, pengenalan MPASI pada bayi kurus agak berbeda dengan bayi yang berat badannya normal. Seperti apa? .

Menjaga kesehatan buah hati harus dimulai sejak si kecil dalam kandungan. Salah satunya, mencegah buah hati lahir dengan berat badan rendah. Kondisi ini bisa mendatangkan banyak masalah kesehatan, salah satunya stunting. .

Inisiasi Menyusui Dini sangat penting untuk membantu proses tumbuh kembang anak. Yuk, pahami kapan waktu yang tepat melakukan IMD dan cara melakukannya..

Memberikan MPASI Instan pada bayi itu boleh, namun perhatikan beberapa hal di bawah ini, ya..

Melahirkan buah hati adalah kebahagiaan yang tiada terkira bagi seorang ibu. Tapi, kalau bersalin di tengah kondisi pandemi COVID-19 tentu bikin cemas. .

Saat tidak memiliki akses air mengalir untuk membersihkan tangan si kecil, apakah boleh menggunakan hand sanitizer. Apakah itu aman? .

Jika berat badan bayi lahir di bawah standar normal bisa dikatakan ia mengalami kondisi berat badan lahir rendah (BBLR). Apa yang menyebabkan berat badan bayi rendah saat lahir? .

Bayi prematur memiliki kecenderungan lahir dengan berat badan lahir rendah. Namun, ada beberapa cara untuk menaikkan berat badannya sehingga bisa menurunkan berbagai risiko masalah kesehatan, seperti stunting. .

Untuk memantau tumbuh kembang si kecil, GenBest perlu menimbang si kecil dan mengisi KMS setiap bulan. Bagaimana cara mengisi dan membaca KMS dengan benar?.

Apa pentingnya KMS sehingga kita diwajibkan membawanya saat posyandu? Yuk, berkenalan dengan alat ukur tumbuh kembang anak ini..

Pertumbuhan anak yang menderita stunting masih dapat dikejar dengan catch up growth..

Jika berat badan bayi tidak bertambah kenali penyebabnya berikut ini..

Wajar, kok, kalau berat badan si kecil tidak sama dengan temannya yang seusia, asal masih masuk kurva pertumbuhan yang sehat. Nah, kalau terus-menerus turun, GenBest harus waspada! .

GenBest yang sedang menyusui, lalu hamil lagi, mungkin bingung untuk menentukan akan terus menyusui atau tidak. Baca ini dulu, yuk, sebelum memutuskan. .

Posyandu adalah garda terdepan untuk mencegah stunting. Berikut alasannya..

Belum ada penelitian yang mendeteksi ibu positif COVID-19 dapat menularkan kepada anak melalui pemberian ASI. Oleh karena itu tak perlu berhenti menyusui ya, GenBest. Namun, patuhi protokol kesehatannya. Apa saja itu? Silakan cek di sini!.

Selama ini banyak yang beranggapan stunting dan cebol adalah kondisi yang sama. Padahal keduanya berbeda dari berbagai aspek. .

Ternyata ada beberapa faktor kesehatan yang terkadang tidak kita sadari dapat meningkatkan risiko stunting. Apa saja ya?.

Saat usia 1 tahun anak telah berkembang dengan menakjubkan. Kita wajib memahami perkembangan fisik dan psikis anak umur 1 tahun untuk memastikan kondisi buah hati..

Kecerdasan anak tidak hanya dari faktor genetik saja, melainkan dari makanan bernutrisi yang dikonsumsi sejak 1.000 hari pertama kehidupan. .

Apa, sih, hormon pertumbuhan dan bagaimana cara memaksimalkan tinggi anak dengan hormon pertumbuhan?.

Siapa pun akan rentan terkena flu, termasuk anak-anak. Lantas, bagaimana mengantisipasi hal ini? Apakah vaksin flu untuk anak memang diperlukan?.

Kekurangan zat besi sangat berbahaya, apalagi terjadi pada periode emas pertumbuhan anak. Yuk, kenali gejalanya dan cara mengatasinya..

Agar perkembangan anak di periode emasnya berjalan baik dan optimal, ada beberapa area penting yang harus diperhatikan, GenBest..

Usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak di usia balita menunjukkan status gizinya. Yuk, cari tahu seperti apa pertumbuhannya saat ini..

Hampir setiap anak pernah mengalami diare. Namun tahukah GenBest kalau diare yang terlalu sering dapat meningkatkan risiko stunting pada anak?.

Stunting merupakan salah satu gangguan tumbuh kembang yang menyebabkan anak memiliki perawakan pendek. .

Sebagai ibu tentu banyak pertanyaan yang muncul di benak kita mengenai tanda anak tumbuh normal. Inilah 5 tanda anak tumbuh normal dan sehat. .

Dengan pertumbuhan otak yang pesat di 1.000 hari pertama kehidupannya, si kecil perlu mendapatkan “vitamin otak”. Seperti apa?.

GenBest, tahukah kalau warna kotoran bayi bisa menunjukkan kondisi kesehatannya? .

Memantau ukuran lingkar kepala bayi penting dilakukan hingga usia si kecil 2 tahun. Tapi benarkah semakin besar ukuran kepalanya, anak juga semakin cerdas?.

Bakat alergi membuat si kecil lebih rentan mengalami alergi makanan. Karena itu, penting untuk menemukan sumber nutrisi pengganti yang aman untuk MPASI-nya..

Menyiapkan MPASI untuk si kecil yang punya bakat alergi memang tidak boleh sembarangan. Bagaimana tips agar bayi tetap tumbuh sehat?.

ASI merupakan sumber utama nutrisi bagi bayi. Namun, bagaimana jadinya kalau bayi mogok menyusu. Yuk, cari tahu penyebab dan cara mengatasinya. .

GenBest, sebaiknya kita memahami syarat-syarat menjalankan imunisasi pada anak di tengah pandemi COVID-19, agar anak tetap terlindungi dari ancaman virus nantinya..

Menurut riset, tidur nyenyak dan olahraga dapat merangsang pelepasan hormon pertumbuhan anak..

Memahami kemampuan bayi di setiap jenjang usianya dapat membantu orang tua mendeteksi bila ada gejala keterlambatan tumbuh kembang..

Kalau GenBest yang baru saja melahirkan juga nggak pede soal ini, jangan khawatir, banyak ibu yang mengalami hal yang sama. Begini penjelasaannya..

Pada periode emas pertumbuhan di 1.000 hari pertama kehidupan, harus diimbangi dengan kemampuan motorik dasar bayi..

Ternyata, kebutuhan nutrisi ibu hamil dan ibu menyusui itu berbeda. Walaupun tujuannya tetap sama, yaitu membuat bayi sehat dan tidak stunting. Apa perbedaannya?.

Pada tahun 2019, menurut Badan Pusat Statistik, 1 dari 4 balita di Indonesia masih mengalami stunting. Lantas, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk mencegah anak stunting? .

Anemia biasanya terjadi karena kekurangan zat besi. Apa tanda-tanda anemia pada anak?.

Melalui Kartu Menuju Sehat (KMS), orang tua bisa mengecek dan memantau status gizi anak agar sesuai tumbuh kembangnya..

Selain menjaga kekebalan tubuh ternyata manfaat IMD dan ASI Ekslusif pada bayinya juga bisa membantu cegah stunting. .

Dengan adanya program kesehatan dan perbaikan nutrisi yang dilakukan oleh posyandu bisa memberikan dampak signifikan bagi status gizi anak. .

Malnutrisi dan stunting kerap kali disalahartikan sebagai dua hal yang sama. Namun sebenarnya, kedua hal itu adalah kondisi yang berbeda. .

Kalau gak hati-hati, bukannya bermanfaat, malah menimbulkan beberapa masalah pada si kecil..

Pemeriksaan ini penting banget buat mantau tumbuh kembang juga masalah yang mungkin dialami si kecil..

Saat hamil, stres yang dialami tidak hanya merugikan GenBest, tapi juga janin yang sedang dikandung..

Cari tahu di artikel ini, agar kekebalan tubuh anak lengkap melindungi dari berbagai penyakit infeksi..

Sampai umur berapa si kecil hanya boleh diberi ASI saja?.

Apa saja, sih, yang harus diperhatikan di masa emas itu?.

Cari tahu definisinya, biar tidak salah duga..

Apabila perempuan sedang hamil dan tidak mengonsumsi cukup makanan tidak hanya membahayakan diri sendiri, melainkan juga kesehatan janin..

Karena menyimpan ASI ternyata tidak bisa sembarangan begitu saja, agar nutrisi yang terkandung di dalamnya juga tetap terjaga..

"Cinta, perhatian, waktu dan sentuhan dengan bayi kita merupakan bagian paling penting untuk perkembangan aktivitas anak”.

Agar si kecil bertambah pintar, coba lakukan stimulasi-stimulasi ini di rumah, ya!.

Ketika bayi sudah mulai fase makanan pendamping ASI, perhatikan, yuk, makanan yang tidak dianjurkan untuk si bayi..

Yuk, cek apakah si kecil sudah bisa melakukan ini di satu tahun pertama kehidupannya!.

Jangan sampai terlewat memberikan si kecil stimulasi, agar perkembangan otaknya maksimal..

Ini salah satu nutrisi penting bagi anak untuk tumbuh kembang sehat dan normal, GenBest. Yuk, cari tahu lebih lanjut!.

Apalagi, kalau ini kehamilan pertama, GenBest tentu butuh informasi sebanyaknya biar kehamilan dan kelahiran dapat dijalani dengan sehat dan lancar..

Jangan cemas dulu, karena kebiasaan itu merupakan bagian dari perkembangan anak. Yuk, cari tahu lebih lanjut!.

Kabar bahagianya, nggak ada anak bodoh. Artinya, sejatinya semua anak terlahir pintar, asal orangtua mendukung dan memberikan stimulasi tepat..

Yuk, pastikan kecukupan vitamin A si kecil terpenuhi, di Bulan Vitamin A ini. Diberikan secara gratis, lho!.

Ada banyak minuman yang bisa GenBest minum untuk meningkatkan produksi ASI. Ini 5 di antaranya, yang bisa bikin ASI melimpah!.

Pastikan kebutuhan nutrisi si kecil selalu terpenuhi, ya, di 6 bulan pertama usianya..

Meski digunakan dokter untuk memantu pertumbuhan anak, tapi sebagai orang tua, GenBest juga perlu tahu cara membaca Kartu Menuju Sehat (KMS)..

Kebanyakan anak yang diare tidak perlu ke dokter, tapi jangan juga dibiarkan, karena kalau tidak diatasi dan terus-menerus dialami, bisa menyebabkan stunting..

Selain pertambahan berat badan diri sendiri, GenBest yang sedang hamil juga perlu memantau pertambahan berat badan janinnya dengan baik..

Karena itu, amat dianjurkan GenBest memberi hanya ASI (eksklusif) sampai bayi berumur 6 bulan..

Perilaku BAB yang tidak tepat dan keberadaan jamban yang tidak sehat bisa menjadi ajang penularan kuman dan menimbulkan berbagai penyakit..

Beberapa hal ini perlu diperhatikan untuk memastikan, apakah si kecil yang kurus memang kekurangan gizi atau sehat..

Segera setelah lahir, bayi sebaiknya langsung didekatkan ke payudara ibu agar bisa langsung menyusu. .

Lewat permainan, si kecil juga bisa mengembangkan kecerdasannya, lho! Ini 5 bentuk permainannya..

Penting, nih, untuk ibu baru, biar kita tahu, apakah bayi kita sudah cukup ASI atau belum..

Tenang, kamu tidak sendirian menghadapi masalah makan anak ini. Untuk itu, ketahui dulu penyebanya anak sulit makan, lantas cari solusi untuk mengatasinya..

Ini penting diketahui, karena kemampuan duduk berkaitan erat dengan kemampuan makan makanan padat, untuk mendampingi ASI yang selama 6 bulan pertama, jadi sumber pemenuhan gizi bayi..

Apa yang terjadi pada masa ini memiliki dampak jangka panjang terhadap kehidupan saat usia dewasa nantinya..

Jangan sampai terlewat, agar anak terlindungi dari berbagai penyakit berbahaya..

Karena ASI adalah makanan utama dan terbaik anak selama 6 bulan pertama sejak lahir, yuk, pastikan produksi ASI berkualitas, banyak, dan lancar..

Faktor keturunan memang tidak bisa diperbaiki, tapi bukan berarti kita tak bisa lebih tinggi dari orang tua, lho .

Imunisasi tidak hanya melindungi keluarga semata, namun juga menyelamatkan generasi selanjutnya..

Apakah Anda masih menyimpan buku Kesehatan Ibu dan Anak dan mencatat pantauan kesehatan?.

Diare masih jadi penyebab nomor dua kematian terbanyak pada balita di Indonesia setelah pneumonia..

Tahukah Anda, nutrisi selama kehamilan dan dalam tahun pertama kehidupan seorang anak menjadi modal penting untuk perkembangan mereka?.

Remaja di bawah 20 tahun kalau hamil belum siap secara psikis dan fisik..

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top