24 Nov

Saat Genbest mengikuti program hamil (promil), dokter akan melakukan pemeriksaan rutin dan menganjurkan kita untuk mengonsumsi berbagai vitamin penunjang promil. Vitamin promil bisa didapat secara alami dari makanan bernutrisi maupun dengan mengonsumsi suplemen. 

 

Keduanya memiliki manfaat yang sama, namun vitamin yang didapat alami dari makanan lebih penting dan tidak tergantikan. Suplemen hanya berfungsi melengkapi nutrisi yang dibutuhkan selama menjalani program hamil.

 

Baca Juga: 4 Hal Penting ini Sering dilupakan Saat Merencanakan Kehamilan

 

Namun kapan waktu yang tepat mengonsumsi vitamin promil? Ada beberapa vitamin yang Genbest harus konsumsi untuk menunjang program hamil, mulai dari vitamin D hingga asam folat. Disarankan, Genbest mulai mengonsumsi vitamin promil ini sejak 2-3 bulan sebelum menjalankan program hamil.

 

Hal ini bukan tanpa sebab, berdasarkan penelitian dalam jurnal Clinical Medicine Insights, mengonsumsi vitamin kesuburan dapat meningkatkan kualitas telur, meningkatkan motilitas sperma, dan meningkatkan peluang untuk hamil dalam waktu yang lebih singkat.

 

Mengonsumsi vitamin sebelum program hamil juga bertujuan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh, sehingga membantu perkembangan janin di dalam kandungan nanti. 

Vitamin promil ini juga berfungsi untuk mencegah cacat pada tulang belakang janin, serta risiko preeklampsia sehingga, Genbest menjalani kehamilan yang sehat, dan jauh dari risiko stunting.

 

Baca Juga: Bumil, Siapkan 6 Hal ini Saat Periksa Kehamilan

 

Lantas, vitamin apa saja yang harus kita konsumsi 2-3 bulan sebelum menjalani program hamil? Berikut adalah 8 vitamin promil yang harus Genbest konsumsi:

 

1. Vitamin D

Sebuah penelitian menemukan, perempuan yang mengonsumsi vitamin D mempunyai peluang dua kali lipat lebih cepat hamil, daripada perempuan yang kekurangan vitamin D. Selain itu, vitamin D juga dapat meningkatkan produksi telur yang sehat, sehingga lebih cepat hamil. 

 

2. Vitamin E

Vitamin E diperlukan untuk pembentukan otot dan sel darah merah, sekaligus sebagai antioksidan saat hamil. Vitamin E dapat membantu menebalkan dinding rahim yang tipis, sehingga memudahkan pembuahan. 

 

3. Vitamin C

Sebuah penelitian menyebutkan, vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan produksi hormon progesteron sehingga dapat meningkatkan kesuburan wanita.

 

4. Vitamin B 

Menurut American Pregnancy Association Vitamin B kompleks; B6, B9, dan B12, secara khusus membantu meminimalkan risiko cacat lahir, serta meringankan beberapa gejala kehamilan.

 

5. Asam folat

Selain berfungsi untuk menjaga kesuburan organ reproduksi, asam folat juga bermanfaat untuk mengurangi risiko bayi cacat lahir. Mengutip Hellosehat, mengonsumsi asam folat sebulan sebelum promil dapat mengurangi risiko komplikasi hingga 72%.

 

Baca Juga: Ini Pentingnya Asam Folat bagi Ibu Hamil

 

6. Kolina

Sebuah penelitian menemukan, 5-10% wanita bisa hamil karena mengonsumsi kolina. Setidaknya, Genbest harus penuhi kebutuhan kolina sekitar 425 mm/hari.

 

7. Asam Lemak Omega 3 

Nutrisi satu ini juga dibutuhkan untuk menyeimbangkan hormon dan meningkatkan aliran darah ke rahim. Sehingga, mempermudah kita hamil. 

 

8. Seng

Sebuah penelitian menemukan kekurangan seng berdampak negatif pada perkembangan sel telur. Untuk memudahkan sel telur berkembang, maka penuhi kebutuhan seng 12 mg/hari.

 

Sumber: https://siapnikah.org

 

Baca Juga: Mengukur Tinggi Perut Ibu Hamil Bisa Deteksi Stunting? Begini Cara Ukurnya

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top