19 Jun

Apakah tujuan menikah adalah ingin bersama dengan orang yang Genbest cintai? Atau, tujuan menikah adalah untuk menghabiskan waktu bersama seseorang yang membuat Genbest bahagia. Seseorang yang tidak mempersulit hidup Genbest, seseorang yang tidak akan menyakiti Genbest?

 

Apa pun jawabannya, setidaknya dengan menyadari tujuan menikah, kita dapat menjalani pernikahan dengan lebih siap dan bertanggung jawab. Bagi calon pengantin yang masih bingung apa tujuan menikahnya, berikut ini beberapa inspirasi yang biasanya menjadi tujuan menikah pasangan pada umumnya: 

 

1. Menjalankan ibadah

 

Apa pun agama yang kita anut, tujuan menikah adalah untuk menjalankan ibadah dan mendekatkan diri ke sang pencipta. Seperti yang kita tahu, seluruh agama menganggap pernikahan adalah hal suci dan dilakukan dengan cara yang sakral. Itulah mengapa kita dan pasangan tidak boleh main-main saat memutuskan ke jenjang pernikahan. 

 

2. Menjalani kehidupan dengan seseorang

 

Tujuan  dari menikah adalah mencari teman agar tidak kesepian. Namun tak hanya sebatas itu karena tujuan menikah adalah tidak hanya “mencari teman” untuk sekadar bersenang-senang, tapi teman dalam menjalani kehidupan baik dalam keadaan senang maupun duka.

 

3. Menyempurnakan satu sama lain

 

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bila calon pengantin saling mencintai, maka kelebihan dan kekurangan mereka akan saling menyempurnakan satu sama lain. Karena mereka akan berusaha menerima pasangan apa adanya, tanpa ingin mengubahnya.

 

4. Memiliki keturunan

 

Bagi banyak pasangan, tujuan menikah adalah untuk memiliki keturunan yang sehat dan tidak mengalami gangguan tumbuh kembang, seperti stunting. Di sinilah pentingnya Genbest dan pasangan untuk memastikan kesehatan masing-masing. Karena anak-anak yang sehat lahir dari ayah dan ibu yang juga sehat.

 

Baca Juga: Cek di Sini, Apakah Genbest Sudah Siap Menjadi Orang Tua?

 

5. Menciptakan kebahagian 

 

Selain saling melengkapi dan memiliki keturunan, tujuan menikah adalah menciptakan kebahagian. Meski bukan tidak mungkin akan ada lika-liku dalam berumah tangga, namun berbagai tantangan itu bisa semakin memperkuat pernikahan, bila Genbest dan pasangan saling mencintai dan berusaha memahami satu sama lain.

 

6. Agar hidup lebih sehat

 

Studi telah menemukan bahwa orang-orang yang menikah dan bahagia memiliki fungsi kekebalan yang lebih kuat daripada mereka yang tidak. Hormon kortisol penyebab stres juga ternyata cenderung dilepaskan dalam jumlah yang lebih rendah pada orang yang sudah menikah dibandingkan dengan mereka yang masih lajang.

 

Baca Juga: Penting Dibaca Jelang Menikah: Persiapan Mental, Kognisi, dan Emosi

 

7. Menjaga kesehatan mental

 

Menurut penelitian, kesehatan mental cenderung lebih baik pada orang-orang yang sudah menikah karena mereka memiliki orang yang mendukung dan memperhatikan mereka. Maka dari itu tujuan menikah adalah untuk menjaga kesehatan mental juga.

 

8. Memperpanjang usia

 

Karena kebiasaan menerapkan pola hidup sehat, serta memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik, maka hubungan pernikahan dapat memperpanjang usia kita dan pasangan. 

 

9. Saling melindungi

 

Suami dan istri akan saling melindungi. Suami akan mengasihi istri. Istri harus melindungi rumah. 

 

10. Mempunyai orang untuk tempat bercerita 

 

Meskipun pasangan adalah seseorang yang sering menghabiskan waktu bersama kita, terkadang mereka belum tentu menjadi seseorang yang kita cari ketika kita memiliki kabar gembira ataupun sedih. Berbeda dengan pasangan yang saling melengkapi, mereka menganggap satu sama lain adalah sahabat dan juga kekasih yang selalu dapat diandalkan ketika susah, senang, maupun sedih. 

 

Sumber: dosenpsikologi.com

 

Baca Juga: Daftar Persiapan Pernikahan yang Tak Boleh Dilupakan Calon Pengantin

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top