24 Sep

Calon pengantin (catin) perlu menjaga kesehatan reproduksi untuk mencegah adanya kelainan, penyakit dan berbagai gangguan pada organ reproduksi sehingga kamu kelak bisa menjalani kehamilan yang sehat kelak. 

 

Secara sederhana organ reproduksi dapat dibagi menjadi dua, bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar organ reproduksi wanita disebut vulva yang terletak di antara kaki. Vulva menutupi lubang vagina dan organ reproduksi lainnya di dalam tubuh. Sementara organ reproduksi bagian dalam adalah vagina, rahim, saluran tuba, dan ovarium.

 

Baca Juga: Persiapan Menikah: Genbest Calon Ibu yang Sehat Kah?

 

Kesannya ribet, tapi tenang, untuk menjaga kesehatan reproduksi tidak sesulit yang dibayangkan kok. Begini caranya: 

 

1. Bersihkan organ intim dengan benar

Cara menjaga kesehatan reproduksi sebelum menikah yang tidak boleh dilewatkan adalah membersihkan organ intim dengan benar. Bagi catin wanita, biasakan membasuh vagina dari depan ke belakang (dari arah vagina menuju anus).

 

Kemudian, disarankan untuk tidak menggunakan sabun khusus kewanitaan yang mengandung alkohol, pewangi, atau antiseptik karena berisiko menyebabkan vagina iritasi. Selama menstruasi, pilih pembalut yang paling kamu anggap nyaman dan ganti setiap 3-4 jam. Perhatikan periode haid kamu dan konsultasikan dengan dokter jika kamu sering mengalami haid yang tidak teratur. 

 

Baca Juga: Normalkah Keputihan pada Remaja? Ini Faktanya

 

2. Sering ganti celana dalam

Tahukah Genbest, ternyata kondisi celana dalam yang lembap menjadi tempat favorit bakteri dan jamur untuk berkembang biak? Kalau dibiarkan, kondisi celana dalam yang lembap menyebabkan infeksi jamur, iritasi, hingga munculnya jerawat di vagina. Untuk mencegah hal tersebut, calon pengantin harus rajin mengganti celana dalam minimal 2 kali sehari. 

 

Baca Juga: Perlukah Tes Kesuburan Sebelum Menikah?

 

3. Berolahraga secara teratur

Mungkin Genbest bertanya apa hubungan berolahraga dengan kesehatan organ reproduksi. Berolahraga akan membantu kita memiliki berat badan yang ideal. Perlu diketahui, peningkatan berat badan bisa memengaruhi keseimbangan hormon dan mengganggu kesuburan. Karena itulah, olahraga akan menjaga kesehatan  fisik, mental, dan sistem reproduksi kamu.

 

4. Mengonsumsi makanan sehat

Nutrisi juga akan membantu kamu menjaga kesehatan reproduksi. Pilihlah makanan yang tinggi serat dan protein serta kurangi karbohidrat dan lemak. Perkaya diri dengan buah-buahan dan sayuran dan hindari junk food dan minuman bersoda. Junk food mengandung zat aditif dan pengawet yang bisa memengaruhi kesuburan. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan untuk menjaga diri kamu tetap terhidrasi dan mengurangi risiko infeksi saluran kemih. 

 

Baca Juga: 10 Daftar Persiapan Pernikahan Wajib Calon Pengantin

 

5. Terapkan gaya hidup sehat

Satu lagi cara menjaga organ reproduksi sebelum menikah yang tidak kalah penting adalah menerapkan gaya hidup sehat. Hentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, karena dapat menurunkan tingkat kesuburan dan sulit mendapatkan keturunan.

 

Sumber: www.femina.in

 

Baca Juga: 7 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top