10 Oct

Demi merencanakan kehamilan yang sehat dan jauh dari risiko stunting, setiap calon pengantin (catin) harus melakukan tes kesehatan pranikah. Beberapa rangkaian tes kesehatan yang perlu Genbest bersama pasangan jalani di antaranya: pemeriksaan darah, pemeriksaan golongan darah dan rhesus, tes urine, pemeriksaan kadar gula darah, tes penyakit menular seksual, pemeriksaan organ reproduksi, dan TORCH.

 

Tes kesehatan ini, tidak hanya akan membantu catin mengetahui kondisi kesehatannya, namun juga berbagai penyakit yang mungkin berpotensi menular pada pasangan atau penyakit yang mungkin diturunkan pada si kecil kelak. 

 

Baca Juga: 7 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

 

Agar berjalan lancar, sebelum melakukan tes kesehatan pranikah, kedua catin perlu melakukan persiapan sebaik mungkin. Berikut beberapa persiapan tes kesehatan pra nikah yang perlu diperhatikan calon pengantin:

 

1. Persiapan fisik

Ada banyak prosedur pemeriksaan yang akan dilakukan kedua calon pengantin sebelum melakukan tes kesehatan pra nikah. Supaya mendapatkan hasil terbaik, pastikan fisik Genbest dan pasangan dalam kondisi sehat dan tidak sakit. Pastikan Genbest tidur cukup karena kurang tidur dapat menyebabkan hasil tes kesehatan yang tidak normal pada tekanan darah, detak jantung, dan suhu tubuh. 

 

2. Puasa semalaman

Calon pengantin juga disarankan berpuasa semalaman atau sekitar 10-12 jam sebelum melakukan tes kesehatan pranikah. Hal ini bertujuan agar hasil tes menjadi akurat. Umumnya air putih tetap diperbolehkan untuk menghindari efek dehidrasi pada tes gula darah dan kolesterol. Namun Genbest perlu memastikan dulu pada tim medis, ya!

 

3. Tidak sedang menstruasi

Bagi catin wanita, lakukan tes kesehatan pranikah saat tidak sedang menstruasi. Adanya darah haid pada saat tes urin, feses, dan pap smear akan menghasilkan hasil yang tidak akurat sehingga dapat memengaruhi diagnosis. 

 

Baca Juga: Berbagai Warna Darah Menstruasi yang Perlu Diketahui Remaja Putri 

 

4. Menbawa hasil tes/laporan medis, Jika memiliki masalah kesehatan 

Genbest yang memiliki penyakit kronis atau masalah kesehatan lain, bawalah hasil tes atau laporan medis apa pun untuk membantu diagnosis. Jika Genbest harus rutin minum obat tertentu (obat hipertensi, misalnya) tanyakan dulu pada tim medis apakah mungkin bagi Genbest untuk menunda pengobatan rutin tersebut sampai sampel darah diambil.

 

Baca Juga: Persiapan Menikah: Genbest Calon Ibu yang Sehat Kah?

 

5. Menjaga kebersihan organ reproduksi

Kebersihan organ reproduksi dapat dijaga dengan cara-cara sederhana, seperti menggunakan pakaian dalam yang dapat menyerap keringat, rajin membersihkan organ reproduksi dengan baik dan benar, mengganti pakaian dalam secara berkala, dan sebagainya. 

 

Terkait organ reproduksi, catin pria yang akan menjalani analisis kesuburan pria dari sampel sperma tidak dianjurkan melakukan hubungan intim atau mastrubasi selama 72 jam sebelum tes. 

 

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan tes kesehatan pranikah. Semoga membantu Genbest yang sedang mempersiapkan pernikahan!

 

Sumber: Calon Pengantin, Hindari Stunting: Panduan Mempersiapkan Pernikahan dan Kehamilan bagi Calon Pengantin untuk Mencegah Stunting - Direktorat Bina Ketahanan Remaja Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional

 

Baca Juga: Calon Pengantin, Begini Pencegahan Stunting Sebelum Menikah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top