20 Nov

Trimester ketiga adalah waktu yang tepat untuk ibu hami (bumil) melanjutkan pola makan yang bergizi seimbang dan bervariasi.  Pada saat ini, berat badan janin terus bertambah dengan cepat, bagian-bagian tubuhnya terus terbentuk, begitu pula otaknya yang juga berkembang pesat.

 

Bagi GenBest yang sedang hamil, usahakan untuk makan 3 porsi makanan utama dan 2-3 camilan bergizi  setiap hari. Berusahalah untuk selalu memilih makanan sehat, termasuk sayuran, buah-buahan, dan makanan kaya protein, untuk memastikan janin mendapat asupan nutrisi seimbang yang penting untuk perkembangannya dan menghindarkannya dari risiko stunting.

 

Untuk inspirasi, berikut ini adalah 8 makanan yang sangat baik dikonsumsi saat usia kehamilan memasuki 9 bulan:

 

1. Salmon

Kandungan omega 3 dan docosahexaenoic acid (DHA) bermanfaat untuk memaksimalkan perkembangan otak dan sistem saraf bayi yang terjadi pesat saat trimester ketiga kehamilan. Salmon juga memiliki kandungan protein, vitamin, zinc, dan zat besi yang cukup  untuk mendukung tumbuh kembang janin secara keseluruhan.

 

2. Yogurt

Biasanya sejak usia kandungan 7 bulan, ibu hamil lebih rentan mengalami konstipasi/sembelit karena pencernaan yang tertekan perut yang semakin membesar. Mengonsumsi yogurt dapat membantu melancarkan pencernaan.

 

3. Ubi jalar

Ubi jalar memiliki kandungan vitamin A yang tinggi untuk mengoptimalkan pertumbuhan sel dan jaringan janin pada trimester tiga kehamilan.

 

Baca Juga: 5 Ide Camilan Ini Enak dan Sehat untuk Ibu Hamil

 

4. Daging ayam

Mengonsumsi daging ayam yang kaya protein ini akan mencukupi kebutuhan energi bumil, meningkatkan kekuatan otot dan bumil akan lebih fit saat persalinan. Sebisa mungkin pilih daging ayam tanpa lemak.

 

5. Beras merah

Bukan hanya kaya serat dan vitamin B, beras merah juga memiliki kalori tinggi sehingga dapat menambah tenaga saat proses persalinan nanti. Beras merah juga akan membuat ibu hamil tidak mudah lapar.

 

Baca Juga: Do’s and Don'ts untuk Ibu Hamil dalam Menjaga Kebugaran di Rumah

 

6. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang yang direkomendasikan untuk ibu hamil 9 bulan adalah kacang tanah, kacang polong, dan kacang kedelai. Jenis kacang ini sumber asam folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kandungan. GenBest bisa menjadikan kacang sebagai camilan sehat atau campurkan dalam masakan.

 

7. Telur

Selain daging, asupan protein bagi ibu hamil 9 bulan juga bisa didapatkan dari telur. Telur menyimpan berbagai zat gizi penting, seperti mineral, protein, vitamin A, dan D yang penting bagi ibu hamil. Kandungan omega 3 dan kolin pada telur bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Namun jika memiliki riwayat kolesterol tinggi sebaiknya hanya konsumsi putih telur saja, ya.

 

Baca Juga: Sarapan yang Harus Ada untuk Ibu Hamil

 

8. Bayam

Bayam memiliki kandungan serat, vitamin C, asam folat, dan zat besi yang tinggi. Nutrisi ini diperlukan oleh ibu hamil 9 bulan untuk menjaga kestabilan darah merah dan mencegah anemia setelah melahirkan nanti. Bayam juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh ibu selama kehamilan.

 

Nah, siap menambah makanan-makanan ini dalam menu GenBest hari ini?

 

Baca Juga: Perilaku Buruk Ibu Hamil yang Berisiko Melahirkan Anak Stunting

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top