Tanda Diet Remaja Putri Sehat dan Tidak Menyebabkan Anemia

Sed ut perspiciatis unde
27 Jul

Tanda Diet Remaja Putri Sehat dan Tidak Menyebabkan Anemia

Memiliki tubuh ideal memang impian setiap orang, apalagi remaja putri. Namun jangan sampai untuk mendapatkan tubuh ideal, kamu malah terkena anemia, ya. Karena beberapa jenis diet hanya mengejar hasil instan tanpa mempertimbangkan aspek asupan gizi bagi tubuh. Salah satu asupan gizi yang sering luput selama menjalankan diet adalah zat besi. 

 

Padahal kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia pada remaja putri, lhoIni bahaya, karena dapat menimbulkan berbagai masalah pada tubuh, seperti merasa cepat letih, sering pusing, sulit berkonsentrasi hingga sesak napas. 

 

Tapi tenang saja, tidak semua diet jelek kok. Bagi GenBest yang sedang menjalani diet, berikut berbagai tanda diet kamu sehat dan tidak memicu anemia.

 

1. Tidak merasa pusing 

Seseorang yang terkena anemia sering merasa pusing. Ini karena tubuh kekurangan persediaan hemoglobin sehingga tidak bisa mencukupi oksigen yang dibutuhkan otak. 

 

Akibatnya, pembuluh darah di otak bisa membengkak, menyebabkan tekanan dan sakit kepala. Meskipun ada banyak penyebab sakit kepala, sakit kepala berulang dan pusing bisa menjadi tanda kekurangan zat besi. Tapi tentu bagi kamu yang dietnya sehat dan cukup zat besi, hal ini tidak akan terjadi.

 

2. Tubuh tetap aktif

Salah satu tanda anemia adalah tubuh jadi cepat lelah karena kekurangan hemoglobin yang mengakibatkan lebih sedikit oksigen yang mencapai jaringan dan otot-otot di tubuh. Jantung penderita anemia juga harus bekerja lebih keras untuk memindahkan lebih banyak darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Ini yang membuat tubuh jadi kehilangan energi dan merasa cepat lelah. 

 

Untuk itu, prinsip diet yang sehat adalah tetap makan makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang karena ini adalah sumber bahan bakar utama tubuh. Jadi kalau kamu sedang diet tapi tetap aktif dan bersemangat sepanjang hari, ini artinya asupan nutrisi kamu terpenuhi dan kamu tidak mengalami anemia.

 

Baca Juga: Mau Langsing, Eh Malah Kena Anemia

 

3. Kulit terlihat segar

Diet yang salah juga sering membuat tubuh kekurangan vitamin dan mineral esensial, termasuk zat besi. Dalam jangka waktu yang lama diet jenis ini akan tercermin pada kulit karena rona kulit dipengaruhi sirkulasi darah yang lancar. Kulit akan tampak lebih pucat, kelopak mata bawah dan kuku juga pucat karena tidak tercukupinya hemoglobin. Maka, jika remaja putri menjalani diet dan kulitnya masih tampak segar, artinya kecukupan nutrisi, termasuk zat besinya terpenuhi. 

 

4. Detak jantung normal

Salah satu tanda remaja putri terkena anemia adanya sensasi jantung berdebar kencang yang disebut palpitasi. Hal ini disebabkan minimnya persediaan hemoglobin yang membuat jantung harus bekerja ekstra keras mengalirkan darah yang mengandung oksigen. 

 

Jika saat diet tidak mengalami debaran jantung ini kemungkinan besar diet yang sedang dijalani tergolong sehat dan tidak menimbulkan anemia. 

 

Kalau GenBest sudah memiliki anemia sebelumnya, lalu merasakan debaran detak jantung ini sebaiknya segera konsumsi asupan zat besi dan hentikan diet. Karena bisa jadi diet yang kamu jalani adalah penyebabnya.

 

Baca Juga: Cara Diet yang Salah Ini Bisa Sebabkan Anemia

 

5. Tetap konsentrasi

Tubuh yang kekurangan zat besi tidak bisa mengantarkan oksigen dengan lancar ke seluruh tubuh. Padahal jika pasokan oksigen terhambat kemampuan seseorang untuk berpikir dan berkonsentrasi bisa terganggu. 

 

Nah, selama menjalani diet GenBest merasa sulit fokus dan tidak bisa berkonsentrasi kemungkinan besar jenis diet yang kamu lakukan tidak sehat. Karena tubuh yang sehat dan tercukupi kebutuhan zat besinya akan lebih mudah fokus dan dapat berkonsentrasi tajam.

 

Baca Juga: Mencegah Stunting Dimulai dari Masa Remaja. Begini Caranya!

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top