23 Sep

Khasiat Buah Naga untuk Penderita Anemia

by : Admin

Genbest, pasti sangat familier dengan buah manis satu ini, dong? Benar banget, buah naga! Buah yang memiliki kulit berwarna merah muda serta dagingnya yang keunguan ini ternyata sangat baik untuk penderita anemia!

 

Di balik rasanya yang manis dan segar, buah naga mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Di antaranya protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, serat, magnesium, kalsium, zat besi, dan masih banyak lainnya.

 

Baca Juga: 7 Khasiat Buah Naga untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak 

 

Salah satu keunggulan buah naga adalah tinggi zat besi. Setiap satu porsi buah naga mengandung 1 gram zat besi yang dapat memenuhi 8% kebutuhan zat besi harian. Zat besi memiliki beberapa peran penting dalam tubuh, seperti untuk pembentukan sel darah merah, mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, dan memberi kamu energi. Inilah mengapa buah naga dianjurkan untuk para penderita anemia. 

 

Anemia terjadi ketika Genbest tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat dalam tubuh.  Ini yang menyebabkan Genbest mudah lelah, letih, lesu, sering pusing, hingga sulit fokus saat mengikuti pelajaran di sekolah.  

 

Untuk ibu hamil, anemia bisa sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, atau bayi menderita anemia. Seperti Genbest ketahui, ketiga kondisi itu bisa meningkatkan risiko stunting pada anak. 

 

Baca Juga: Ibu Anemia Potensi Lahirkan Anak Stunting

 

Kembali perihal buah naga merah, menurut penelitian yang dimuat dalan Belitung Nursing Journal, jus buah naga merah dapat dijadikan alternatif pengobatan bagi bumil penderita anemia. Dengan judul “Pengaruh Konsumsi Juice Buah Naga Merah (Hylocereus Costaricensis) Terhadap Hemoglobin dan Eritrosit pada Ibu hamil,”, penelitiian ini menyimpulkan bahwa secara statistik ada kaitan bermakna antara konsumsi jus buah naga merah terhadap kadar hemoglobin dan eritrosit ibu hamil sehingga jus buah naga merah baik untuk bumil penderita anemia. 

 

Buah naga pun kaya vitamin C yang bisa membantu proses penyerapan zat besi agar lebih optimal. Kadar air buah naga yang mencapai 90% dari berat buahnya, juga bisa membantu menghilangkan dahaga dan membuat tubuh merasa segar. 

 

Agar kandungan nutrisi buah naga tetap terjaga, pastikan memilih buah yang sudah matang dan masih segar. Buah naga bisa langsung dikonsumsi dalam potongan-potongan kecil. Kalau bosan, bisa bisa diolah menjadi jus atau tambahkan buah naga ke salad. 

 

Selamat menikmati buah naga dan mencegah anemia, Genbest!

 

Baca Juga: 8 Buah Tinggi Zat Besi yang Cocok untuk Ibu Hamil

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top