9 Oct

Genbest, apakah sedang dag-dig-dug menunggu kehamilan? Perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan bisa memicu beberapa gejala atau tanda-tanda kehamilan. Beberapa ibu bisa mengalami banyak gejala kehamilan, sementara yang lain mungkin hanya sedikit.

 

Tanda kehamilan yang paling umum adalah mual muntah atau morning sickness.  Menurut American Pregnancy Association (APA), lebih dari 50% wanita hamil mengalami morning sickness di awal kehamilan. Kondisi ini menyebabkan bumil jadi tidak semangat makan, karena hidung lebih sensitif pada aroma tertentu.

 

Baca Juga: Atasi Morning Sickness Bumil, Ini Pilihan Sarapan Terbaikmu

 

Tidak datangnya haid juga bisa menjadi tanda kemungkinan kehamilan lainnya. Yang perlu diketahui, beberapa ibu justru mengalami flek di awal kehamilan. Namun flek tanda hamil dan flek tanda haid itu berbeda. Biasanya, flek tanda hamil terjadi sekitar 6-12 hari setelah sel telur dibuahi. Warna flek tanda hamil cenderung lebih pink atau kecokelatan dan sangat sedikit.

 

Masih ada beberapa tanda kehamilan lainnya, apa saja? Berikut tanda kehamilan di minggu pertama yang paling sering muncul:

 

1. Mudah lelah

Cepat lelah juga termasuk tanda awal kehamilan yang mudah dikenali. Hal ini disebabkan karena meningkatkan hormon progesteron dalam tubuh. Rasa lelah biasanya mulai muncul sejak seminggu setelah pembuahan.

 

2. Sembelit

Meningkatnya hormon progesteron saat hamil berdampak pada lambatnya pergerakan usus, sehingga menyebabkan sembelit. Biasanya, sembelit terjadi pada minggu awal kehamilan, dan berlanjut hingga beberapa bulan ke depan. Tidak jarang ibu hamil juga mengalami perut kembung dan begah.

 

3. Perubahan pada payudara

Tanda awal kehamilan juga bisa dirasakan dari adanya perubahan pada payudara. Perubahan ini disebabkan adanya perubahan hormon selama masa kehamilan, yang menyebabkan payudara menjadi lebih berat, kencang, dan sensitif. Selain itu, area puting saat masa awal kehamilan juga menjadi lebih gelap. Bahkan, saat disentuh akan terasa nyeri dan kurang nyaman.

 

Dengan cepat mengenali tanda-tanda kehamilan, kamu diharapkan dapat menyesuaikan gaya hidupmu menjadi lebih sehat. Hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti merokok atau minum alkohol. Nikmatilah makanan yang lebih bergizi sehingga kehamilan kamu lancar dan si kecil yang masih dalam kandungan bisa tumbuh optimal dan jauh dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk ancaman stunting.

 

Baca Juga: Amankah Ibu Hamil Mengonsumsi Probiotik?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top