Olahraga selama masa kehamilan penting agar tubuh selalu bugar sekaligus melancarkan proses persalinan. Tak perlu yang berat, jalan kaki bisa jadi pilihan..

Bakteri atau kuman di kamar mandi bisa menempel di mana saja, termasuk dari benda yang sering kita gunakan. Untuk itu, ada barang-barang di kamar mandi yang perlu diganti secara berkala karena berisiko jadi sarang penyakit!.

Perubahan sistem tubuh selama kehamilan akan memengaruhi sistem kekebalan tubuh bumil. Ini yang membuat bumil terkadang merasa lesu, sering mengalami batuk pilek dan lebih rentan terserang virus..

Jangan hanya asal memilih sikat gigi karena lucu. Agar kebersihan gigi dan mulut anak terjaga, pastikan menggunakan sikat gigi bayi dengan tepat..

Masker menjadi benda wajib yang harus selalu dibawa dan digunakan guna mencegah perluasan penyebaran virus COVID-19. Seperti apa masker yang direkomendasikan WHO?.

Setiap tanggal 19 November diperingati sebagai Hari Toilet Sedunia. Sudah tahu belum, kebersihan kamar mandi menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan keluarga? .

Kalau kamar mandi di rumah sudah resik dan selalu dijaga kebersihannya, tugas GenBest selanjutnya adalah mengajarkan aturan saat ke kamar mandi pada si kecil. Kesannya sepele, namun beberapa anak masih kerap bingung terkait ini. .

Ternyata anak tidak tumbuh secara optimal tidak melulu karena kurangnya asupan nutrisi, baik pada ibu hamil maupun anak, melainkan ada banyak faktor lain. Salah satunya, buang air besar (BAB) sembarangan..

Cari tahu tips-nya supaya bahan-bahan makanan tetap segar, tetap punya nilai gizi, dan tetap aman dikonsumsi keluarga, terutama si kecil..

Selain jarang cuci tangan pakai sabun, salah satu kebiasaan yang menyebabkan kita berisiko tertular COVID-19 adalah kesalahan saat memakai masker..

Selain mengenali penyebab anak sakit perut, GenBest juga perlu mengetahui pertolongan pertama sakit perut yang bisa dilakukan di rumah karena ini akan membantu anak untuk pulih lebih cepat..

Apakah GenBest mencuci daging sapi/ayam sebelum dimasak? Ternyata ini tidak perlu dan bahkan justru berbahaya. Kenapa?.

Membiasakan si kecil untuk memiliki perilaku hidup bersih dan sehat harus mulai dilakukan sejak dini dalam upaya mencegah stunting pada anak..

Berharap mendapatkan tubuh ideal dengan cepat terkadang membuat remaja putri suka jadi berolahraga yang berlebihan. Padahal olahraga yang diforsir buruk bagi kesehatan, lho..

Membersihkan bayi harus menjadi rutinitas karena merupakan bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Tapi ada beberapa area tubuh bayi yang bisa bikin kita deg-degan saat membersihkannya..

Makan ikan ternyata juga penting dalam upaya mencegah stunting, lho, GenBest. Ikan mempunyai kandungan protein yang tidak kalah hebatnya dengan daging sapi maupun ayam..

Salah satu cara mencegah anemia adalah dengan berolahraga. Namun, olahraga seperti apa yang dapat mencegah anemia?.

Coba cek isi piring kamu, sudah sesuai dengan “Isi Piringku” belum?.

WHO mengeluarkan panduan menggunakan masker khusus anak-anak. Yang wajib memakai masker hanya anak 12 tahun ke atas, lalu bagaimana dengan yang lain. Silakan baca panduannya di sini. .

Walaupun banyak menghabiskan waktu di rumah pada masa pandemi COVID-19 ini, setiap bumil tentu ingin tetap sehat, bugar dengan imunitas tubuh yang tetap terjaga. Penasaran caranya? Yuk baca tipsnya!.

Nggak hanya cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, mengeringkan tangan juga penting, lho. Apalagi di kondisi adaptasi kebiasaan baru seperti ini. Seberapa pentingnya, sih?.

Ada beberapa jenis jamban yang ada di masyarakat, yang mungkin sering kita temui. Namun, dari semuanya, mana yang masuk dalam kategori Jamban Sehat?.

Bukan hanya sekadar tidak memenuhi kebutuhan nutrisi harian, namun ada beberapa perilaku ibu hamil yang berisiko melahirkan anak stunting..

Sejak kecil, kita selalu diberi tahu untuk minum susu agar cepat tinggi. Lantas, benar nggak sih, minum susu bikin anak tumbuh lebih tinggi? Ini faktanya..

Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat tidak perlu dengan cara rumit. Kita bisa mulai dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah..

Menjaga sanitasi di rumah tidak hanya menciptakan kamar mandi yang kering dan bersih saja, tapi kita juga harus perhatikan jamban agar tidak mampet..

Buah delima, buah dengan banyak biji ini yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, lho. Salah satunya untuk mengatasi anemia..

Cacingan terkesan sepele, namun penyakit ini termasuk salah satu penyebab stunting pada anak..

Penyebab cacingan bisa dari kebiasaan sehari-hari yang tidak kita sadari. Karena itulah anak perlu dikenalkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sejak dini..

Kebersihan jamban dan kamar mandi adalah hal penting sebagai salah satu upaya menjaga sanitasi yang sehat. .

Olahraga adalah salah satu cara membantu mengatasi anemia, selain dengan mengonsumsi makanan bergizi dan tablet tambah darah (TTD), tapi ada syaratnya. .

Di tengah pandemi COVID-19 kita memang harus lebih waspada dan selalu menjaga kebersihan. Salah satunya yaitu menjaga kebersihan belanjaan, termasuk buah dan sayur yang kita beli..

Pemenuhan gizi seimbang merupakan salah satu cara untuk mencegah stunting. Yuk, cari tahu cara memenuhinya dengan panduang Isi Piringku ini..

Pada periode emas masa pertumbuhan anak, berat badan yang begitu rendah bisa memiliki dampak negatif, tidak hanya pada kesehatan fisik anak, namun juga perkembangan otaknya..

Mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat harus dimulai sejak usia balita sehingga anak akan lebih sehat dan tidak mudah terkena berbagai macam penyakit..

Era new normal menuntut kita mengambil langkah-langkah bijak untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna menangkal serangan berbagai virus berbahaya, termasuk COVID-19. .

Kita sering mendengar kalau anak yang sering berolahraga akan lebih tinggi dibandingkan teman seusianya. Benarkah? Apa cuma mitos?.

GenBest, ternyata masuk toilet umum tidak bisa secara asal-asalan, lho. Karena di sana lebih rentan penyebaran virus dan bakteri. Agar lebih aman, coba ikuti tips di bawah ini, ya!.

Karena harus #DiRumahAja, memesan makanan secara online sudah menjadi rutinitas saat ini. Tapi, bagaimana cara agar nutrisi si kecil tetap terpenuhi, ya?.

Saat tidak memiliki akses air mengalir untuk membersihkan tangan si kecil, apakah boleh menggunakan hand sanitizer. Apakah itu aman? .

Anak-anak ternyata juga merupakan kelompok yang rentan terpapar COVID-19. Untuk itu, penting melakukan langkah pencegahan COVID-19..

Cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu upaya pencegahan cacingan pada si kecil. Tapi masih ada upaya pencegahan lain yang bisa GenBest lakukan..

Salah satu sumber air yang sampai saat ini masih sering digunakan di Indonesia untuk mendapatkan air minum adalah air sumur. Namun, sayangnya tidak semua air sumur berkualitas baik dan layak minum..

Cuci tangan pakai sabun ternyata juga berkaitan erat dengan stunting, lho. Cari tahu detail selengkapnya di infografis ini..

BAB sembarangan tidak hanya merusak keindahan, tetapi juga menurunkan kualitas kesehatan lingkungan. Masalah yang akan timbul adalah stunting. Apa hubungannya?.

Kuman dan bakteri bisa menyebar melalui air. Dengan kondisi air yang buruk, kemungkinan berkumpulnya kuman dan bakteri akan semakin tinggi. Lalu, bagaimana dengan kualitas air sumur di rumah?.

Mencukupi kebutuhan gizi si kecil pada periode emas pertumbuhan yang tidak dibarengi dengan akses air bersih, ibarat memberikan anak makanan sehat dengan alat makan yang kotor. .

Membersihkan jamban secara rutin merupakan salah satu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang bisa menghindarkan kita terpapar virus. Ini penting banget di saat pandemi COVID-19 seperti saat ini. .

Cacingan bisa meningkatkan risiko anak terkena stunting. Yuk cari tahu lebih detail tentang hubungan cacingan dan stunting, GenBest..

Selain merusak perabotan, banjir juga membawa berbagai virus dan penyakit. Nah, menjaga sanitasi pasca banjir dapat menjadi langkah krusial untuk mengatasi masalah ini, lho..

GenBest, jamban sehat tidak hanya sekadar soal kebersihan saja, lho. Namun, secara jangka panjang, hal ini juga terkait erat dengan pencegahan terjadinya stunting..

Siapa yang sedang merencanakan kehamilan? Agar proses kehamilan hingga melahirkanmu berjalan lancar, jangan lupa penuhi kebutuhan vaksinasimu, ya..

Selamat telah menjadi suami istri! Sudah berencana memiliki momongan di tahun ini? Yuk, mulai konsumsi makanan peningkat kesuburan agar dapat mempercepat kemungkinan memiliki momongan..

Siapa sangka, menjaga kebersihan mulut dan gigi termasuk cara mencegah stunting lewat perilaku higienis. Apa hubungan stunting dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut?.

Kenali lebih jauh cairan pembersih tangan yang satu ini, agar kita bisa menggunakannya dengan tepat..

Maksud hati ingin selalu sehat jadi rajin menggunakan hand sanitizer. Tapi benar nggak, sih, pemakaian secara berlebihan justru bisa membuat bakteri kebal?.

GenBest, coba tebak mana yang lebih efektif bunuh kuman dan virus, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer?.

Memulai tahun baru 2020 tentunya Anda ingin memulai lembaran baru termasuk juga menjaga gaya hidup lebih sehat. .

Dengan jamban yang sehat, berbagai penyakit yang berkaitan dengan pencernaan dapat dihindari. .

Kegiatan mencuci tangan memakai sabun merupakan cara yang paling efektif, tapi haruskan pakai sabun antiseptik..

Cuci tangan pakai sabun adalah salah satu kebiasaan sehat yang perlu ditanamkan sejak dini. Kebiasaan kecil dengan manfaat yang sangat besar karena dapat mencegah berbagai penyakit infeksi berbahaya..

Jamban sehat itu kalau memenuhi syarat-syarat ini..

15 Nov

Wajib cuci tangan pakai sabun setelah atau sebelum aktivitas-aktivitas ini..

Kebersihan, sanitasi dan akses air bersih harus dijaga untuk melindungi anak dari penyakit yang bisa mengganggu pertumbuhannya..

Apabila perempuan sedang hamil dan tidak mengonsumsi cukup makanan tidak hanya membahayakan diri sendiri, melainkan juga kesehatan janin..

Manakah yang lebih baik, cuci tangan pakai sabun dengan air dingin atau hangat?.

Mengajari anak cuci tangan perlu effort lebih, tapi bukan berarti sulit, asalkan konsisten dan dengan cara menyenangkan, anak-anak pun akan terbiasa..

Hand sanitizer mungkin praktis, tapi seberapa efektifnya untuk membersihkan tangan dan mematikan kuman dibandingkan cuci tangan pakai sabun, ya?.

Meskipun kian lama kian menurun, penyakit infeksi masih menjadi masalah hingga saat ini. Salah satu penyebab tingginya angka penyakit infeksi adalah sanitasi yang buruk..

Kenal, dong, dengan penyakit lemah, letih, lesu, lelah, dan lunglai, alias 5L. Dialah anemia, gangguan yang terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah..

Asal GenBest tahu, anak yang nutrisinya cukup dapat tumbuh sehat dan beraktivitas serta pintar bergaul dibanding anak yang nutrisinya kurang tercukupi..

Kebiasaan yang sehat ini sederhana, bahkan sering dianggap sepele, tapi ternyata manfaatnya sangat banyak..

Buangair kecil atau besar di jamban dapat mencegah risiko penyakit diare, disentri dan kolera..

Jangan sepelekan ini, GenBest. Karena septic tank yang terlaulu dekat sumur bisa mengkontaminasi sumber air bersih rumah tangga, lho..

Selain dapur dan garasi, kamar mandi memang merupakan bagian rumah yang rawan kecelakaan. Tapi tidak hanya itu, kamar mandi juga rawan membuat kita, kalau kebersihannya tidak dijaga. .

Tes kesehatan sebelum menikah sangat penting sebagai bagian dari persiapan kehamilan sehat dan lancar..

Cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dapat mencegah banyak penyakit berbahaya..

GenBest baiknya mempertimbangkan banyak hal dan membicarakan aneka persoalan sebelum memutuskan menikah..

Kebiasaan sepele ini ternyata berdampak besar bagi kesehatan seluruh keluarga, bahkan bisa mencegah berbagai penyakit serius.

Beberapa bagian rumah ini mesti dibersihkan lebih sering daripada bagian lainnya, GenBest..

Bukan sembarang jamban, rupanya ada tujuh kriteria yang harus diperhatikan agar jamban itu sehat..

Ketahui juga risikonya, kalau pemberian MPASI diberikan terlalu dini, alias kurang dari usia 6 bulan!.

Ternyata anak tidak tumbuh secara optimal tidak melulu karena kurangnya asupan nutrisi, baik pada ibu hamil maupun anak, melainkan ada banyak faktor lain..

Faktor keturunan memang tidak bisa diperbaiki, tapi bukan berarti kita tak bisa lebih tinggi dari orang tua, lho .

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan diri dan keluarga saat terjadi bencana alam..

Menjaga kebersihan jadi hal utama saat terjadi bencana alam..

Diare masih jadi penyebab nomor dua kematian terbanyak pada balita di Indonesia setelah pneumonia..

Salah satu praktik penyajian gizi berimbang adalah dengan konsep “Isi Piringku”.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top