20 Jul

Genbest tentu mengetahui, kalau ASI eksklusif hanya berlangsung hingga usia bayi 6 bulan dan selanjutnya perlu ditambah dengan MPASI atau makanan pendamping ASI. Ini terkait dengan kebutuhan nutrisi bayi yang terus meningkat seiring pertumbuhannya. 

 

Saat baru lahir, bayi menggunakan zat besi yang tersimpan di tubuhnya dan juga dari ASI, tetapi simpanan ini akan terus turun dan di sekitar usia enam bulan, kebutuhan zat besi bayi tidak lagi hanya bisa dipenuhi oleh ASI. Karena itulah bayi membutuhkan MPASI. 

 

Jika MPASI tidak diperkenalkan tepat waktu, kesehatan bayi dapat terganggu. Bayi juga bisa mengalami gangguan pertumbuhan karena kekurangan gizi dan mengalami stunting. 

 

Bagi Genbest yang ingin memberikan MPASI pada si kecil dan sedang mencari referensi, berikut 4 syarat memberikan MPASI untuk bayi yang direkomendasi oleh WHO:

 

1. Tepat waktu

MPASI harus tepat waktu, artinya MPASI harus diberikan saat kebutuhan energi dan nutrisi  bayi sudah meningkat dan tidak bisa dipenuhi lagi dari ASI eksklusif.  Ini umumnya terjadi saat bayi berusia 6 bulan. Namun beberapa bayi dengan kondisi tertentu, misalnya kenaikan berat badan (BB) yang kurang baik, dapat diberi MPASI lebih awal atas saran dokter.

 

Genbest juga bisa memerhatikan tanda-tanda si kecil siap menerima MPASI, yaitu bayi terlihat tertarik pada makanan, ia sudah dapat menegakkan kepala dengan baik, bisa duduk dalam waktu yang lama, dan bayi juga sudah mampu mendorong dan menelan makanan dari lidah ke tenggorokan.

 

Baca Juga: Di Usia Berapa Bayi Bisa Duduk?

 

2. Adekuat

Artinya MPASI yang diberikan pada si kecil harus mampu memberikan energi, protein, dan zat gizi mikro yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi anak yang sedang tumbuh.

 

Baca Juga: Langkah Pengenalan MPASI Untuk Bayi Kurus

 

3. Aman

Saat memberikan MPASI kepada si kecil Genbest harus memerhatikan keamanannya, yaitu kebersihan dan kesehatan makanan, alat memasak, serta peralatan makan yang digunakan si kecil.

 

Pastikan seluruh peralatan memasak dan makanan yang digunakan telah dicuci dengan sabun cuci piring khusus bayi, dan dibilas dengan air mengalir, ya. Jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyiapkan dan memberikan makanan pada bayi. Begitupun saat memberikan makanan pada bayi, pilihlah tempat yang bersih agar kesehatannya terjaga.

 

Baca Juga: Cegah Virus dan Bakteri, Ini Tips Sterilisasi Peralatan Makan dan Minum Bayi

 

4. Berikan dengan cara responsif

Perhatikan tanda lapar dan kenyang si kecil, jangan berpatokan bahwa MPASI harus dihabiskan. Untuk itu,amati kode dari si kecil. Saat ia membuang muka saat disuapi atau melepeh makanan, misalnya, itu tanda dia sudah kenyang. Sebaliknya, ketika ia membuka lebar mulut saat disuapi, itu kode ia sedang lapar. 

 

Nah, itulah 4 syarat pemberian MPASI dari WHO. Semoga bermanfaat untuk Genbest yang akan mulai memberikan MPASI pada si kecil, ya.

 

Baca Juga: 5 Nutrisi Wajib dalam MPASI Anak

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top