11 Jun

Bolehkah Kangkung untuk MPASI?

by : Admin

Genbest apakah penggemar kangkung? Kangkung memang salah satu sayuran favorit para ibu, karena selain harganya terjangkau, mengolahnya gampang, dan… apalagi kalau bukan kaya manfaat. 

 

Di balik daun berwarna hijau tipis dan memanjang, kangkung menyimpan banyak nutrisi baik. Dalam 56 gram kangkung yang telah disiangi dapat memenuhi 70% kebutuhan vitamin A, dan 51% kebutuhan vitamin C harian. Selain itu, kangkung juga mengandung vitamin B kompleks, zat besi, kalsium, fosfor, dan berbagai kandungan mineral penting lainnya. 

 

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Mulai MPASI?  

 

Boleh Berikan MPASI Kangkung pada si kecil, Asalkan...

Kita tetap boleh memberikan MPASI kangkung untuk anak di bawah 1 tahun, kok. Seperti dijelaskan oleh dokter spesialis konsultasi gizi klinik, dr. Jovita Amelia Sp.GK, yang dikutip dari Kumparan.com menjelaskan, sayuran apa saja, termasuk kangkung boleh dikonsumsi saat memulai MPASI.

 

Meskipun boleh memberikan MPASI kangkung, kita tetap harus memerhatikan cara pengolahan kangkung agar aman dikonsumsi anak. Hal ini disebabkan kangkung memiliki banyak serat dan tekstur yang kasar sehingga dapat menyebabkan si kecil tersedak.

 

Untuk itu, pastikan mengolah kangkung tanpa batangnya. Caranya dengan menghaluskan hingga hancur dan lembut agar tetap aman untuk bayi. O, iya, pastikan juga memilih kangkung segar, ya, Genbest!

 

Baca Juga: Seputar Puree yang Wajib Diketahui Ibu Baru 

 

Manfaat MPASI Kangkung untuk Anak

Nah, sekarang sudah tahu kan, apa saja aturan yang perlu diperhatikan saat berencana memberikan MPASI kangkung? Lantas, apa sih manfaat kangkung untuk anak? Berikut berbagai manfaat kangkung bagi tumbuh kembang anak:

 

Meningkatkan daya tahan tubuh anak

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kangkung merupakan salah satu sayuran kaya vitamin C, yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit.

 

Menjaga pencernaan anak

Berkat tingginya kandungan serat pada kangkung, jangan heran jika kangkung dapat menjaga kesehatan pencernaan anak. Kandungan serat dapat mencegah anak dari sembelit dan diare.

 

Baca Juga: Sering BAB Tanda Diare? Belum Tentu! 

 

Menjaga kesehatan mata si kecil

Tingginya kandungan vitamin A pada kangkung juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata anak. Vitamin A dapat melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi bakteri maupun virus. 

 

Mencegah anemia

Anemia merupakan masalah serius. Pasalnya, anemia bisa menghambat tumbuh kembang anak, dan berisiko mengalami stunting. Maka, memberikan makanan mengandung zat besi adalah hal penting.

 

Untungnya, kandungan zat besi pada kangkung dapat membantu pembentukan sel darah merah agar anak terhindar dari anemia.

 

Baca Juga: Tanda-Tanda Anemia pada Anak yang Sering Tidak Disadari Orang Tua 

 

Mengoptimalkan perkembangan otak anak

Genbest, kangkung mengandung vitamin B kompleks dan omega-3. Kandungan tersebut berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan otak agar si kecil menjadi anak yang cerdas.

 

Nah, itulah manfaat kangkung untuk tumbuh kembang anak. Jadi, sudah ada ide mau mengolah MPASI kangkung untuk si kecil?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top