9 Nov

Kesehatan bayi saat lahir terkait erat dengan berat badan (BB) ibu saat hamil. Berat badan bumil yang kurang, sering dikaitkan dengabayi lahir terlalu kecil atau mengalami BBLR (berat badan lahir rendah). Beberapa bayi yang lahir terlalu kecil biasanya akan sulit menyusu sehingga berisiko sering sakit danmengalami keterlambatan pertumbuhan, seperti stunting.

 

Baca Juga: 3 Hal yang Harus Ibu Hamil Lakukan untuk Mencegah Stunting

 

Jika Genbest kekurangan berat badan saat hamil segera diskusikan dengan dokter. Biasanya makanan berkalori tinggi dan sehat bisa membantu berat badan bumil dan janin naik sesuai yang diinginkan. Bagaimana dengan susu untuk ibu hamil apakah bisa membantu kenaikan berat badan ibu dan janin?

 

Susu ibu hamil adalah minuman bernutrisi, termasuk sumber kalsium dan vitamin D yang penting selama kehamilan. Susu ibu hamil juga memiliki kandungan protein dan menyediakan asam amino esensial yang merupakan bahan pembangun sel-sel untuk janin yang masih bertumbuh dalam kandungan.

 

Baca Juga: Minum Susu Bikin Anak Lebih Tinggi? Cek Faktanya!

 

Namun bila untuk mengejar pertumbuhan BB janin, bumil sebaiknya berkonsultasi dulu pada dokter sebelum memilih susu. Biasanya untuk kasus seperti ini susu tinggi protein lebih disarankan. 

 

Lantas, apa bedanya susu ibu hamil dengan susu tinggi protein? 

 

Susu ibu hamil adalah susu berisi nutrisi yang secara umum dibutuhkan oleh ibu hamil dan calon bayi di kandungan. Sementara susu tinggi protein adalah susu untuk memenuhi kebutuhan protein janin agar tumbuh kembang optimal. Jadi, kandungan proteinnya lebih tinggi daripada susu hamil biasa.

 

Baca Juga: Susu Pertumbuhan Bisa Bantu Tekan Angka Stunting

 

Hal lain yang juga penting, bumil harus mencari penyebab mengapa berat badan janinnya tidak bertambah.  Apakah ada gangguan sirkulasi darah, apakah kondisi plasenta menyebabkan transfer nutrisi dari ibu terhambat, apakah nutrisi ibu kurang atau ada infeksi, dan sebagainya. Masing-masing penyebab biasanya memerlukan solusi yang berbeda. 

 

Baca Juga: Tandanya Jika Berat Badan Janin Sehat dan Normal

 

Jika berat janin tidak bertambah akibat calon ibu kurang nutrisi, bumil bisa meningkatkan asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Contoh, usahakan untuk makan sarapan setiap hari. Misalnya dengan menikmati roti dengan selai kacang atau sepotong keju yang dapat memberi tambahan protein.

 

Manfaatkan juga camilan di antara waktu makan, untuk menambah BB janin. Cobalah juga untuk makan lebih banyak makanan yang tinggi lemak baik, seperti kacang-kacangan, ikan berlemak, atau alpukat.

 

Genbest juga mungkin perlu mengonsumsi suplemen atau susu tinggi protein seperti yang sudah disinggung sebelumnya, namun sebelumnya akan lebih bijak kalau Genbest mengonsultasikannya dengan dokter untuk mendapat saran terbaik. 

 

Sumber: https://health.detik.com

 

Baca Juga: Gampang, Murah, Sehat, Contoh Asupan Gizi Bumil dalam Sehari

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top