22 May

Genbest pernah mendengar tentang BIAN? BIAN merupakan singkatan dari Bulan Imunisasi Anak Nasional. 

 

Tahun ini, BIAN 2022 dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu:

  1. Tahap I: Bulan Mei 2022 untuk 27 provinsi di luar Pulau Jawa dan Bali
  2. Tahap II: Bulan Agustus 2022 untuk provinsi-provinsi di Pulau Jawa dan Bali.

 

Untuk imunisasi wajib apa saja yang diperlukan untuk si kecil, Genbest bisa simak jadwal imunisasi anak umur 0-18 bulan di sini

 

Imunisasi memegang peran penting untuk tumbuh kembang optimal anak, sekaligus menjauhkannya dari ancaman stunting. Sebagai upaya pencegahan yang aman dan berbiaya rendah, imunisasi berdampak besar dalam melindungi masyarakat dari berbagai penyakit, seperti polio, hepatitis B, pertusis, difteri, haemophilus influenzae tipe B, campak dan tetanus. 

 

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Imunisasi Buat Anak

 

Namun, selama periode 2019-2021, data menunjukkan ada lebih dari 1,7 juta bayi yang belum mendapatkan imunisasi dasar, sehingga terjadi peningkatan jumlah kasus penyakit yang seharusnya dapat dicegah dengan imunisasi, di beberapa wilayah Indonesia

 

Karena itulah, Pemerintah menyelenggarakan BIAN 2022 supaya anak-anak Indonesia dapat menerima dosis tambahan campak-rubella dan mengejar ketertinggalan imunisasi

 

Baca Juga: Anak Terlambat Imunisasi Dasar, Harus Bagaimana, Dong?

 

Bagaimana dengan keamanan vaksin? Tenang Genbest, semua vaksin yang digunakan dalam imunisasi rutin dan BIAN telah mendapatkan pra-kualifikasi Badan Kesehatan Dunia (WHO), sehingga aman, efektif,dan memberikan perlindungan dan kekebalan yang memadai. Jadi, jangan percaya berbagai hoaks terkait imunisasi, seperti hoaks vaksin campak (measles), gondongan (mumps), dan rubella, atau MMR, bisa menyebabkan autisme. 

 

Baca Juga: Tidak Sebabkan Autisme, Ini Fakta Seputar Imunisasi Campak Rubella

 

Kabar lain terkait imunisasi, Kementerian Kesehatan RI saat ini juga sedang melakukan Transformasi Digitalisasi Data Kesehatan yang akan dimulai dengan data imunisasi. Jadi, nanti imunisasi si kecil akan dicatat secara elektronik menggunakan aplikasi SehatIndonesiaKu atau ASIK. Dengan aplikasi ini, seluruh data layanan kesehatan setiap individu dapat terekam sehingga tak hanya memudahkan kita, namun juga petugas kesehatan dalam memberikan layanan. 

 

Nah, Genbest, siap membawa si kecil berpartisipasi dalam BIAN 2022? Jangan lupa, pemberian imunisasi di puskesmas dan fasilitas kesehatan Pemerintah lainnya diberikan secara gratis. Jadi, tunggu apa lagi! Segera ke puskesmas dan fasilitas kesehatan Pemerintah lainnya, ya.

 

Sumber: Siaran Pers Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI.

 

 

 

 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top