Kaya Kalsium dan Protein, Ini 5 Manfaat Ikan Teri untuk MPASI Bayi

Sed ut perspiciatis unde
20 Jul

Kaya Kalsium dan Protein, Ini 5 Manfaat Ikan Teri untuk MPASI Bayi

Kalau sedang menyusun menu MPASI, yang ada dalam pikiran kita tentu bagaimana menu itu bisa memberi manfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil, benar nggak GenBest? Bukannya apa-apa, usia 6 bulan hingga si kecil nanti 2 tahun masuk dalam masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan yang begitu krusial. Kekurangan gizi pada masa ini, menurut penelitian, bisa mengganggu tumbuh kembang anak, bahkan membuatnya terancam stunting.

 

Nah, salah satu zat gizi yang erat kaitannya dengan pencegahan stunting adalah protein. Ada banyak pilihan sumber protein hewani yang bisa GenBest pilih untuk menu MPASI, salah satunya ikan teri. Meskipun bentuknya kecil, namun ikan teri memiliki segudang manfaat. Dalam setiap 20 gram ikan teri, misalnya, terkandung 42 kalori, 5,8 gram protein, dan 1,9 gram lemak. Menariknya lagi, ikan teri termasuk sumber kalsium, zat besi, dan seng.

 

Lalu, apa saja sih manfaat ikan teri dalam menu MPASI bayi? 

 

Baca Juga: Pentingnya Protein Hewani pada MPASI Anak

 

1. Mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Anak-anak yang sedang tumbuh membutuhkan protein untuk membantu membangun dan memperbaiki sel, enzim, dan hormon di dalam tubuh.  Ikan teri memiliki protein cukup tinggi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak di periode emasnya saat ini.

 

Baca Juga: Memiliki Protein Tinggi, Sering Konsumsi Ikan Bisa Mencegah Stunting, Lho!

 

2. Menjaga kesehatan dan fungsi otak anak

Ikan teri juga memiliki kandungan omega-3 tinggi. Menariknya, kandungan omega-3 pada ikan teri 10 kali lebih banyak dibandingkan ikan tuna. Omega-3 memiliki manfaat untuk kesehatan anak secara keseluruhan, terutama untuk menjaga kesehatan otak. 

 

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan lemak sehat omega-3 pada ikan teri juga dapat menjaga kesehatan jantung si kecil, GenBest. Karena, kandungan tersebut dikenal dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Belum lagi adanya vitamin B6 dan B12 yang dapat menghilangkan senyawa penyebab penyakit jantung di dalam tubuh si kecil.

 

4. Menjaga kesehatan sendi dan tulang

Dalam periode emas pertumbuhan si kecil, kesehatan tulang dan sendi adalah hal wajib agar tumbuh kembangnya menjadi optimal. Salah satu cara mendukung hal tersebut dengan mengonsumsi ikan teri. Karena ikan teri memiliki kandungan asam amino, kalsium, dan fosfor. Kandungan tersebut membantu si kecil memiliki sendi serta tulang yang sehat dan kuat untuk masa depannya kelak.

 

5. Mencegah anemia

Percaya nggak kalau ikan teri memiliki manfaat untuk mencegah anemia? Faktanya, ikan teri mengandung tinggi zat besi untuk membentuk sel darah merah pada tubuh si kecil. Nah, kalau kebutuhan zat besi si kecil terpenuhi, tentunya akan membantunya terhindar dari ancaman anemia yang akan menghambat tumbuh kembang anak hingga mengakibatkan stunting.

 

Baca Juga: 5 Nutrisi Wajib dalam MPASI Anak

 

Nah, siap mengolah ikan teri untuk MPASI? Oh ya sebaiknya tidak memilih ikan teri yang telah diasinkan atau bentuk kaleng, tapi usahakan ikan teri yang segar. Lalu, olah dengan cara yang tepat sesuai usia si kecil, agar si kecil bisa mencernanya dengan mudah, ya.

 

Selamat mencoba, GenBest!

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top