Bolos Puasa Karena Haid, Hati-hati Anemia

Sed ut perspiciatis unde
28 April

Bolos Puasa Karena Haid, Hati-hati Anemia

Kerap mengalami lemas hingga pusing saat haid? Bisa jadi kamu mengalami anemia. Anemia pada remaja putri memang hal yang nggak bisa dipisahkan, terlebih lagi saat memasuki masa-masa haid. 

 

Saat haid, tubuh kita akan kehilangan banyak zat besi yang  bisa sebabkan anemia atau kekurangan sel darah merah. Padahal sel darah merah ini memiliki peran penting untuk melancarkan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. (Baca juga: “Duh, Dampak Anemia pada Remaja Putri Bikin Ngeri)

 

Anemia kekurangan zat besi saat haid sebenarnya bisa diatasi. Salah satunya dengan memilih makanan yang tepat. Berikut daftar makanan kaya zat besi yang bisa membantu mencegah anemia saat haid:

 

  1. Kurma

Di bulan Ramadan seperti ini, kurma menjadi salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi terlebih dahulu saat buka puasa. Namun, saat sedang tidak berpuasa karena haid pun, GenBest sebaiknya tetap mengonsumsi kurma. 

 

Selain kaya akan gula dan serat alami, kurma juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral, terutama zat besi, lho. Dalam 100 gram kurma terkandung sekitar 1 gram zat besi. Selain itu, kurma juga kaya akan tembaga, yang penting untuk produksi sel darah merah. 

 

Selain dimakan langsung begitu saja, GenBest juga bisa mengonsumsi kurma – dua butir tanpa biji – dengan merendamnya terlebih dulu dalam secangkir susu semalaman. Konsumsi campuran tersebut di pagi hari sebelum sahur, saat perut masih kosong. GenBest yang tidak toleran laktosa dapat merendam kurma dalam air putih saja.

 

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, dan kangkung dapat meningkatkan dan memenuhi kebutuhan zat besi yang diperlukan tubuh. Sayuran hijau juga mengandung kalsium yang akan mengurangi rasa kram pada perutmu selama haid, GenBest. 

 

  1. Buah-buahan

Buah-buahan yang mengandung vitamin C menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat haid. Kandungan vitamin C pada buah bisa membantu penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga zat besi akan menghasilkan hemoglobin dengan cepat. 

 

Mengonsumsi banyak buah juga akan membantu melancarkan BAB karena saat haid pencernaan kita kerap mengalami sembelit atau kembung. Pilih buah dengan kandungan serat dan air yang tinggi, seperti jeruk, semangka, atau pisang.

 

Baca juga: “Camilan Anti Lemas dan Lesu Akibat Anemia

 

  1. Dark chocolate

GenBest pasti suka makanan yang satu ini, kan? Ya, cokelat! Selain sebagai teman nyemil, cokelat merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat haid, lho. Tapi pilih yang dark chocolate ya. Dengan mengonsumisi 100 gram dark chocolate, kita sudah memenuhi 67% kebutuhan zat besi harian. Tidak heran jika cokelat merupakan makanan kaya zat besi yang ampuh mengatasi anemia saat sedang haid. 

 

Selain itu, dark chocolate  juga memiliki kandungan asam lemak omega 3, omega 6, magnesium, dan anti oksidan. Jadi, selain membantu atasi anemia, cokelat juga akan meredakan nyeri dan meningkatkan mood kita, GenBest.

 

  1. Oatmeal atau sereal gandum

Saat haid, kita mengalami perubahan kadar hormon yang membuat kita terasa mudah lapar. Saat lapar, akan terjadi penurunan kadar gula dalam tubuh yang mengakibatkan emosi terganggu. Untuk mengatasi hal ini, GenBest bisa coba makan makanan berserat, seperti oatmeal atau sereal gandum.

 

Selain tinggi serat, oatmeal juga bisa menurunkan risiko anemia saat haid. Selain sebagai makanan kaya zat besi, oatmeal dan sereal gandum memiliki kandungan B12 yang diperlukan agar aktivitasmu tetap lancar dan bebas anemia. 

 

  1. Kacang dan biji-bijian

Mulai saat ini coba jadikan kacang-kacangan atau biji-bijian sebagai camilanmu sehari-hari, GenBest. Karena jenis makanan ini baik dikonsumsi saat haid. Tidak hanya kaya zat besi, kacang dan biji-bijian juga memiliki kandungan asam folat dan protein. Kandungan tersebut membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuhmu.

 

Kacang-kacangan juga mengandung vitamin E yang bisa membantu mencegah pusing saat haid. Salah satu jenis kacang yang bisa GenBest pilih adalah kacang almond. Dengan mengonsumi 1 ons kacang almond setiap hari, GenBest sudah meningkatkan 6% zat besi dalam tubuh. 

 

Tidak ada kacang almond? Nggak perlu bingung. GenBest bisa menggantinya dengan kacang hijau, kacang tanah, kacang mete, atau kacang kedelai. Kacang-kacangan tersebut juga bisa dijadikan susu, seperti susu kedelai atau susu kacang hijau, lho.

 

Itu adalah beberapa makanan yang baik dikonsumi saat haid. Selain mengonsumsi makanan tersebut, usahakan untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan dalam tubuhmu, ya, GenBest!

 

Baca juga: “Kenapa Remaja Putri Lebih Rentan Alami Anemia?”

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top