20 Nov

Setelah 9 bulan menunggu, rasanya bahagia banget akhirnya bisa berada di rumah dengan si kecil yang baru lahir. Tentu, perhatian dan energi Genbest akan tertuju pada bayi, tetapi ingat juga bahwa Genbestjuga perlu menjaga diri sendiri.

 

Baik bersalin normal maupun sesar, tubuh Genbest membutuhkan waktu untuk pulih. Pemulihan pasca-persalinan tidak hanya beberapa hari, namun bisa memakan waktu 6-8 minggu bahkan lebih. Selama waktu ini, tubuh Genbest masih terasa nyeri. Hal terbaik yang dapat Genbest lakukan untuk itu adalah mencoba untuk cukup istirahat dan makan dengan baik, untuk selengkapnya Genbest bisa baca di sini.

 

Nah, terkait perawatan pasca melahirkan ada beberapa hal yang perlu Genbest perhatikan sehingga proses pemulihan berjalan lebih cepat dan lancar, berikut di antaranya:

 

1. Perawatan luka jahitan

Bagi Genbest yang menjalani proses persalinan normal, ada kemungkinan vagina kamu mengalami robekan hingga ke area anus (perineum). Bila robekan ini terlalu besar, biasanya dokter akan menjahitnya. Nah, setelah di rumah Genbest perlu merawat luka jahitan dengan mandi setiap hari agar tidak infeksi. Genbestjuga bisa merendam area bokong hingga pinggul dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan hati-hati. Luka ini membutuhkan waktu untuk sembuh, namun kalau sampai membuat Genbest sangat nyeri,beri tahu dokter.

 

2. Jangan menunda BAK  

Setelah melahirkan, biasanya kita merasa takut untuk buang air kecil (BAK) karena nyeri yang dirasakan. Tapi jangan pernah menahan kencing ya, Genbest, karena bisa mengakibatkan infeksi saluran kemih. Perbanyak minum air putih untuk membantu mengencerkan urine dan beri tahu dokter kalau kamu merasa sangat sulit BAK, merasa sangat sakit, atau BAK Genbest memiliki bau yang tidak menyenangkan. 

 

3. Makan banyak sayur untuk cegah sembelit 

Wasir sangat umum terjadi setelah melahirkan tetapi biasanya hilang dalam beberapa hari. Maka itu penting untuk mencegah sembelit agar tidak memperparah wasir dan menjaga luka jahitan agar tidak robek lagi.  Makanlah banyak buah segar, sayuran dan minum banyak air putih. Ini akan membuat buang air besar lebih mudah dan tidak terlalu menyakitkan. Bicarakan dengan dokter, kalau Genbest mengalami sembelit yang tidak kunjung sembuh, ya!

 

Baca Juga: 7 Daftar Pantangan Makanan Setelah Melahirkan Agar Tubuh Ibu Cepat Fit  

 

4. Segera gunakan kontrasepsi

Genbest bisa hamil lagi sekitar 3 minggu setelah melahirkan, bahkan jika Genbest sedang menyusui (terutama bila tidak eksklusif). Segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan alat kontrasepsi yang cocok untuk Genbest. Sebagai bekal pengetahuan, Genbest bisa membaca artikel “5 Alat Kontrasepsi yang Efektif Mengatur Jarak Kehamilan”.

 

5. Perdarahan setelah lahir

Genbest akan mengalami perdarahan dari vagina setelah melahirkan. Gunakan pembalut dan ganti secara teratur, dan cuci tangan sebelum dan sesudahnya. Hindari menggunakan tampon karena justru dapat meningkatkan kemungkinan terkena infeksi. Jika perdarahan yang terjadi berupa gumpalan besar, beri tahu dokter karena Genbest mungkin memerlukan beberapa perawatan tersendiri.

 

Nah, selamat mencoba tips di atas! Perhatikan diri Genbest dengan baik karena dengan begitulah Genbestbisa memberi perawatan terbaik bagi si kecil sehingga ia dapat tumbuh optimal dan tidak terancam stunting. 

 

Baca Juga: Tips Mengatasi Baby Blues Syndrome

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top