13 Oct

Genbest pernah mencoba buah bit? Kalau belum, silakan coba, deh. Buah berwarna magenta ini memiliki kandungan nutrisi yang mengesankan untuk ibu hamil. Rasanya unik, sedikit manis, cocok dengan apa pun, mulai dari salad hingga smoothie.

 

Untuk bumil, buah bit kaya zat besi sehingga baik untuk meningkatkan hemoglobin darah. Karena itulah, menikmati buah bit secara teratur dipercaya bisa melindungi kamu dari anemia saat kehamilan. Kamu juga tahu, anemia bisa menjadi ancaman bagi ibu hamil karena dampaknya yang berbahaya, seperti kelahiran prematur atau bayi lahir dengan berat rendah. Kedua kondisi ini bisa meningkatkan risiko stunting pada si kecil nantinya. 

 

Baca juga: Jangan Sepelekan Anemia pada Ibu Hamil, Ya!

 

Buah bit juga memiliki manfaat untuk perkembangan janin berkat kandungan asam folat di dalamnya. Asam folat berguna untuk pembentukan sel darah merah tubuh dan penting untuk perkembangan sumsum tulang belakang bayi selama trimester pertama kehamilan.

 

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Kandungan Folat, Penting bagi Ibu Hamil!

 

Masih banyak manfaat buah bit untuk ibu hamil dan janin? Berikut daftarnya:

 

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selama masa kehamilan, sistem imun ibu hamil cenderung lemah. Tingginya kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah bit bermanfaat meningkatnya daya tahan tubuh terhindar dari berbagai penyakit agar ibu sehat dan janin tumbuh optimal.

 

2. Mengontrol gula darah

Tingginya kadar gula darah bumil bisa memicu diabetes dan membahayakan kehamilan karena bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur. Rendahnya kandungan glikemik pada buah bit bermanfaat mengontrol gula darah dan mencegah risiko penyakit diabetes.

 

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat buah bit untuk ibu hamil berikutnya adalah menurunkan tekanan darah karena buah bit kaya nitrat, senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Minum jus buah bit juga telah lama dipercaya menjaga kesehatan jantung.

 

4. Mencegah sembelit

Selama masa kehamilan, tidak jarang ibu hamil mengalami sembelit. Untuk mencegahnya, buah tinggi serat, seperti buah bit, akan banyak membantu. 

 

5. Menurunkan risiko osteoporosis

Osteoporosis menjadi salah satu penyakit yang sering mengancam ibu hamil. Buah bit mengandung kalsium tinggi sehingga bermanfaat menjaga kekuatan tulang dan gigi. 

 

Baca Juga: 8 Buah Tinggi Zat Besi yang Cocok untuk Ibu Hamil

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top