Yuk, Ketahui Jarak Ideal Septic Tank dan Sumur Air Bersih

Sed ut perspiciatis unde
31 Jul

Yuk, Ketahui Jarak Ideal Septic Tank dan Sumur Air Bersih

Septic tank merupakan fasilitas sanitasi penting yang ada di setiap rumah tangga. Dahulu mungkin suatu kewajaran di pojok bagian belakang rumah ada WC atau toilet. Secara prinsip itu menjadi tempat pembuangan tinja tanpa ada fasilitias pengolahan anti bakteria pada air yang bisa meresap ke dalam tanah dan membuat kondisi kesehatan lingkungan memburuk. 

Namun dengan seiring perkembangan zaman, model toilet pun mengalami perubahan. Kesadaran masyarakat dalam memelihara kesehatan lingkungan telah dilakukan dengan sangat baik. Termasuk jarak antara septic tank dengan sumur air bersih.

Di masa lalu persyaratan jarak tersebut tidak menjadi masalah karena pada umumnya masyarakat memiliki pekarangan rumah yang cukup luas. Sehingga WC dengan septic tank biasanya ditempatkan di ujung pekarangan yang jauh dari sumber air bagi rumah tangga. 

Namun saat ini luas pekarangan rumah berukuran minimalis. Untuk itu, harus ada solusi yang dapat mengatasi agar syarat jarak minimum lokasi septic tank mampu dijaga agar tidak mengkontaminasi sumber air bersih rumah tangga.

Pada pengetahuan praktis, jarak aman antara resapan septic tank dengan sumur air bersih paling sedikit adalah 10 meter. Namun pada penelitian sanitasi yang dilakukan oleh Gotaas dan kawan-kawan disebutkan kalau sumber kontaminasi tinja manusia yang ditempatkan dalam lubang dapat menemus permukaan air tanah. Sampel positif organisme didapatkan pada jarak 4 hingga 6 meter dari sumber. 

Sementara daerah kontaminasi melebar ke luar sampai kira-kira 2 meter. Kontaminasi tersebut tidak bergerak, namun setelah beberapa bulan tanah sekitar jamban akan mengalami penyumbatan. 

Untuk itu, harus memperhatikan dengan baik jarak perpindahan maksimum dari bahan pencemar dan kenyataan bahwa arah perpindahan selalu searah dengan arah aliran air tanah. Dan lagi, daerah yang terkontaminasi kimiawi ataupun bakteriologis harus berada jarak yang tidak terjangkau lingkaran pengaruh sumur. 

Merujuk Standar Nasional Indonesia tentang spesifikasi sumur gali untuk sumber bersih disebutkan kalau jarak horizontal sumur ke arah hulu dari aliran tanah atau septic tank harus lebih dari 11 meter. Sedangkan jarak sumur untuk komunal perumahan adalah lebih dari 50 meter.

 

(Foto: Hindustantimes)

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top