29 Jul

Genbest, apakah si kecil sedang tumbuh gigi? Wah, pasti kamu senang dan langsung mengabadikan momen ini untuk di-post di IG story kamu. Tumbuh gigi merupakan bagian dari perkembangan anak. Biasanya, gigi pertama bayi tumbuh di usia 6 bulan, tapi bisa lebih cepat atau sedikit lambat. 

 

Meskipun menyenangkan untuk melihat gigi pertama si kecil tumbuh, tapi si kecil mungkin akan rewel. Saat tumbuh gigi, gusi bayi bisa menjadi sensitif dan bengkak sehingga membuat dia kesakitan sehingga sering melakukan GTM (gerakan tutup mulut) atau sulit makan.

 

Kondisi ini bisa membuat frustrasi orang tua. Kabar baiknya, ada berbagai makanan yang bisa membantu menenangkan bayi yang sedang tumbuh gigi dan tetap bergizi, seperti buah dan sayuran. Nah, sebagai referensi, berikut beberapa pilihan buah dan sayur yang cocok untuk bayi tumbuh gigi:

 

1. Kentang 

Genbest bisa mengolah kentang tumbuk sebagai salah satu MPASI saat bayi tumbuh gigi. Kukus kentang yang telah dipotong-potong, lalu tumbuk. Makanan lembek ini, selain mudah dikunyah bayi, juga bisa memberi energi karena kentang tinggi karbohidrat. 

 

Baca Juga: 10 SIngkatan Seputar MPASI yang Perlu Diketahui Para Ibu

 

2. Wortel

Makanan keras sangat ideal untuk bayi yang sedang tumbuh gigi, karena bisa menekan gusinya dan membantu mengurangi rasa sakit. Karena itulah, wortel mentah bisa menjadi salah satu pilihan. Jangan lupa cuci dan kupas wortel sebelum diberikan pada bayi dan awasi bayi saat makan untuk mencegah tersedak. 

 

3. Melon

Kita bisa mengolah melon dingin sebagai smoothies untuk mengurangi rasa nyeri pada gusi bayi atau berikan sebagai finger food.

 

Baca Juga: Kaya Manfaat, Ini Olahan Melon untuk MPASI Bayi

 

4. Alpukat.

Alpukat yang dihaluskan bisa juga menjadi pilihan untuk bayi yang sedang tumbuh gigi karena teksturnya yang lembek tidak perlu dikunyah sehingga gigi dan gusi bayi yang sedang sakit dapat diistirahatkan. 

 

5. Pepaya

Jangan ragu memberikan pepaya dingin pada si kecil saat tumbuh gigi. Potongan buah pepaya yang manis dan tekstur lembutnya sangat mudah dikunyah si kecilTidak hanya melancarkan pencernaan, buah pepaya juga kaya vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata si kecil. 

 

Baca Juga: Tips Memilih Buah untuk Bayi Usia 6-12 Bulan

 

6. Buah naga

Kamu bisa membuat buah naga menjadi es loli yang lezat. Rasa dinginnya bisa membantu meredakan gusi nyeri akibat tumbuh gigi.

 

7. Pisang

Pisang juga cocok diberikan saat bayi tumbuh gigi. Tekstur lembut pisang mudah digigit dan dicerna oleh si kecil. Genbest bisa juga mengolahnya menjadi smoothies pisang dingin untuk meredakan rasa nyeri pada gusi bayi. Jika ingin yang lebih simpel, Genbest bisa memberikan potongan pisang yang sudah didinginkan sebagai finger food.

 

Nah, itulah beberapa pilihan buah dan sayur yang bisa diberikan si kecil saat tumbuh gigi. Kira-kira Genbest tertarik mengolah buah dan sayur yang mana, nih?

 

Baca Juga: Jadwal Tumbuh dan Tanggal Gigi Anak

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top