28 Nov

Kulit bayi yang masih sensitif dan sistem kekebalan tubuh yang masih lemah, membuat bayi rentan terkena alergi. Biasanya gejala yang akan timbul akibat alergi pada bayi adalah ruam, kemerahan, gatal, melepuh, hingga kulit mengelupas.

 

Dengan mengetahui jenis-jenis alergi pada bayi hingga faktor penyebab bayi alergi, kita bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa jenis alergi yang umum dialami bayi.

 

1. Alergi makanan

Umumnya alergi makanan pada bayi mulai muncul saat mereka menerima MPASI. Tapi tidak jarang juga yang mengalami saat ASI eksklusif, lantaran ibu menyusui mengonsumsi makanan pemicu alergi, seperti seafood, telur, kacang-kacangan, atau susu sapi. 

 

Semua bayi berisiko alergi makanan, jadi penting untuk mengetahui tanda-tanda kemungkinan reaksi alergi dan penyebabnya agar GenBest bisa lebih waspada.

 

Baca Juga: Alternatif MPASI untuk Bayi Alergi

 

2. Alergi hewan peliharaan

Bulu, air liur, hingga urine hewan peliharaan yang menempel pada benda-benda di rumah, lalu disentuh oleh si kecil bisa memicu reaksi alergi. Gejala yang muncul biasanya bersin-bersin hingga hidung berair.

 

3. Alergi obat-obatan

Inilah alasan mengapa memberikan obat-obatan pada anak tidak boleh sembarangan. Biasanya reaksi alergi muncul dari jenis obat golongan antibiotik. Meski tidak menutup kemungkinan ada beberapa obat lain yang dapat memicu reaksi alergi pada bayi. Biasanya gejala alergi obat-obatan adalah batuk, ruam, gatal, sesak napas, dan pembengkakan.

 

Baca Juga: Tips Minum Obat yang Aman untuk Ibu Menyusui

 

4. Alergi musim

Bukan hanya musim hujan, musim kemarau panjang juga bisa menjadi pemicu alergi pada bayi. Jenis alergi yang disebabkan musim ini dinamakan rhinitis alergi. Biasanya gejala dari alergi musiman ini berupa batuk, bersin, mata dan hidung berair, serta sakit telinga.

 

5. Alergi air liur

Air liur yang menempel pada muka dan leher bayi bisa memicu reaksi alergi karena air liur bersifat lengket. Biasanya bayi yang alergi air liur akan mengalami gejala ruam kemerahan, kulit tampak kering, bintik-bintik, bercak datar, dan kulit yang pecah-pecah.

 

Baca Juga: Panduan Pemberian MPASI untuk Bayi Alergi

 

6. Alergi bahan kimia

Kandungan bahan kimia produk popok, sabun, atau detergen juga dapat memicu timbulnya alergi. Reaksi yang muncul biasanya kulit kering, gatal, ruam, serta bintik kemerahan.

 

7. Alergi susu sapi

Beberapa bayi mengalami alergi susu sapi bahkan produk olahannya. Alergi jenis ini juga bisa muncul jika ibu menyusui minum susu sapi. Reaksinya bisa muncul selang beberapa menit setelah bayi minum susu dan bisa mengakibatkan gejala ringan, sedang, hingga parah.

 

Baca Juga: Tanda Anak Alergi Protein Susu Sapi yang Terjadi Selama 1.000 HPK

 

Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Untuk mengatasi alergi pada bayi, GenBest harus mengetahui faktor pemicu alerginya terlebih dahulu. Cobalah untuk mencatat setiap kejadian alergi yang dialami si kecil, seperti kemungkinan penyebabnya, apakah hewan peliharaan, makanan baru, deterjen baru, dan sebagainya. Gejala alergi yang ringan sementara tidak segera ke dokter, tetapi saat pemeriksaan rutin, cobalah untuk mendiskusikannya.

 

Namun, jika gejala tidak mereda dalam satu hari atau memburuk, hubungi dokter anak dan jelaskan apa yang telah GenBest amati. Waspadai reaksi alergi obat, bahkan yang ringan sekalipun, harus segera menghubungi dokter, catat dengan baik nama obat tersebut dan selalu informasikan sebelum dokter meresepkan obat pada si kecil.

 

Nah, berikut tips saat bayi mengalami alergi:

  1. Menjauhkan bayi dari faktor pemicu alergi.
  2. Gunakan produk-produk untuk bayi yang berlabel hypoallergenic.
  3. Hindari produk mengandung wewangian
  4. Jaga kebersihan lingkungan.
  5. Gunakan pelembap khusus bayi.
  6. Bawalah bayi ke dokter jika alergi tidak mereda.

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top