Aktivitas Seru untuk Stimulasi Bayi di Bawah 1 tahun

Sed ut perspiciatis unde
24 Oktober

Aktivitas Seru untuk Stimulasi Bayi di Bawah 1 tahun

Bayi GenBest mungkin belum sampai berusia satu tahun, tapi tentunya ia telah banyak mengalami perubahan fisik, mental, sosial dan emosional. Tidak hanya ia menjadi lebih tertarik dengan dunia yang ada di sekelilingnya, namun sebentar lagi ia akan mampu merangkak, berjalan hingga berlari. 
 
Menurut Roni Cohen Leiderman, Ph.D penulis dari Let's Play and Learn Together, bermain dan menjalin ikatan dengan bayi membantu perkembangan otak mereka. "Cinta, perhatian, waktu dan sentuhan dengan bayi kita merupakan bagian paling penting untuk perkembangan aktivitasnya. Semuanya adalah interaksi orang tua dan anak," katanya dikutip dari Parents.com. 
 
Leiderman pun menyarankan beberapa aktivitas yang menurutnya simpel, namun bisa sangat membantu untuk menstimulasi perkembangan anak. Kita contek, yuk!


1. Cilukba
Untuk melakukan cilukba ini yang diperlukan hanya sebuah mainan yang diletakkan di bawah selimut sehingga meninggalkan bentuk objek tersebut. Kemudian, tanya pada bayi di mana barang tersebut dan akan mendorongnya untuk mencarinya. "Bayi umumnya akan mengambilnya atau mencarinya di bawah selimut," kata Robert Myers, Ph.D, pendiri Child Development Institute. Dari aktivitas ini bayi bisa menangkap gambaran suatu objek dan merangsang perkembangan kemampuan motoriknya.


2. Menumpuk
Berlatihlah menumpuk gelas plastik atau mainan balok dan kemudian runtuhkan. Ajak bayi untuk mencoba melakukan hal yang sama, atau bisa pula bertanding dengannya. Dengan melakukan aktivitas menumpuk ini, bayi bisa mendapatkan skill motorik dan mengerti sebab dan akibat.


3. Puzzle
Puzzle merupakan salah satu mainan yang paling sering ditemukan untuk meningkatkan skill anak-anak, mulai dari kemampuannya dalam memecahkan masalah, skill motori hingga kemampuan visualnya. Myers menyarankan dapat memulai bermain puzzle dengan bentuk yang berwarna-warni atau dengan gambar. "Tunjukkan dan ceritakan pada mereka bagaimana cara bermainnya, boleh juga dituntun dengan tangan Anda. Bersorak dan tepuk tangan kalau mereka berhasil," kata Myers.


4. Membaca
Bacakan buku kepada bayi dengan menunjukkan gambar-gambar ketika tengah membaca dan juga ubah suara GenBest untuk memberitahukan karakter-karakter yang berbeda. Hal ini bisa memberikan anak Anda pemahaman baru serta meningkatkan kemampuan berbahasanya. Ajak pula si kecil untuk berpartisipasi semisalnya membuatnya tertawa atau terkejut dari cerita bacaan itu, menyentuh gambar-gambar yang ada atau membalikkan halaman. Kegiatan membaca juga bisa meningkatkan kemampuan menyimak bayi.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top