Lima Makanan Ini Mengandung Asam Folat

Sed ut perspiciatis unde
22 September

Lima Makanan Ini Mengandung Asam Folat

Seorang ibu yang sedang menjalani masa kehamilan dapat mengonsumsi berbagai jenis sayuran berdaun hijau seperi kangkung atau bayam guna mendapatkan asupan asam folat harian yang pas dengan kebutuhan Ibu. (Baca Juga: Ini Pentingnya Asam Folat Bagi Ibu Hamil)

Agar kandungan asam folat dalam sayuran tersebut tetap baik, sayuran berdaun hijau sebaiknya tidak diolah atau dimasak terlalu lama. 

Berikut makanan lainnya yang tinggi asam folat:

1. Alpukat

Selain mengenyangkan dan mengandung lemak baik, alpukat juga dapat memenuhi kebutuhan asam folat. Buah alpukat ini tidak hanya dapat dikonsumsi langsung oleh Ibu, tetapi juga dapat diolah menjadi berbagai makanan yang sehat serta lezat, seperti salad atau es krim alpukat.

2. Hati ayam

Hati ayam juga dapat Ibu konsumsi untuk mengurangi risiko kelainan susunan saraf pusat akibat kekurangan asam folat. Hati ayam mengandung 578 mcg folat/100 gramnya. Mari sajikan hati ayam dalam menu cah brokoli atau bayam hati ampela.

3. Jagung

Tahukah bu, alam 100 gram jagung mengandung 19mcg folat. Agar nutrisi lainnya dapat Ibu peroleh, pilih jagung dalam kondisi segar serta hindari untuk mengonsumsi jagung kalengan, ya Bu.

Tidak hanya dapat diolah menjadi lauk saat makan, Ibu juga dapat membuat puding jagung manis sebagai salah satu alternatif camilan sehat ibu, seperti puding.

4. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung asam folat sebanyak 30 mcg/100 gram. Dalam jeruk, kandungan vitamin C juga mampu menghambat kerusakan asam folat.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top