26 Jun

Berbagai macam cara mengatasi anemia pastinya sudah GenBest ketahui, bukan? Mulai dari mengonsumsi makanan bernutrisi, makanan tinggi zat besi, hingga dengan mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD).

 

Nah, salah satu gaya hidup sehat yang juga perlu dilakukan penderita anemia adalah berolahraga agar tubuh tetap fit. Lho memang penderita anemia boleh melakukan olahraga? Bukankah penderita anemia cepat merasa lelah? 

 

Jika GenBest menderita anemia kronis, olahraga memang bisa membuat kamu mudah lelah dan sering ngos-ngosan, kehabisan napas. Ini karena darah kamu kekurangan zat besi sehingga oksigen tidak mengalir lancar ke tubuhmu. Jadi aktivitas fisik yang sebenarnya sedang-sedang saja bagi orang lain, bisa terasa jauh lebih berat untukmu. 

 

Namun, penelitian menunjukkan olahraga teratur pada penderita anemia bisa meningkatkan daya tahan dan membantu meningkatkan kebugaran tubuhnya. 

 

Baca Juga: Duh, Dampak Anemia pada Remaja Putri Bikin Ngeri

 

Olahraga untuk penderita anemia

Bagi penderita anemia, olahraga bisa membantu pasokan oksigen menjadi lebih optimal. Jantung juga akan bekerja memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh dan membuat peredaran darah lebih lancar. 

 

Lalu olahraga apa yang disarankan? Latihan-latihan aerobik, seperti berenang, lari, dan bersepeda, bisa membuat sel darah merah dikirim dengan lebih efisien ke seluruh jaringan tubuh. Jadi latihan-latihan ini disarankan untuk penderita anemia. Apabila GenBest ingin olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan otot, bisa mencoba angkat beban, pilates, tai chi, atau yoga. 

 

Beberapa senam ringan, yang gerakannya berupa peregangan bawah, tengah, dan atas, juga cocok bagi penderita anemia.  Menurut dr. Michael Triangto, Sp.KO, seperti yang dikutip dalam Kompas.com,  karena orang yang menderita anemia cenderung sering mengalami kelelahan, disarankan melakukan olahraga yang ringan dan gerakannya berulang-ulang. Selain itu, orang yang sedang anemia tidak disarankan berolahraga berat.

 

Baca Juga: Kenapa Remaja Putri Lebih Rentan Alami Anemia?

 

Tips berolahraga penderita anemia

Namun perlu diingat, sebelum mencoba melakukan olahraga apapun, GenBest perlu berkonsultasi pada dokter. Dokter biasanya dapat memberikan saran-saran berguna soal olahraga yang cocok untuk penderita anemia, bagaimana frekuensi, durasi ideal, dan sebagainya.  

 

Nah, kalau kamu sudah mendapat lampu hijau dari dokter untuk berolahraga, berikut tips-tips umum olahraga untuk penderita anemia:

 

1. Tujuan utama olahraga adalah untuk meningkatkan daya tahan. Pilih aktivitas yang GenBest sukai dan lakukan secara teratur. Tidak perlu mencanangkan target terlalu tinggi, misalnya ikut lari marathon atau latihan intensitas tinggi lainnya. Mulailah perlahan-lahan, dari olahraga yang bisa GenBest lakukan denga nyaman, contoh jalan pagi atau yoga.

 

2. Jika tingkat kebugaranmu rendah, mulailah dengan sesi olahraga yang singkat (10 hingga 15 menit) dan secara bertahap tambahkan lima menit ke latihanmu setiap dua hingga empat minggu. 

 

3. Idealnya, GenBest harus melakukan olahraga tiga hingga empat kali per minggu.

 

4. Lakukan latihan kekuatan otot (angkat beban, misalnya) setidaknya dua kali seminggu dengan 10 hingga 15 repetisi satu hingga tiga set.

 

5. Sering-seringlah istirahat selama aktivitas jika diperlukan. Latihan harus nyaman dan tidak tegang.

 

GenBest juga tidak disarankan berolahraga, jika tekanan darah lebih dari 180/110 mmHg. Hindari berolahraga sampai mengalami nyeri dada, sesak napas, atau kelelahan yang ekstrem. Karena itu, penting untuk mengetahui dengan baik tubuh GenBest sendiri. Tanda yang paling mudah, saat detak jantung terasa lebih cepat dan meningkat, itu pertanda GenBest sudah terlalu capek dan perlu beristirahat.

 

Nah, semoga GenBest tambah sehat ya dengan berolahraga yang terpantau dan teratur ini!

 

Baca Juga: Camilan Anti Lemas dan Lesu Akibat Anemia

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top