4 Sep

GenBest apakah berniat memberikan ASI eksklusif pada si kecil? Bayi sebaiknya memang diberi ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupannya, sesuai rekomendasi WHO, untuk mencapai pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan yang optimal.

 

Dalam beberapa penelitian, menyusui telah lama dikaitkan dengan skor IQ yang lebih tinggi di masa kanak-kanak. Sentuhan dan kontak mata saat GenBest menyusui, juga akan membantu bayi merasa aman.

 

Bayi yang disusui ASI, menurut penelitian, lebih mungkin memiliki berat ideal dan terhindar dari obesitas. ASI juga diperkirakan bisa menurunkan risiko diabetes dan kanker tertentu, meski masih diperlukan lebih banyak penelitian.

 

Pemberian ASI eksklusif juga dapat mencegah risiko stunting. Menurut penelitian, menyapih bayi terlalu dini (kurang dan usia 6 bulan) dan menggantikan ASI eksklusif dengan memberi bayi makanan akan membuat bayi minum ASI lebih jarang. Ini yang menyebabkan bayi kehilangan nutrisi penting yang terdapat pada ASI dan memperbesar risiko stunting.

 

Baca Juga: Seberapa Banyak Kebutuhan ASI Bayi Baru Lahir

 

Nah, di bawah ini adalah tahapan menyusui ASI eksklusif selama 6 bulan, semoga dapat membantu GenBest memperoleh gambarannya, ya:

 

1. Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

Tahapan menyusui paling awal disebut Inisiasi Menyusui Dini atau disingkat IMD. Saking pentingnya, WHO dan UNICEF menyebut Inisiasi Menyusui Dini sebagai bentuk tindakan penyelamatan kehidupan karena IMD dapat menurunkan presentase bayi yang meninggal sebelum usia satu bulan.

 

Proses IMD dilakukan dengan cara memberikan ASI sesegera mungkin setelah bayi dilahirkan. Umumnya dalam kurun waktu 30 menit hingga 1 jam pasca persalinan.  Keuntungan terbesar IMD adalah membantu bayi tetap hangat dan memastikan ikatan ibu dan bayi yang lebih baik.

 

Pada saat IMD, bayi juga mendapatkan kolostrum [ASI pertama], yang memiliki konsentrasi antibodi yang tinggi. Kolostrum bisa dikatakan sebagai makanan “selamat datang” untuk bayi baru lahir dan juga merupakan “imunisasi pertama” karena dapat melindungi bayi dari penyakit

 

Untuk ibu, IMD membantu kontraksi rahim dan pengeluaran plasenta lebih cepat dan mengurangi kehilangan darah ibu dan mencegah anemia.

 

Baca Juga:  5 Hal yang Wajib diketahui tentang Inisiasi Menyusui Dini

 

2. ASI eksklusif 6 bulan pertama

GenBest mungkin bertanya apakah hanya memberi ASI  tidak membuat bayi kelaparan dan kekurangan gizi? Wajar kalau ada pertanyaan seperti ini. Namun berbagai penelitian ilmiah menunjukkan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama mampu mencukupi kebutuhan nutrisi bayi karena ASI memberikan nutrisi yang ideal untuk bayi.

 

ASI memiliki campuran vitamin, protein, dan lemak yang hampir sempurna.  Semua yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan berkembang ada dalam ASI dan itu semua diberikan dalam bentuk yang lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi.

 

Dalam laman IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) juga dijelaskan kandungan ASI terdiri dari asam amino dan nukleotida yang memiliki peranan penting pada perkembangan jaringan otak, saraf, kematangan usus, penyerapan besi, dan menjaga daya tahan tubuh anak.

 

3. Saat ASI Eksklusif, bayi tidak diberi air putih

Pemberian ASI Eksklusif artinya bayi hanya mendapat ASI. Tidak ada makanan atau cairan lain yang diberikan, bahkan air putih sekalipun, kecuali larutan rehidrasi oral, atau tetes/sirup vitamin, mineral atau obat-obatan yang diberikan oleh dokter.

 

GenBest tak perlu khawatir si kecil akan kehausan karena ASI adalah 88 persen air. Setiap kali bayi menyusu, ASI akan menghilangkan rasa haus si kecil sekaligus rasa laparnya. Sekali lagi, ini karena ASI adalah makanan dan minuman terbaik yang bisa diberikan kepada bayi agar si kecil tumbuh menjadi kuat dan sehat.

 

Baca Juga: 5 Nutrisi Wajib dalam MPASI Anak

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top