23 Sep

Bumil apa sudah makan sehat hari ini? Makan makanan yang sehat dan seimbang adalah salah satu hal terpenting yang dapat Genbest lakukan untuk diri sendiri dan si kecil yang masih dalam kandungan. 

 

Jangan lupa, masa 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) sudah dimulai sejak si kecil dalam kandungan hingga usianya menginjak dua tahun. Karena itulah, masa kehamilan menjadi momen krusial bagi Genbest untuk merancang masa depan kesehatan si kecil, termasuk menjauhinya dari ancaman stunting. 

 

Baca Juga: Stunting adalah Kondisi Gagal Tumbuh pada Anak. Berikut Faktanya

 

 Seperti apa asupan gizi bumil di trimester pertama, dua, dan tiga? Di bawah ini adalah gambarannya.

 

Trimester Pertama

Pada awal kehamilan, banyak bumil mengalami mual muntah sehingga tidak nafsu makan. Tenang, untuk saat ini kebutuhan energi janin masih cukup kecil, kok. Jadi Genbest tidak perlu memaksakan diri kalau belum bisa makan banyak, namun fokuslah untuk memilih makanan bergizi yang membuat energi kamu tetap terjaga sambil mendukung perkembangan janin. 

 

Nah, berikut contoh asupan gizi bumil dalam sehari selama trimester pertama, ya: 

  • Karbohidrat: nasi/kentang, pasta, dsb: 5 porsi  (1 porsi nasi = 6 sendok makan)
  • Protein hewani (ayam, ikan, telur, daging): 4 potong
  • Protein nabati: 4 potong tempe atau 8 potong tahu
  • Sayuran: 4 mangkuk sayuran matang
  • Buah-buahan: 4 buah pisang/4 potong besar pepaya/8 potong sedang semangka 
  • Lemak: minyak/santan 6 sendok teh (saat mengolah makanan)
  • Gula: 2 sendok makan (untuk di makanan/minuman)

 

Contoh di atas bisa dijadikan 3 kali makanan utama ditambah 1-2 kali camilan. Jika Genbest belum bisa makan banyak, bisa dibagi menjadi porsi yang lebih kecil lagi. Genbest bisa mengganti jenis makanannya dengan makanan bergizi lain sesuai selera Genbest. 

 

Baca Juga: Kenali Risiko Jarak Kelahiran Anak yang Terlalu Dekat

 

Trimester 2 dan 3

Di trimester ini, Genbest perlu meningkatkan asupan kalori harian. Dalam laman What to Expect dijelaskan, bumil memerlukan tambahan kalori sebesar 300-350 kalori per hari di trimester dua, sementara di trimester tiga sekitar 450-500 kalori per hari. Pada praktiknya, tambahan kalori ini tidak sebanyak yang Genbest kira, kok. 

 

Misalnya, Genbest cukup menambahkan porsi nasi yang di trimester pertama 5 porsi menjadi 6 porsi atau minyak yang di trimester pertama 5 sendok teh menjadi 6 sendok teh. Berikut lengkapnya:

 

  • Karbohidrat nasi atau makanan pokok lain: 6 porsi (1 porsi nasi = 6 sendok makan)
  • Protein hewani (ayam, ikan, telur, daging): 4 potong
  • Protein nabati (4 potong tempe atau 8 potong tahu)
  • Sayuran: 4 mangkuk sayuran matang
  • Buah-buahan: 4 buah pisang/4 potong besar papaya/8 potong sedang semangka 
  • Lemak: minyak 6 sendok teh
  • Gula: 2 sendok makan

 

Makanan bumil adalah sumber utama nutrisi untuk si kecil, jadi sangat penting untuk mengonsumsi makanan kaya nutrisi. Jangan dilupakan juga untuk minum suplemen dan vitamin yang diresepkan dokter, seperti TTD (Tablet Tambah Darah), asam folat, dan kalsium demi memastikan semua kebutuhan vitamin dan mineral selama kehamilan terpenuhi, sehingga pertumbuhan dan perkembangan si kecil optimal dan menjauhinya dari ancaman stunting. 

 

Sumber: BKKBN: Panduan Mempersiapkan Pernikahan dan Kehamilan bagi Calon Pengantin untuk Mencegah Stunting

 

Baca Juga: Bumil, Ini Cara Gampang Sembuhkan Anemia!

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top