22 Nov

Menjadi orang tua membutuhkan keterampilan karena itu kan sangat berguna bila calon pengantin (catin) mempelajari ilmu parenting. Dengan menggali wawasan tentang mengasuh anak, catin dapat meningkatkan keterampilan sebagai orang tua yang lebih bijak. 

 

Orang tua yang bijak adalah orang tua yang bertanggung jawab, yang tidak hanya mampu melimpahkan kasih sayangnya, namun juga menjaga kesehatan lahir batin putra-putrinya sehingga mereka tumbuh menjadi generasi yang berkarakter positif serta sehat dan terbebas dari stunting. 

 

Nah, berikut manfaat belajar ilmu parenting sebelum menikah bagi catin yang bisa Genbest dan pasangan dapatkan:

 

1. Siap jadi orang tua

Ada kalanya kehamilan datang dengan sangat cepat. Meski bersyukur, namun tidak sedikit orang tua baru yang kewalahan dan berujung stres karena merasa belum siap menjadi orang tua. Berbeda bila sudah mengantongi ilmu parenting, pasangan sudah dapat mengasah sense of parenting dan membuat kita jauh lebih terampil dan lancar saat mengasuh si kecil.  

 

Baca Juga: Calon Pengantin, Begini Pencegahan Stunting Sebelum Menikah

 

2. Memiliki banyak pengetahuan 

Belajar ilmu parenting akan membuat kita lebih memahami cara mengasuh yang lebih bijak. Contoh, kita memahami bahwa setiap anak perlu mendapatkan perlakuan yang berbeda sesuai dengan karakter masing-masing sehingga dapat mendukung perkembangan emosinya di masa depan.

 

3. Membangun keluarga yang lebih sehat

Dengan berbekal ilmu parenting, Genbest akan lebih percaya diri karena telah belajar banyak hal, termasuk soal nutrisi terbaik di 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) berkesempatan menciptakan keluarga sehat dan jauh dari risiko stunting.

 

4. Selalu Update dengan ilmu terbaru

Ilmu parenting selalu berkembang karena cara mengasuh dan mendidik anak harus selalu diperbarui agar sesuai dengan perkembangan zaman. Pola asuh orang tua saat mendidik kita dengan pola asuh kita mendidik anak-anak, tidak bisa disamakan.  Dengan rajin membaca, kita dapat mengupgrade diri menjadi orang tua yang lebih baik untuk anak-anak sesuai zamannya.

 

Baca Juga: Sebelum Menikah, Pastikan Status Gizi Normal

 

5. Lebih siap mental

Menjadi orang tua itu tidak mudah. Butuh banyak kesabaran dan ketelatenan dalam menghadapi berbagai macam kemungkinan terburuk saat mengasuh anak. Tidak jarang, tantangan mengurus anak ini membuat sebagian orang tua lelah mental. Jika kita sudah membekali diri dengan belajar ilmu parenting sebelum menikah, mental Genbest dan pasangan lebih siap. Pikiran akan menjadi lebih terbuka, positif, dan siap menjadi orang tua yang baik. 

 

Yuk, mulai bekali diri dengan belajar ilmu parenting sebelum menikah bersama pasangan!

 

Sumber: https://siapnikah.org

 

Baca Juga: Persiapan Memiliki Anak untuk Pasangan Baru Menikah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top