Berbagai Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun

Sed ut perspiciatis unde
27 Agustus

Berbagai Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun

Ternyata, salah satu rahasia hidup sehat, hemat, dan cerdas adalah mencuci tangan pakai sabun (CTPS). CTPS dikenalkan sejak dini dan dikampanyekan ke seluruh masyarakat menjadi salah satu program pemerintah. Ada 5 waktu kritis dimana GenBest harus mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, yaitu sebelum makan, sehabis buang air besar, sebelum menyusui, sebelum menyiapkan makan, setelah menceboki bayi, dan setelah kontak dengan hewan.

Kebiasaan sepele ini ternyata manfaatnya sangat banyak, berikut di antaranya:
 

1. Mencegah benda asing dan zat berbahaya masuk ke tubuh
Pertimbangannya, tangan adalah salah satu organ tubuh yang paling penting dan aktif dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hampir semua kegiatan melibatkan organ satu ini. Membersihkan rumah, beraktivitas di toilet, berkebun, memegang zat kimia atau cairan antiserangga, dan masih banyak lagi. Untuk itu, tangan bisa menjadi media perantara masuknya bibit penyakit atau zat-zat berbahaya ke dalam tubuh lewat aktivitas makan. Boleh jadi tangan kelihatannya nggak kotor, tapi kalau dilihat lebih jauh dengan mikroskop, penuh dengan kuman atau zat asing yang berbahaya. Akibatnya, boleh jadi GenBest akan mengalami keracunan atau sakit.


2. Mencegah penyakit ISPA
Ada banyak penyakit yang dapat ditularkan lewat media tangan, di antaranya adalah flu, batuk, dan pilek. Ingat, tidak hanya makan dan minum, tangan yang kotor juga dapat berdampak saat kita menyentuh hidung atau mulut. Bila tangan itu mengandung bakteri ISPA, maka keluarga dapat terjangkit penyakit  tersebut.  


3. Meminimalkan penularan penyakit saluran pencernaan
Salah satu bahaya dari tangan yang kotor adalah dapat menyebabkan berbagai penyakit yang menyerang organ pencernaan, di antaranya adalah diare, tifus, disentri, cacingan, dan masih banyak lagi. Penyakit-penyakit tersebut bila sering dialami anak dalam waktu lama dan tidak dibarengi dengan asupan gizi yang mencukupi dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan anak, alias anak berisiko mengalami stunting. 

 
4. Terhindar dari penyakit mata
Salah satu risiko dari malas mencuci tangan adalah GenBest bisa terkena penyakit mata. Soalnya, kalau mata kurang nyaman atau gatal, hampir semua orang akan menggunakan tangan untuk mengusap atau menguceknya. Padahal belum tentu tangan GenBest bersih setelah beraktivitas. GenBest bisa terkena penyakit seperti infeksi mata, mata merah, mata belekan, dan lainnya. Bahkan, kebiasaan mengucek mata dengan tangan kotor dapat memperparah penyakit mata. Bahkan penyakit mata berbahaya, seperti trakoma, juga terjadi karena mata terinfeksi bakteri atau virus ganas. GenBest perlu memastikan tangannya bersih sebelum menyentuh mata, ya.


5. Lebih hemat
Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir lebih hemat, bersih, dan wangi dibandingkan dengan mencuci tangan pakai hand sanitizer atau tisu antiseptik. Apalagi tempat cuci tangan hampir ada di setiap resto, toilet, mal, dan tempat umum lainnya.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top