Ini Akibatnya Kalau Malas Cuci Tangan Pakai Sabun

Sed ut perspiciatis unde
10 Jul

Ini Akibatnya Kalau Malas Cuci Tangan Pakai Sabun

Cuci tangan pakai sabun itu adalah pilar utama mencegah tubuh kita tertular infeksi yang dapat masuk melalui tangan. Tangan adalah sumber penularan kuman, baik secara langsung ataupun tidak langsung, cuci tangan pakai sabun adalah hal wajib dilakukan untuk mencegah berbagai macam penyakit nantinya.

 

Tentunya kebiasaan tersebut harus selalu dibawa hingga masa new normal ini. Memasuki new normal, GenBest tetap harus menjaga daya tahan tubuh, termasuk dengan cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

 

Menurut Kemenkes RI, ada waktu-waktu tertentu yang mengharuskan kita cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Beberapa di antaranya, sebelum dan sesudah makan, sebelum menyuapi si kecil, sebelum menyusui bayi, sesudah buang air, dan setelah bersin atau batuk. Selain itu, setelah menyentuh barang-barang di tempat umum GenBest juga harus cuci tangan pakai sabun.

 

Nah, agar efektif membunuh kuman, disarankan untuk cuci tangan pakai sabun selama 20-40 detik dengan baik dan benar, yaa.

 

Baca Juga: Kenapa Harus Cuci Tangan Pakai Sabun?

 

Masalah Akibat Malas Cuci Tangan Pakai Sabun

Cuci tangan pakai sabun nggak hanya mencegah terinfeksi berbagai virus dan bakteri. Cuci tangan pakai sabun juga langkah mencegah stunting pada anak. Karena ini termasuk dalam tahapan menjaga sanitasi yang baik. Tidak ada salahnya mengajari anak cuci tangan pakai sabun sejak sekarang.

Sebenarnya, cuci tangan pakai sabun tidak hanya untuk mencegah stunting. Ada beberapa masalah kesehatan yang disebabkan karena malas cuci tangan pakai sabun. 

 

Dikutip dalam situs Kementerian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, ada beberapa masalah akibat malas cuci tangan, berikut ini:

 

1. Diare

Masalah kesehatan yang paling sering dijumpai karena malas cuci tangan pakai sabun adalah diare. Salah satu alasan anak rentan terkena diare karena kurang menjaga kebersihan, termasuk saat sebelum makan. Banyaknya bakteri di tangan ikut masuk ke dalam tubuh bersama makanan yang dikonsumsi. Bahkan, anak-anak di bawah 2 tahun yang terkena diare akut dapat menyebabkan stunting. Mengerikan, bukan?

 

Baca Juga: 5 Skill Kebersihan Diri yang Harus Dikuasai Balita

 

2. Keracunan makanan

Tangan yang kotor dipenuhi kuman, bakteri, dan virus dapat mengontaminasi makanan yang kita konsumsi. Misalnya menempel pada makanan-makanan bernutrisi, seperti sayur, buah, daging, dan beberapa makanan lainnya. Kalau sudah begitu, semua makanan yang seharusnya memberikan nutrisi pada tubuh akan sia-sia, dan akan ‘menyerang balik’ kita dengan diare atau muntah. 

 

3. Mudah terkena pilek

Masalah kesehatan lain yang cukup sering dijumpai akibat malas cuci tangan pakai sabun adalah pilek. Tangan menjadi salah satu sumber utama penularan kuman, virus, dan bakteri. Kebiasaan malas cuci tangan akan membuat memberi kesempatan virus dan bakteri saling berpindah dan memicu pilek. Fakta menariknya, seperti yang dikutip dari DetikHealth, cuci tangan dapat menurunkan risiko pilek hingga 21%.

 

4. Hepatitis A

Masalah kesehatan selanjutnya adalah Hepatitis A. Penyakit ini termasuk membahayakan dan dapat menyerang siapa saja. Hepatitis A terjadi karena adanya virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan menyerang hati. Mulai sekarang, ajari si kecil untuk membiasakan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, ya, GenBest.

 

5. Impetigo

Impetigo adalah salah satu infeksi menular yang kerap terjadi pada anak-anak. Salah satunya penyebabnya, malas cuci tangan pakai sabun. Ada beberapa tanda yang terlihat saat terkena impetigo, seperti kulit kemerahan hingga menjadi luka. Untuk menghindarinya, GenBest perlu mengajari si kecil cuci tangan setiap selesai bermain dan sebelum makan, ya.

 

Nah, setelah tahu beberapa dampak negatif dari malas cuci tangan ini, kita jadi semakin semangat ya GenBest untuk selalu mengingatkan si kecil untuk cuci tangan pakai sabun.

 

Baca Juga: Cara Menyenangkan Mengajari Anak Cuci Tangan, Coba Yuk!

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top