Kenali Tanda Bayi Cukup ASI

Sed ut perspiciatis unde
28 Juni

Kenali Tanda Bayi Cukup ASI

ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Asupan ASI yang cukup membuat pertumbuhan dan perkembangan bayi optimal. Hanya saja, banyak ibu muda yang masih penasaran, tandanya si kecil cukup ASI itu apa? Sebab, ada kekhawatiran orangtua tidak cukup menyusui anaknya atau produksi ASI-nya dianggap kurang memenuhi kebutuhan anak.

 

Tidak usah bingung apakah bayi sudah kenyang atau belum. Yuk, dilihat di sini tanda-tanda bayi cukup menyusu ASI:


1. Ketahui produksi ASI lewat payudara. Sebab, pabrik ASI inilah yang akan menyuplai air susu ke bayi. Normalnya, Produksi ASI berlimpah padahari ke-2 sampai ke-4 setelah melahirkan, payudara membesar, seringkali ASI menetes spontan.

 

2. Bayi menyusu 8-12 kali sehari, dengan pelekatan yang benar pada setiap payudara dan mengisap teratur selama minimal 10 menit pada setiap payudara.

 

3. Si kecil biasanya tampak puas setelah menyusu, seringkali tertidur saat menyusu terutama pada payudara kedua.

 

4. Frekuensi buang air kecil (BAK) bayi >6 kali sehari. Urine yang dikeluarkan bening, tidak berwarna kuning tua, tidak berbau menyengat, dan kental. Untuk itu, cek selalu popok kain atau popok sekali pakai untuk mengukurnya.

 

5. Frekuensi buang air besar (BAB) >4 kali sehari dengan volume ± 1 sdk makan, pada bayi usia 4 hari sampai 4 minggu.

 

6. Tinja berwarna kekuningan dengan butiran putih susu pada bayi berusia 4-5 hari. Selanjutnya tinja biasanya berwarna kekuningan.

 

7. Cek selalu berat badan bayi. Berat badan bayi tidak turun lebih dari 10% dibandingkan berat lahir. Asal tahu saja, berat bayi akan terus mengalami kenaikan signifikan. Di usia 3-6 bulan, misalnya, setiap bulan beratnya mesti bertambah 500 g atau 125 g setiap minggu. Kalau pertambahan BB bayi dalam satu bulan kurang dari 500 g berarti ia tidak mencapai berat seimbang.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top