Lima Penyakit Berbahaya ini Bisa Dicegah dengan Cuci Tangan, Lho!

Sed ut perspiciatis unde
24 Mei

Lima Penyakit Berbahaya ini Bisa Dicegah dengan Cuci Tangan, Lho!

Mencuci tangan, kebiasaan sepele ini berdampak besar, lho, GenBest. Untuk itu, mencuci tangan merupakan salah satu kegiatan yang sebaiknya dilakukan setelah ataupun sebelum melakukan aktivitas.

 

Kalau sering melewatkan kebiasaan ini karena dianggap gak penting, Kamu salah besar. Sebab, tangan adalah organ penuh dengan kuman berbahaya, yang dapat berpindah ke makanan, selanjutnya makanan penuh kuman itu dapat masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit serius. Tidak hanya lewat makanan, tangan penuh kuman itu juga dapat menimbulkan penyakit dengan sekadar sentuhan.

 

Nah berikut ini penyakit yang bisa dihindari lewat cuci tangan, simak, yuk:

 

1. Penyakit pada tangan, kaki dan mulut
Nama lainnya adalah flu Singapura. Biasanya penyakit yang menyerang tangan, kaki dan mulut menyebar langsung lewat kontak seperti kotoran yang berdampak pada kulit di tangan, kaki dan mulut. Gejala awalnya umumnya seperti kulit yang melepuh dan adanya benjolan pada atau sekitaran area mulut, telapak tangan dan bawah kaki.

 

2. Giardiasis
Penyakit yang menyerang organ pencernaan ini disebabkan oleh parasit Giardia Lambila. Penyakit ini dengan mudah dapat menyebar melalui air minum yang terkontaminasi atau dengan kontak langsung melalui tangan atau kotoran. Orang yang menderita penyakit ini nantinya akan memiliki gejala seperti sering buang gas, kram pada perut, dan diare.

 

3. Infeksi kulit
Penyakit-penyakit yang disebabkan bakteri semacam konjungtivitis, cacar air, campak, ruam dan eksim merupakan penyakit-penyakit yang bertransmisi melalui kontak tangan. Meskipun sudah melakukan vaksin, penyakit ini tetap dapat menyerang bila kamu mengabaikan kebiasaan mencuci tangan.

 

4. Keracunan makanan
Banyak orang yang cemas alami keracunan saat menyantap makanan di luar rumah. Entah di warung pinggir jalan atau di sebuah hajatan dengan sajian menu yang kurang higienis. Padahal, keracunan makanan bisa dan sering terjadi di dalam rumah kita sendiri karena melewatkan kebiasan cuci tangan sebelum makan. Tangan penuh bibit penyakit itu dapat berpindah ke makanan, lalu masuk ke organ pencernaan untuk selanjutnya menimbulkan keracunan.

 

5.  Cacingan
Banyak orang tak tahu, cacingan kerapkali terjadi karena seseorang mengabaikan cuci tangan secara rutin. Kotoran manusia dan hewan umumnya dihuni oleh cacing dari berbagai jenis dan tentunya, dapat menginfeksi manusia jika masuk ke dalam tubuh.

 

Untuk itu, biasakan mencuci tangan secara rutin setiap kali usai buang air besar, buang air kecil, berkebun, bersentuhan dengan hewan peliharaan, dan kegiatan lainnya. Bersihkan tangan dengan tepat sehingga dapat dipastikan semua bagian tangan, sela-sela jari tangan, sampai pergelangan tangan bersih sempurna dari kuman, kotoran, dan cacing. (Berbagai Sumber/Foto: Shutterstock)
 

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top