22 Aug

Selama masa kehamilan, penting untuk memperhatikan asupan makanan karena sangat berpengaruh pada kesehatan ibu dan perkembangan janin. Salah satunya adalah memilih buah yang tepat untuk dikonsumsi sehari-hari. 

 

Meski mengandung banyak vitamin dan serat, beberapa buah memiliki kadar gula yang tinggi dan bisa mengakibatkan gula darah melonjak, Genbestie. Kalau begitu, kira-kira, buah apa saja yang memiliki kadar gula yang rendah dan aman untuk dikonsumsi setiap hari? Yuk, simak artikel berikut.

 

Baca Juga: Aneka Warna Buah, Beragam Manfaat untuk Tubuh
 

Rekomendasi Buah Rendah Gula untuk Ibu Hamil

Melansir p2ptm.kemkes.go.id, berikut adalah beberapa buah yang punya kandungan gula yang relatif rendah, sehingga tidak akan membuat gula darah naik drastis dan bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi harian:


1. Pepaya

Pepaya adalah buah yang rendah gula. Selain manis, pepaya juga kaya akan vitamin C dan vitamin A. Pepaya juga bisa membantu mencegah sembelit, masalah yang sering dialami oleh ibu hamil

 

2. Salak

Salak adalah buah yang kaya akan serat, vitamin C, dan zat besi yang baik untuk kesehatan darah. Salak juga dikenal dapat membantu menjaga kesehatan mata karena kandungan betakaroten yang tinggi.

 

3. Melon

Meski manis, kandungan air dalam buah melon tinggi, sehingga aman dikonsumsi sehari-hari. Melon juga mengandung kalium yang penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh ibu hamil.

 

4. Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C. Meskipun rasanya manis, kandungan gula dalam jeruk relatif rendah. Selain itu, jeruk juga kaya akan serat dan air, yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah dehidrasi selama kehamilan.

 

5. Bengkuang

Bengkuang adalah umbi yang rendah gula dan kaya akan serat, vitamin C, dan air. Bengkuang memiliki efek menyegarkan dan dapat membantu menjaga kesehatan kulit serta mencegah sembelit.

 

6. Apel

Apel mengandung vitamin C dan berbagai antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun. Mengonsumsi apel secara teratur dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

 

Baca Juga: 5 Buah Tinggi Vitamin C yang Membantu Penyerapan Zat Besi 


Tips Memilih Buah yang Tepat

Setelah mengetahui rekomendasi buah dengan kandungan gula yang rendah, Kemenkes juga memberikan beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat memilih buah. Berikut tipsnya:

 

1. Perhatikan Kandungan Gula

Pilihlah buah dengan kandungan gula yang rendah. Bisa dengan mengecek indeks glikemik buah tersebut.

 

2. Hindari Buah Kalengan atau Buah yang Diawetkan

Lebih baik menghindari buah kalengan, karena biasanya buah kalengan mengandung tambahan gula yang tidak sehat bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak.

 

3. Konsumsi Secara Teratur dan dalam Porsi yang Tepat

Meskipun buah kaya akan vitamin dan serat, penting untuk mengonsumsinya dalam batas normal dan tidak berlebihan. Meskipun buah tersebut aman, tapi semua harus seimbang.

 

-----

 

Sumber:
https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic/pilihan-buah-cerdas-cegah-komplikasi-diabetes-dengan-cara-simpel 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top