23 Sep

Pada awal-awal kehamilan mungkin GenBest belum terlihat hamil, tetapi ada banyak hal yang sudah terjadi. Selama trimester pertama, organ-organ penting janin mulai bertumbuh, dari otak, sumsum tulang belakang, sistem saraf, hingga mata, telinga, dan hidung. Jantung si calon bayi juga sudah berkembang dan mulai berdetak.

 

Karena itulah segera mengenali tanda-tanda hamil itu penting banget. Tentu saja, karena kita harus mulai mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan memanfaatkan masa kehamilan ini untuk memberikan yang terbaik untuk si kecil.

 

Jangan dilupakan, masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) si kecil sudah dimulai saat ia masih di dalam kandungan. Pada masa inilah masa depan si kecil mulai dibentuk. Nutrisi terbaik yang GenBest berikan pada janin akan memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan si kecil, termasuk membebaskannya dari risiko stunting.

 

Baca Juga: Jangan Abaikan Nutrisi 1.000 Hari Pertama Kehidupan, Ini Alasannya

 

Jadi apa, sih, tanda kehamilan? Betul, telat haid adalah tanda kehamilan yang paling mudah dikenali. Tapi sebenarnya ini tidak bisa selalu  dijadikan patokan utama, mengingat ada banyak penyebab terlambat haid, baik itu gaya hidup, pola makan yang tidak tepat, hingga stres.

 

Supaya semakin paham dan yakin kalau GenBest hamil, berikut ini 5 tanda-tanda hamil harus ketahui:

 

1. Vlek

Terkadang masih ada beberapa calon ibu menganggap vlek adalah tanda haid. Padahal, vlek dan haid beda, lho.

 

Dalam proses kehamilan, sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim dan membentuk calon janin. Nah, proses inilah yang akan membuat muncul vlek atau pendarahan ringan. Biasanya, ini akan terjadi antara 6-12 hari setelah sel telur dibuahi. Warnanya juga lebih pink atau cokelat dan volumenya sangat sedikit. Agak berbeda dari darah menstruasi.

 

2. Perubahan pada payudara

Selain itu, GenBest juga akan mengalami perubahan bentuk payudara. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon selama masa kehamilan dan sudah bisa dirasakan sejak awal. Beberapa di antaranya, merasakan payudara menjadi lebih sensitif dan kencang.

 

Sementara itu, area sekitar puting juga akan berubah lebih gelap. Bahkan ada juga yang terasa nyeri hingga penuh saat disentuh. Maka, untuk mengurangi rasa nyeri ini, GenBest disarankan untuk memilih bra yang nyaman, ya.

 

3. Mual dan muntah

Hampir sebagian ibu hamil akan merasa mual-mual hingga muntah atau dikenal dengan morning sickness. Biasanya, ini mulai dirasakan saat memasuki usia kehamilan 4-6 minggu. Salah satu penyebabnya karena hidung menjadi lebih sensitif pada aroma-aroma tertentu.

 

Hal inilah yang membuat kita jadi tidak semangat makan atau hanya mau makanan tertentu. Padahal, di masa kehamilan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar kita dan janin tetap sehat dan terhindar stunting.

 

Baca Juga: Panduan Makan Sehat untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Tetap Sehat

 

4. Sering buang air kecil

Perubahan hormon selama masa kehamilan juga akan membuat kita jadi lebih sering buang air kecil. Hal ini disebabkan oleh tingginya hormon human chorionic gonadotropin (hCG) sehingga, membuat kandung kemih sering penuh dan lebih sering buang air kecil. Tidak perlu khawatir, ini hal yang wajar, kok. Jangan ditahan, ya, karena justru dapat menyebabkan infeksi nantinya.

 

5. Merasa mudah lelah

Merasa mudah lelah meskipun tidak melakukan banyak kegiatan berat juga salah satu tanda-tanda hamil yang sering diabaikan. Rasa lelah ini biasanya muncul sejak seminggu setelah pembuahan. Rasa lelah berlebihan disebabkan meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh.

 

GenBest juga jadi merasa mudah mengantuk dan lelah dibandingkan biasanya. Untuk itu, disarankan terus mengonsumsi makanan bergizi dan memenuhi kebutuhan zat besi harianmu agar terhindar anemia, ya.

 

Nah, itulah 5 tanda kehamilan yang harus GenBest ketahui sejak awal. Jika GenBest masih ragu, segera lakukan test pack atau periksakan ke dokter. Apabila positif, selamat GenBest!

 

Baca Juga: Yuk, Cegah Anemia pada Ibu Hamil dengan Tablet Tambah Darah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top