18 May

Bolehkah Busui Makan Makanan Bersantan?

by : Admin

Air susu ibu (ASI) sangat bergizi dan menyediakan sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya. Itu sebabnya, ASI sangat dianjurkan untuk mendukung tumbuh kembang bayi, sehingga si kecil terhindar dari ancaman stunting, terutama di masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)

 

Buat Genbest yang masih menyusui, yang terpenting adalah berusaha memenuhi pola makan yang bervariasi, bergizi seimbang, dan fokus pada pilihan makanan yang sehat. Bagaimana dengan makanan bersantan, seperti opor ayam, gulai, atau soto Betawi? 

 

Baca Juga: 10 Pantangan Makanan dan Minuman untuk Ibu Menyusui

 

Dilansir dari Healthline, santan kelapa justru memiliki nutrisi yang baik untuk ibu menyusui. Santan memiliki 5 gram serat per cangkir dan juga tinggi vitamin C, E, B1, B3, B5, dan B6. Vitamin C dan E, misalnya, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu menyusui. Sementara vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin B yang ada pada santan juga dapat membantu menyediakan energi buat ibu menyusui.

 

Baca Juga: [Infografis] Nutrisi Mikro yang Tidak Boleh Dilupakan Ibu Menyusui

 

Selain itu, santan mengandung beberapa mineral penting, seperti magnesium, kalium, fosfor dan zat besi.

 

Namun, Genbest jangan berlebihan juga menyantap makanan bersantan. Dalam jumlah sedang, makanan bersantan dapat memiliki manfaat kesehatan, tetapi mengonsumsi terlalu banyak malah bisa menyebabkan masalah.

 

Hal itu karena makanan bersantan mengandung kalori dan lemak yang tinggi, sehingga mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan. Makanan bersantan juga dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare atau sembelit. 

 

Jadi, ibu menyusui tentu boleh menikmati makanan bersantan, tapi tetap makan makanan yang lain juga. Ingat,  pola makan yang terbaik adalah yang bervariasi dan bergizi seimbang. 

 

Sumber: www.healthline.comwww.medicalnewstoday.com

 

Baca Juga: Perlengkapan Menyusui Ini Bantu Wujudkan ASI Eksklusif

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top