5 Minuman Sehat ini Bikin ASI Melimpah

Sed ut perspiciatis unde
22 Agustus

5 Minuman Sehat ini Bikin ASI Melimpah

Salah satu keluhan ibu menyusui adalah kurangnya jumlah ASI. “Duh, ASI saya sedikit atau kurang deras,” begitu katanya. Padahal kecukupan ASI merupakan salah satu modal agar si kecil bisa tumbuh dan berkembang optimal. Akhirnya, para ibu menyusui pun mencoba segala cara, sayang kadang hasilnya belum memuaskan. Tak sedikit yang sudah lelah dan menyerah, “Sudahlah kasih susu formula biar baby-nya nggak kelaperan,” ungkapnya pasrah. 

Eits, jangan lambaikan tangan dulu, karena ada cara alami yang dapat membuat ASI GenBest melimpah, lho. Caranya, dengan membuat minuman yang gak hanya sekadar enak, tapi juga bisa menjadi ASI booster.  Apa sajakah minuman tersebut? Berikut penjelasannya: 

 

Susu Kacang Almond
Kita lebih mengenal  kacang almond daripada susunya. Padahal, saat ini minuman susu kacang almond sedang ngehits.  Bahkan popularitasnya semakin menanjak di media social instagram. Apalagi banyak pengalaman orang yang merasakan manfaat dari susu ini, utamanya para selebriti beken, seperti Andien, Alice Norin, dan masih banyak lagi.

Selain sehat dan lezat, kacang almond juga dipercaya dapat memperlancar ASI. Apalagi Kandungan kalsiumnya juga sangat baik untuk meningkatkan kualitas ASI. Susu ini juga bisa menjadi alternatif minuman sehat bagi yang alergi susu sapi. 

 

Jus Pepaya 
Pepaya gampang ditemukan di mana saja, di pasar hingga minimarket, bahkan tokoh buah biasa. Harganya pun ramah dengan kantong kita. Buah berasa manis dan berdaging merah ini dapat menjadi ASI booster. Apalagi kandungan vitaminnya juga banyak, utamanya kalium yang dapat meredakan kecemasan usai melahirkan. Ibu yang relaks dan tenang, produksi ASI-nya akan semakin lancar dan banyak. 

 

Kacang Hijau 
Di pagi hari, nggak ada yang lebih menyenangkan selain menikmati semangkuk bubur kacang hijau hangat yang sehat dan sarat gizi. Kacang hijau juga dapat disajikan dalam minuman dingin dengan ditambahkan gula untuk menambah selera. Salah satu manfaat kacang hijau adalah dapat menstimulus hormon oksitoksin yang membuat suasana hati ibu stabil. Suasana hati ini merupakan kunci produksi ASI yang deras dan banyak. Selain merangsang keluarnya hormon oksitoksin, kacang hijau juga bermanfaat karena mengandung vitamin B1 dan tiamin yang menjadi sumber tenaga bagi GenBest saat menyusui. 
 

Jus Semangka
Kadar air yang tinggi dan rasanya yang manis menjadikan buah ini digemari banyak orang. Karena hal ini pula, buah ini bisa menjadi ASI booster bagi ibu menyusui. Ingat, sebagian besar komposisi ASI adalah air, sehingga saat menyusui, GenBest membutuhkan air lebih banyak, yang salah satunya dapat dipenuhi dengan minuman jus semangka. Tidak hanya itu, semangka juga kaya asam folat, vitamin A, vitamin C, dan kalium yang semua zat gizi itu bermanfaat bagi ibu menyusui.

 

Jus Wortel
Kerap dinamakan dengan buah mata karena manfaatnya yang sangat kaya untuk indra penglihatan. Ya, wortel dapat mengandung betakaroten yang dapat memperbaiki kesehatan mata. Nggak hanya itu, wortel juga direkomendasikan buat GenBest yang sedang menyusui. Sebab, wortel mengandung enzim phytoestrogens yang berguna untuk memproduksi ASI dalam jumlah yang banyak. Selain itu, wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Dengan mengonsumsi 1 gelas jus wortel sebelum GenBest makan siang bisa memproduksi ASI pada sore harinya.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top