2 Nov

Tidak ada resep pasti untuk hubungan yang dapat membawa pada pernikahan yang langgeng. Namun kamu dapat membangun hubungan yang sehat dengan pasangan selama berpacaran ini dan mengenali gambaran karakternya saat menjadi suami kelak. 

 

Hubungan pacaran yang sehat penting untuk kesejahteraan emosional GenbestApa tanda pacaran yang sehat itu? Studi menunjukkan bahwa orang yang punya hubungan yang sehat akan lebih banyak bahagia dan lebih sedikit stres karena merasa dicintai dan didukung.

 

Baca Juga: 7 Tanda Genbest dan Pasangan Siap Menikah

 

Tertarik untuk menciptakan pacaran yang sehat yang bisa membuka kamu ke jenjang lebih lanjut, pernikahan? Ini dia tipsnya:

 

1. Saling menghargai

Pacaran sehat ditandai dengan saling menghargai dan tanpa paksaanAda beberapa cara menghargai pasangan saat masih pacaran, seperti mengizinkan pasangan menikmati quality time dengan dirinya sendiri dan keluarga, atau mendukung kita mengejar cita-cita dan impian.

 

2. Komunikasi terbuka

Mau mendengarkan dan berkomunikasi satu sama lain menjadi hal penting dalam melanggengkan hubungan. Komunikasi yang baik dapat meningkatkan kepercayaan dan memperkuat ikatan di antarapasangan. Tanda kalau kamu punya komunikasi yang baik dengan pasangan, salah satunya kamu bisa membahas apa pun dengan pasangan, termasuk perihal pekerjaan, keuangan, hingga masalah kesehatan.

 

Baca Juga: Calon Pengantin Juga Harus Sadar Stunting

 

3. Memiliki kepercayaan

Kepercayaan adalah fondasi yang menguatkan hubungan kita dengan pasangan. Kepercayaan yang dimaksud adalah keyakinan kalau pasangan tidak akan berbohong dan setia. Kalau sudah sama-sama yakin dan percaya, pacaran yang sehat kemungkinan bisa dipertahankan hingga jenjang yang lebih serius.

 

4. Bisa bekerja sama

Pacaran sehat dapat ditandai dengan kerja sama yang baik satu sama lain. Maksudnya, Genbest dan pasangan saling mendukung untuk meraih impian masing-masing, bahkan mewujudkan impian bersama.  Kerja sama yang baik menandakan kita sudah dewasa dan memiliki tujuan yang jelas. 

 

Baca Juga: Mitos atau Fakta: Pacaran adalah Latihan Menikah?

 

5. Problem solving

Dalam menjalin sebuah hubungan, pasti ada masalah yang muncul. Kalau Genbest dan pasangan bisa menyelesaikan masalah, berarti kita menjalani pacaran yang sehat. Jadi, kalau hanya salah satu dari kita saja yang berusaha menyelesaikan suatu masalah, bisa dikatakan hubungan pacaran kita tidak sehat, Genbest!

 

6. Mengelola konflik dengan baik 

Salah satu tanda pacaran sehat lainnya mampu mengelola konflik. Maksudnya, konflik tidak dianggap sebagai akhir dari segalanya. Konflik justru diterima dan dijadikan pelajaran di masa yang akan datang. Jadi, setiap ada konflik dan pasangan mengancam “putus”, artinya hubungan tersebut sulit dipertahankankarena, konflik harus diselesaikan dengan kepala dingin demi jalan keluar terbaik. 

 

7. Menjaga kasih sayang

Ada banyak pasangan yang kehilangan rasa sayang karena sudah kelamaan pacaran. Karena itulahmengapa penting mempertahankan kasih sayang dalam sebuah hubungan. Kalau kita berhasil membuat hubungan selalu berwarna dan tidak hambar, pacaran yang sehat pun dapat terjalin dengan baik, bahkan hingga jenjang pernikahan.

 

Nah, bagaimana hubungan Genbest dengan pasangan?

 

Sumber: siapnikah.org

 

Baca Juga: Jawab Pertanyaan ini Biar Lebih Mantap Saat Menikah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top