20 Oct

Merasa heran kenapa selama hamil ini Genbest sering lemas dan gampang capek? 

 

Kebanyakan bumil memang seperti itu, kok, walaupun dengan tingkat keparahan yang berbeda.  Ada yang merasa terlalu lemas untuk melakukan aktivitas  sehari-hari, ada yang sampai pusing seperti mau pingsan, bahkan ada juga yang merasa lemas sampai gemetaran dan berkeringat. 

 

Kalau Genbest merasa lemas coba perhatikan apakah Genbest habis kepanasan, kurang minum sehingga dehidrasi, atau kurang kalori/kurang makan. Semua ini adalah pemicu paling umum rasa lemas. Kalau memang itu penyebabnya, cepatlah beristirahat, banyak minum, dan cobalah untuk makan.

 

Baca Juga: Pentingnya 1.000 Hari Pertama Kehidupan bagi Tumbuh Kembang Anak

 

Tapi kalau Genbest sudah merasa cukup tidur, cukup makan, cukup minum tapi tetap merasa lemas, ini juga wajar karena beberapa faktor terkait kehamilan bisa menjadi penyebabnya.  Contoh, sepanjang trimester pertama kehamilan, tubuh bumil sedang membuat plasenta yang diperlukan bayi untuk tumbuh dan berkembang. Ini adalah tugas yang menguras energi tubuh, jadi wajar kalau bumil merasa lemas. 

 

Rasa lemas selama kehamilan juga bisa disebabkan oleh peningkatan produksi hormon progesteron, yang diperlukan untuk meningkatkan produksi kelenjar susu yang diperlukan untuk Genbest menyusui nanti.

 

Kekurangan zat besi mungkin juga menjadi penyebab kamu merasa lemas. Kebutuhan akan zat besi melonjak tinggi saat hamil. Bila Genbest tidak mendapatkan cukup zat besi, maka bisa mengalami anemia yang ditandai dengan sering pusing, gampak capek dan badan lemas. 

 

Baca Juga: Panduan Makan Sehat untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Tetap Sehat

 

Kabar baiknya bedan lemas pada masa kehamilan bisa diatasi dengan beberapa cara. Berikut di antaranya:

 

1. Banyak bersantai 

Badan lemas adalah sinyal dari tubuh bahwa kamu perlu bersantai. Tak perlu harus dengan tiduran, namun kamu bisa menikmati kegiatan yang kamu suka, seperti main TikTok, nonton drama korea, dan sebagainya. Jika Genbest sudah memiliki anak  jangan ragu untuk meminta pasangan atau anggota keluarga lain untuk membantu mengasuh sementara waktu.

 

2. Tidur malam lebih awal

Satu jam ekstra tidur di malam hari sudah mampu membuat perbedaan besar dalam tingkat energi bumil di siang hari. Tapi jangan juga kebanyakan tidur karena justru membuat badan tambah lemas. Total waktu tidur yang ideal adalah sekitar 7-8 jam sehari. 

 

3. Coba untuk berolahraga 

Olahraga, seperti jalan santai atau yoga kehamilan baik untuk  kamu dan janin. Hanya saja, janganberlebihan. Untuk itu sebelum berolahraga kamu bisa berkonsultasi dengan dokter dulu, ya. 

 

4. Fokus pada makanan kaya nutrisi

Diet yang seimbang dan sehat adalah kunci untuk kehamilan yang sehat. Makanan yang tepat juga akan membantu kamu menjaga energi tetap stabil sepanjang hari dan mencegah rasa lemas. Cobalah perbanyak menikmati makanan berprotein (telur, daging, minum susu, dan sebagainya) dan karbohidrat kompleks (roti gandum, beras merah, dan sebagainya).

 

Bagi sebagian besar wanita, badan lemas selama kehamilan adalah normal dan tidak akan membahayakan kamu atau si kecil yang masih dalam kandungan. Namun jika kamu merasakan badan lemas yang terus-menerus dan terasa sangat mengganggu, konsultasikan dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat supaya tumbuh kembang janin tetap optimal dan ia kelak menjadi anak sehat dan bebas stunting!

 

Sumber: www.whattoexpect.com

 

Baca Juga: Aneka Sumber Protein Pencegah Gizi Buruk dan Stunting

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top