12 Oct

Genbest yang dalam masa nifas, mungkin masih merasakan sisa-sisa kelelahan dan energi tubuh yang belum pulih sepenuhnya. Masa nifas adalah masa pemulihan pasca persalinan, baik persalinan normal maupun sesar. Saat proses persalinan, rahim membesar dan otot-otot tubuh meregang secara maksimal sehingga perlu waktu seluruh organ reproduksi pulih kembali. 

 

Masa nifas terhitung sejak hari pertama persalinan hingga 40 hari selanjutnya atau selama 6 minggu. Pada masa nifas, Genbest akan mengalami pendarahan seperti haid yang cukup lama untuk membersihkan rahim pasca melahirkan.

 

Nah, beberapa perawatan masa nifas ini semoga dapat membantu memberi kenyamanan pada Genbest  dan memulihkan energi:

 

1. Merawat luka persalinan

Jika Genbest melahirkan secara normal dan mengalami robekan pada vagina, luka yang terjadi mungkin terasa sakit selama beberapa minggu. Untuk mengurangi ketidaknyamanan, manfaatkan bantal berbentuk cincin (yang memiliki lubang di tengahnya) setiap Genbest akan duduk. Pada saat mandi, rendam bagian bokong hingga pinggul di dalam ember/bak berisi air hangat, sekitar 5 menit. Hubungi dokter, jika Genbest mengalami rasa sakit yang parah karena ada kemungkinan terjadi infeksi.

 

2. Perawatan payudara

Perawatan payudara yang perlu dilakukan adalah melakukan pijatan payudara atau pijat laktasi. Tujuannya menghindari dari  risiko mastitis (peradangan pada jaringan payudara) dan meningkatkan produksi ASI.Ingat manfaat ASI eksklusif telah terbukti membantu si kecil mendapatkan asupan gizi yang cukup sehingga meminimalkan risiko terjadinya stunting. Untuk cara pijat payudara, Genbest bisa klik di sini.

 

3. Banyak beristirahat

Genbest selama masa nifas ini, pastikan untuk istirahat yang cukup supaya bisa mengatasi kelelahan Genbest. Si kecil mungkin bangun setiap dua hingga tiga jam untuk menyusu, agar Genbest cukup istirahat, tidurlah saat bayi tidur. Jangan ragu untuk menerima bantuan orang lain, seperti suami atau ibu mertua, untuk mengerjakan tugas rumah tangga lainnya sehingga Genbest bisa tidur lebih lama.

 

Baca Juga: Emosi Ibu Pengaruhi Aliran ASI, Benarkah?

 

4. Berolahraga

Olahraga dapat membuat tubuh lebih segar dan bisa meningkatkan energi kamu. Konsultasikan pada dokter kapan tepatnya kamu boleh berolahraga, terutama bagi yang baru menjalani operasi sesar. Untuk awal berolahraga, pilihlah aktivitas yang tidak terlalu berat, seperti berjalan kaki mengelilingi kompleks.

 

5. Jaga pola makan sehat

Pertahankan pola makan yang sehat untuk mempercepat proses pemulihan. Tingkatkan asupan sayuran, buah-buahan, dan protein. Kamu juga harus banyak minum, terutama jika sedang menyusui.

 

6. Patuhi jadwal periksa ke dokter

Biasanya, 40 hari setelah persalinan, dokter akan memberikan jadwal kontrolMeski tidak ada keluhan,  jangan sampai melewatkan jadwal kontrol ini, ya, Genbest. Selama konsultasi biasanya dokter akan memeriksa kembali luka persalinan kamu sekaligus memantau kondisi kesehatan si kecil.

 

Nah, selamat menjalani masa nifas, semoga Genbest cepat pulih, ya!

 

Baca Juga: GenBest, Jangan Lewatkan Pemeriksaan Pertama untuk Bayi

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top