Benarkah Hand Sanitizer Bisa Gantikan Cuci Tangan Pakai Sabun?

Sed ut perspiciatis unde
19 September

Benarkah Hand Sanitizer Bisa Gantikan Cuci Tangan Pakai Sabun?

Mencuci tangan pakai sabun seolah menjadi salah satu kampanye gaya hidup sehat bagi masyarakat. Hanya saja, perkembangan teknologi menghadirkan produk baru yang praktis sebagai pembersih tangan. Dialah hand sanitizer, gel atau cairan pembasuh tangan yang marak dijual dan digunakan karena kepraktisannya.
 
Pertanyaan pun mengemuka, benarkah gel hand sanitizer ini bisa menggantikan proses cuci tangan pakai sabun? Apalagi, beberapa iklan produk itu mengungkapkan efektivitas hand sanitizer dalam memberantas bibit penyakit.

 
Baca juga: Lima Penyakit Berbahaya Ini Bisa Dicegah Dengan Cuci Tangan, Lho!

 
Menurut Centers for Diseases Control and Prevention (CDC), alias pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika, dalam publikasinya pada 2017 dan dimuat dalam situsnya mengungkapkan, cairan pembersih tangan atau hand sanitizer yang komposisinya adalah alkohol dengan kadar bermacam-macam dapat digunakan untuk membersihkan tangan, tetapi tidak dapat menggantikan air dan sabun. Artinya, membersihkan tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir tetap menjadi prioritas utama. 
 
Hal lain yang tak boleh dilupakan GenBest, meski pembersih tangan berbasis alkohol ini dapat mengurangi jumlah kuman, tapi dalam praktiknya tidak dapat mematikan beberapa virus. Artinya, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir lebih efektif memberantas penyakit, demikian kata CDC. 
 
Hand sanitizer pun tidak seefektif sabun dan air untuk membersihkan tangan yang tampak ada kotorannya.

 
Baca juga: Begini 6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun yang Benar

 
Apalagi, banyak orang belum paham penggunaan penggunaan hand sanitizer. Tak heran, mereka kadang cukup menuangkan sedikit pembersih alkohol itu, lalu tangan dianggap sudah steril. Padahal, agar efektif membersihkan tangan, hand sanitizer harus dituangkan dalam jumlah yang cukup, lalu digosok-gosokkan dalam waktu kurang lebih 1 menit. Selain itu, CDC menyarankan kadar alkohol hand sanitizer adalah 60%.
 
Meski begitu, hand sanitizer bukan tanpa kelebihan dibanding cuci tangan pakai sabun dan air. Salah satu kelebihannya adalah bikin kita tidak ribet alias praktis. Lagi di mana pun, kapan pun, GenBest bisa membersihkan tangan dengan cepat. Misal, saat di perjalanan dan GenBest ingin menyantap makanan, tinggal keluarkan botol hand sanitizer, menuangkannya, lalu tangan bersih pun sudah siap digunakan. Selain itu, hand sanitizer dapat mematikan bakteri dalam waktu cepat, meski tidak semua bibit penyakit dapat diberantasnya. Ini berbeda dengan cuci tangan pakai sabun yang membutuhkan waktu lebih lama.
 
Karena itu, jika GenBest ingin membersihkan tangan dan tersedia air dan sabun, gunakan cara itu. Tapi dalam keadaan darurat, di mana tidak ada air dan sabun, hand sanitizer dapat digunakan. Jadi, pastikan di tas kecil GenBest juga tersedia hand sanitizer.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top