17 Sep

Ada banyak informasi seputar kehamilan yang beredar di masyarakat.  Saking banyaknya, sampai terkadang membuat kita bingung, mana yang fakta dan mana yang mitos.  Beberapa mitos, jika dipercaya, terkadang bisa berdampak pada kehamilan.

 

Contoh, GenBest pernah mendengar kalau ibu hamil (bumil) akan lebih mudah melahirkan normal kalau janinnya kecil? Mitos ini dikhawatirkan bisa berdampak pada tumbuh kembang janin karena bumil memilih untuk membatasi asupannya agar janinnya tidak terlalu besar.

 Padahal dengan membatasi asupan, bumil bisa mengalami kurang gizi sehingga janinnya berisiko gagal tumbuh atau saat dilahirkan  terancam menderita stunting.

 

Jangan dilupakan masa kehamilan termasuk dalam masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan dimana nutrisi berperan penting agar janin dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal.

 

Baca Juga: Jangan Abaikan Nutrisi 1.000 Hari Pertama Kehidupan, Ini Alasannya

 

Apakah janin kecil membuat kelahiran lebih mudah? Ini hanyalah mitos karena  proses melahirkan bukan hanya berhubungan dengan besar kecilnya janin, tapi juga terkait dengan panggul Ibu.  Jadi idealnya tentu selama kehamilan, bumil harus makan makanan yang bergizi seimbang dan bervariasi.

 

Masih ada beberapa  mitos seputar kehamilan yang bisa bikin bumil tidak sehat, yuk disimak di bawah ini.

 

MITOS: Makan nanas bikin keguguran

GenBest pernah dengar mitos satu ini, kan? Mitos soal nanas ini sudah sering didengar, dan benar-benar dihindari beberapa bumil. Padahal, faktanya nanas memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, lho.

 

Salah satunya bermanfaat meredakan kecemasan. Hal ini berkat adanya kandungan flavonoid pada nanas yang bersifat anxiolytic untuk meredakan kecemasan. Nanas juga mengandung vitamin dan mineral untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Namun, seperti semua makanan, konsumsi nanas juga diharapkan tidak berlebihan.

 

MITOS: USG bikin keguguran?

Mitos USG bikin keguguran itu cukup booming, lho. Padahal, tidak ada hubungan antara USG dengan keguguran. Faktanya, masalah serius yang menyebabkan ibu hamil keguguran justru sering terkait dengan anemia, bukan USG!

 

Selain menyebabkan tumbuh kembang anak tidak optimal dan berisiko stunting, anemia pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur hingga kematian janin. Karena itu, untuk mencegah anemia, bumil perlu selalu memenuhi nutrisi dengan makanan yang beragam dan bergizi seimbang, termasuk kaya zat besi dan mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) bila memang diresepkan oleh dokter.

 

Baca Juga: Jangan Sepelekan Anemia pada Ibu Hamil, Ya

 

MITOS: Menjahit sebabkan bibir sumbing dan cacat

Tidak ada hubungan antara bibir sumbing atau cacat dengan menjahit. Bibir sumbing terkait kondisi kelainan bawaan yang disebabkan jaringan di bibir bayi atau langit-langitnya tidak menyatu saat di dalam rahim.

 

Hal yang bisa menjadi masalah soal menjahir ini sebenarnya lebih pada posisi duduk ibu hamil ketika menjahit. Di masa kehamilan GenBest membutuhkan pasokan darah untuk mengoptimalkan perkembangan janin. Duduk terlalu lama, menekuk kaki, hingga membungkuk bisa menyebabkan perut tidak nyaman dan menghambat peredaran darah pada janin.  Selain itu, bisa saja kita jadi lupa waktu dan melewatkan jam makan karena menjahit.

 

MITOS: Bumil dilarang olahraga

Faktanya malah sebaliknya, bumil sangat disarankan berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat, sekaligus meningkatkan imunitas agar tidak mudah terinfeksi penyakit. Tidak perlu yang berat, GenBest bisa coba lakukan jalan pagi, yoga, atau mengikuti kelas kehamilan online agar tubuh tetap fit dan melancarkan persalinan nanti. Tapi tetap konsultasikan dengan dokter kandungan untuk memilih olahraga yang tepat, ya, GenBest.

 

MITOS: Bahaya makan menjelang melahirkan

GenBest membutuhkan banyak energi agar persalinan berlangsung lancar. Mengingat, saat proses melahirkan nanti kamu butuh banyak tenaga. Tidak makan akan membuat kita lemas, dehidrasi, hingga berisiko membahayakan sang ibu dan calon buah hati. Disarankan mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat, protein, buah-buahan, dan penuhi cairan tubuh agar tidak dehidrasi.

 

Memang, ada beberapa kondisi yang mengharuskan kita nggak makan sebelum persalinan, seperti melahirkan dengan operasi caesar, menggunakan obat opioid, dan mendapatkan bius epidural. Namun, jika tidak ada masalah apa pun, GenBest tetap harus makan, ya.

 

Nah, itu adalah beberapa mitos seputar ibu hamil yang justru membuat kita dan calon buah hati tidak sehat. Pastikan GenBest cari tahu dulu kebenaran mitos seputar kehamilan, ya. Jangan langsung dipercaya tanpa tahu faktanya!

 

Baca Juga: Panduan Makan Untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Tetap Sehat

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top